MUSTIKALAND.CO.ID - Menata taman depan rumah, walaupun sederhana akan menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan di rumah. Selain menyejukan mata, keberadaan taman rumah juga dapat mempercantik tampilan rumah. Ada banyak desain taman rumah sederhana yang bisa kamu aplikasikan, meski di rumah sederhana dengan lahan sempit sekalipun. 


Taman sendiri punya banyak manfaat, baik itu taman outdoor maupun indoor. Tanaman yang ditanam di sekitar rumah bisa menghasilkan udara segar di sekitar rumah, membantu sistem sirkulasi udara di dalam rumah, bisa menenangkan pikiran, sampai menyejukkan hati. Nah, berikut adalah desain taman mungi nan cantik di depan rumah yang ditata secara sederhana.

Sambut Tamu dengan Taman Kecil di Depan Rumah

Taman biasanya berada di area depan rumah sebelum pintu masuk. Taman yang indah bisa membuat tamu atau kamu sendiri merasa senang sebelum masuk rumah. Meski kamu tidak punya ruang yang lebar untuk taman di depan rumah. Kamu bisa menyiasatinya dengan memberikan pot dengan tanaman berdaun lebar untuk menyamarkan pot sehingga tampak seperti ditanam di tanah depan rumah.

Lahan Depan Rumah Sempit, Siasati dengan Pagar

Kamu punya pagar di depan rumah, tapi nggak memungkinkan untuk meletakkan tanaman di depan rumah? Letakkan tanaman di bagian pagar. Dengan begini, kamu tetap bisa mempercantik rumahmu dari depan. Tanaman bisa diletakkan di bagian pagar yang tidak akan dibuka tutup sehingga tidak mengganggu aktivitas keluar masuk rumah. Bisa juga menggantungkan pot berisi bunga warna-warni di sela-sela pagar dengan pot.

Taman Belakang Rumah Sekalian untuk Santai

Selain di bagian depan, taman juga biasanya ada di belakang rumah. Jadikan bagian belakang rumah sebagai taman mungil meski ukurannya tidak besar. Menambah sebuah kolam kecil juga bisa menjadikan suasana rumah makin adem. Taman di bagian belakang rumah bisa dijadikan tempat untuk santai saat sore hari atau saat menunggu sambil melakukan pekerjaan rumah seperti memasak atau menjemur pakaian.

Balkon Rumah Menjadi Makin Cantik

Tak jarang rumah dengan lahan sempit punya lebih dari satu lantai jadi nggak heran kalau ada balkon di lantai atas. Jadikan balkon rumah sebagai taman sederhana yang makin membuat cantik tempat tinggalmu. Kamu bisa melapisi sebagian atau seluruh lantai balkon dengan rumput kemudian memberikan pot yang sudah ditanami berbagai tanaman di atasnya. Gantungkan pula beberapa pot di bagian pembatas balkon agar dari luar atau bawah pun terlihat menarik.

Lahan Jemuran pun Bisa Menjadi Taman Sederhana

Berbicara mengenai beberapa lantai di satu rumah, kamu juga bisa menjadikan atap sebagai taman. Sudah banyak desain rumah dengan taman di atas atap. Kalau atap rumahmu merupakan lahan datar yang biasanya dimanfaatkan sebagai tempat menjemur pakaian, kamu bisa meletakkan beberapa pot di tempat yang tidak akan mengenai jemuran. Tapi kalau lahan datar yang ada di atap terlalu sempit dan tidak memungkinkan untuk dijadikan taman mini, kamu bisa meletakkan pot di bagian atas atap genteng.

Daripada Gudang, Jadikan Bawah Tangga Sebagai Taman Mungil

Bawah tangga merupakan salah satu area yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat taman cantik di rumah sederhana dengan lahan yang tidak terlalu luas. Usahakan kamu tidak meletakkan barang-barang atau menjadikan bawah tangga sebagai gudang. Kamu bisa menjadikan area ini sebagai taman dengan meletakkan beberapa pot tanaman yang cocok untuk ditanam di dalam rumah. Jangan lupa untuk memberikan cahaya dan air yang cukup saat menanam tanaman indoor.

Sudut di Setiap Rumah Bisa Dimanfaatkan

Manfaatkan tiap sudut rumah dengan lahan sempit sebaik mungkin. Jika bagian rumahmu yang lain tidak memungkinkan untuk dijadikan taman, kamu bisa memikirkan sudut di beberapa ruangan sebagai taman. Jadikan tempat yang tidak akan dilewati menjadi taman kecil, seperti sudut ruang tamu, sudut ruang baca, atau di dekat televisi. Taman di dalam rumah tidak perlu luas, yang terpenting adalah ada tanaman-tanaman yang bisa menyegarkan ruangan di dalam rumah.

Tempat Ini Mungkin Jarang Terpikirkan untuk Dijadikan Taman

Siapa sangka jendela yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara dan masuknya cahaya dari luar, bisa diubah menjadi taman sederhana. Menjadikan jendela sebagai taman kecil bisa menguntungkan, selain karena udara yang masuk jadi semakin segar, tanaman akan mendapatkan pencahayaan yang cukup. Jendela sendiri juga jarang dijadikan untuk meletakkan barang-barang, sehingga bisa kamu letakkan pot atau menggantungkannya dari bagian atas jendela.

Tidur Bisa Makin Nyenyak dengan Taman di Dalam Kamar

Ruang tidur juga bisa dimanfaatkan sebagai taman mini di dalam rumah. Selain bisa menjadikan udara di dalam ruangan makin bersih dan segar, tanaman-tanaman tertentu bisa membuat kualitas tidur bertambah baik. Tanaman yang dimaksud seperti lavender atau melati yang aromanya nggak hanya harum tapi juga bisa membuat pikiran lebih tenang. Kamu juga bisa meletakkan pot dengan tanaman seperti lidah buaya, krisan, sri rejeki, dan beberapa tanaman lain yang menghasilkan oksigen di malam hari.

Mandi Ditemani Taman Mini

Masih tak kehabisan akal, kalau tempat-tempat yang sudah disebutkan tadi masih tidak memungkinkan untuk dijadikan taman sederhana untuk membuat rumahmu makin cantik. Kamu bisa menggunakan sudut di kamar mandi untuk dijadikan taman, bakal lebih keren kalau kamar mandimu punya konsep semi outdoor. Meski tidak semi outdoor pun juga masih bisa kok!

Gunakan Taman Vertikal

Untuk membuat taman sederhana di rumah, kamu bisa menjadikan taman vertikal yang bakal nggak kalah cantik dari taman-taman yang disebutkan di atas. Kamu bisa menempatkan taman vertikal di dinding di berbagai sudut rumahmu. 


Dengan menggunakan taman vertikal, nggak akan memakan banyak tempat sehingga akan memudahkanmu dalam mengatur desain di lahan sempit. Desain taman rumah sederhana dan cantik nggak sulit kalau kamu bisa memanfaatkan berbagai sudut rumah. Meski rumah dengan lahan sempit, masih bisa kan menciptakan taman yang menarik.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai perumahan Mustika Land silahkan hubungi kami:
Mustika Care
: 0812-8006-5200 (WhatsApp)