MUSTIKALAND.CO.ID - Sebuah rumah dapat dikatakan nyaman jika ditunjang dengan desain serta penataan interior yang baik. Tak hanya pada penggunaan furniture serta pemilihan konsep, penempatan hiasan dinding juga sangat berperan didalamnya.

Tak sekadar karya seni yang bernilai tinggi, hiasan dinding dapat juga berasal dari kreasi tangan yang memanfaatkan sampah rumah tangga. Selain untuk mempercantik ruangan, hiasan dinding dapat juga difungsikan sebagai pelengkap kebutuhan rumah tangga.

Menurut penelitian beberapa ahli, dekorasi hiasan dinding mampu memberikan banyak manfaat dalam sebuah rumah. Hiasan dinding adalah bentuk preferensi seni dan selera dari pemilik rumah, sehingga tentu dapat memberikan kenyaman dan energi positif tersendiri.

Bahkan hiasan dinding yang dibuat dari kreasi tangan sendiri terbukti mampu memberikan afirmasi positif, mengurangi stress, memperbaiki konsentrasi dan daya ingat serta memicu hormon kebahagiaan.

Saat Anda berminat untuk membuat hiasan dinding kreasi sendiri, langkah pertamanya adalah menentukan konsep yang akan dibuat. Tak boleh sembarangan, hiasan dinding harus disesuaikan dengan interior seperti warna dinding, lantai dan furniture.

Langkah kedua, pilih dan siapkan bahan baku yang mudah ditemukan serta tidak membutuhkan banyak effort untuk membuatnya. Bahan hiasan dinding dapat berupa barang recycle maupun material baru.

Bagi Anda yang tertarik membuat hiasan dinding kreasi tangan sendiri, berikut beberapa ide kreatif  dan menarik  yang tidak ada salahnya untuk dicoba. 

Hiasan Dinding Memorable

Untuk mengenang masa muda yang menyenangkan, beberapa benda di masa lalu dapat dijadikan ide kreatif dalam membuat hiasan dinding. Salah satu contohnya, baju bayi usang yang dibingkai dalam pigura kaca.

Agar semakin berkesan, Anda dapat menambahkan beberapa kalimat atau quotes bermakna dengan tulisan tangan yang indah. Bubuhi dengan tanda tangan dan tanggal penulisan di sudut paling bawah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Desain Lampu Taman Cantik, Rumah Makin Romantik dan Estetik

Bingkai Organizer

Kunci merupakan salah satu item yang selalu saja sulit ditemukan keberadaanya di dalam rumah. Buatlah hiasan dinding  yang berasal dari pigura bekas kemudian bagian kaca digantikan dengan rangkaian kawat sehingga dapat difungsikan sebagai cantolan kunci. 

Bingkai Organizer ini bisa dikatakan hiasan dinding tanpa modal karena hanya memanfaatkan pigura bekas serta rangkaian kawat yang mudah ditemukan di rumah. 

Makrame

Makrame adalah hiasan dinding populer yang terbuat dari kreasi tali-temali yang indah. Kerajinan yang berasal dari Inggris ini hanya membutuhkan dua bahan yaitu kayu dan benang braid.

Cara membuatnya pun cukup mudah, siapkan tongkat dengan ukuran 40 cm kemudian ikatkan 14 tali berukuran masing – masing tiga meter. Kemudian gabungan tali tersebut mulai dari sisi kanan ke kiri. Lanjutkan dengan membuat diagonal half hitch dari pinggir ke tengah hingga bagian terakhir.

Baca Juga: 6 Ide Kreatif dan Simpel Membuat Hiasan Dinding Dari Kayu

Hiasan Dinding Kaligrafi

Dikenal memiliki daya tarik sendiri, kaligrafi kerap menjadi salah satu alternatif untuk hiasan dinding. Kaligrafi dapat menjadi pengganti hiasan lukisan dengan tema alam atau yang lainnya. Dengan memajang kaligrafi, maka ruangan di rumah Anda akan terlihat lebih adem dan nyaman.

Hiasan Piring Blirik

Hiasan dinding berupa piring porselen atau keramik bukanlah hal baru, namun untuk memberikan kesan klasik unik Anda dapat menggantinya dengan piring berbahan enamel.

Piring enamel atau blirik kini sudah tidak digunakan karena mudah berkarat dan kurang kuat. Karena itu, daripada menumpuk di gudang tidak ada salahnya digunakan untuk menghiasi dinding dapur atau ruang makan.

Saku Jeans Organizer

Salah satu hiasan dinding yang sangat mudah dibuat adalah saku jeans organizer. Siapkan pemindangan berbagai ukuran, kemudian potong saku jeans menyesuaikan ukuran pemindangan.

Kemudian setelah terpasang kuat di pemindangan, tempelkan pada dinding yang diinginkan. Saku jeans organizer dapat digunakan untuk meletakan penggaris , gunting serta peralatan tulis lainnya. 

Demikian penjelasan mengenai beberapa ide kreatif hiasan dinding yang dapat Anda terapkan di rumah Anda. Jadi, sudahkah Anda mendapatkan ide hiasan dinding yang akan Anda pilih untuk menghiasi ruangan Anda?

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.