MUSTIKALAND.CO.ID - Bagi Anda yang suka nonton drakor tentu bukanlah hal baru ketika melihat sebuah kamar dengan dekorasi lantai bertingkat dalam satu ruangan. Ya, tren desain satu ini disebut dengan lantai Mezzanine.

Salah satu nilai lebih dengan mengimplementasi desain ini akan memberikan ruangan ekstra tanpa perlu menambahkan lantai bangunan. Lantai Mezzanine tak hanya dapat digunakan pada kamar tidur namun juga dapat digunakan untuk menambah space pada ruang keluarga bahkan dapur. 

Tertarik dengan konsep ini ? Yuk, kenali lebih dekat mengenai lantai Mezzanine yang membuat ruangan terlihat lebih unik dan estetik.

Apa itu lantai Mezzanine ?

Pada awalnya lantai Mezzanine dibuat oleh pabrik-pabrik besar guna membuat ruang khusus yang difungsikan untuk meletakan bahan baku atau peralatan produksi.  Namun, seiring perkembangan waktu, lantai Mezzanine banyak dipergunakan pada bangunan kantor maupun rumah minimalis. 

Lantai Mezzanine pada umumnya dibuat semi permanen dan terletak di tengah-tengah antara lantai bawah dan juga plafon. Luas lantai ini pun dibuat dengan ukuran 1/3 dari ukuran ruangan sehingga tidak menimbulkan kesan penuh dan sumpek.

Baca Juga: 11 Desain Interior Rumah Minimalis yang Cocok untuk Budget Minim

Apa manfaat lantai Mezzanine ?

Bagi Anda yang memiliki rumah dengan plafon tinggi, lantai mezzanine dianggap sebagai solusi cerdas dalam hal memanfaatkan ruang.  Karena dibuat semi permanen, lantai Mezzanine dapat dibuat tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Tak hanya dapat digunakan sebagai kamar tidur, lantai Mezzanine juga dapat dimanfaatkan sebagai ruang kerja, arena bermain bahkan ruang menonton tv. Desainnya yang fleksibel mampu berubah sesuai dengan keperluan dan keinginan pemilik rumah.

Desain lantai Mezzanine

Untuk membuat lantai Mezzanine berfungsi baik serta terlihat lebih estetik, berikut beberapa prinsip penggunaan  lantai Mezzanine yang tepat.

Mezzanine Konsep Terbuka

Untuk rumah minimalis dengan luas ruangan terbatas, gunakanlah lantai mezzanine dengan konsep terbuka. Penempatan ruang tambahan pada ruang tengah dapat dimanfaatkan sebagai area publik seperti ruang keluarga maupun ruang bermain anak.

Private Mezzanine 

Jika anda ingin memanfaatkan lantai mezzanine sebagai ruang kerja pribadi, maka anda dapat mempertimbangkan memasang pembatas berupa kaca transparan. Meskipun diberikan pembatas, ruangan ini akan jauh dari kesan sempit karena sekat kaca justru memberikan kesan luas.

Mezzanine Ala Jembatan

Tak hanya dapat digunakan sebagai ruang  tambahan,  lantai mezzanine juga dapat difungsikan untuk menghubungkan antara dua ruang dalam sebuah rumah. Bahkan, lantai ini juga dapat dialih fungsikan sebagai ruang serbaguna serta arena bermain.

Mezzanine Dalam Kamar Tidur

Dibanding bagian rumah lainnya, lantai mezzanine dalam kamar tidur paling banyak diminati. Tak hanya diterapkan dalam rumah minimalis, konsep ini banyak diadaptasi kedalam apartemen tipe studio. 

Baca Juga: 7 Tips Membuat Ruang Bermain Anak yang Nyaman

Tips Membangun Lantai Mezzanine Dalam Rumah

Sebelum membangun lantai Mezzanine ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, berikut beberapa tips dan panduan lengkap.

Luas Ruangan 

Lantai mezzanine akan terlihat proposional jika diambil dari 1/3 luas ruangan. Dengan memprtimbangkan luas ruangan tersebut maka dapat mencegah ruangan untuk tak terlihat sempit dan sumpek. Ketika Anda membangun lantai mezzanine di dalam rumah dengan mempertimbangkan ukuran luas ruangan maka dapat membuat ruangan tampak lebih nyaman.

Fungsi

Sebelum membangun lantai mezzanine, sebaiknya tentukan terlebih dahulu desain serta fungsinya karena lantai mezzanine dengan ukuran tertentu dapat digunakan sebagai ruangan multifungsi.

Langkah yang perlu Anda lakukan adalah dengan memastikan luas ruangannya agar cukup besar untuk fungsi yang Anda inginkan. Jika ruangan terlalu kecil, maka Anda tak perlu untuk memaksakan. 

Disamping itu, Anda pun sebaiknya juga perlu untuk memikirkan fungsi lainnya. Mengapa? Karena mezzanine kecil juga dapat dimanfaatkan sebagai perpustakaan, ruang kerja, dan lainnya.

Pencahayaan

Meskipun berada pada satu area yang sama, ruangan dibawah lantai mezzanine akan sedikit gelap dikarenakan memiliki langit – langit yang rendah. Karena itu ada baiknya menambahkan pencahayaan ekstra serta kipas angin agar sirkulasi udara dapat terjaga.

Material

Beberapa material yang dapat digunakan untuk membuat lantai mezzanine adalah kayu,besi baja serta beton. Material tersebut harus disesuaikan dengan fungsi serta berat furniture yang akan ditopang. 

Demikian adalah manfaat, desain, dan tips dalam membangun lantai mezzanine di hunian Anda. Sudah jelas bukan? Nah, apakah Anda sudah yakin bahwa lantai mezzanine cocok untuk diaplikasikan ke dalam ruangan Anda?

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.