MUSTIKALAND.CO.ID - Hidup sehat bukan hanya dapat diciptakan dari pola makan saja. Kebutuhan akan udara di dalam ruangan juga sangat penting. Oleh karenanya, ventilasi udara rumah sangat diperlukan dan harus ada pada setiap tempat tinggal. Ventilasi udara sendiri memiliki sistem kerja mengatur keluar masuknya udara ke dalam ruangan agar ruangan terasa segar dan nyaman dihuni. Sayangnya, beberapa rumah tidak menerapkan ventilasi yang baik sehingga ruangan menjadi pengap dan tak nyaman.

Untuk mendapatkan udara terbaik. Dibutuhkan sistem ventilasi udara yang baik pula. Sistem ventilasi udara yang baik memiliki beberapa kriteria yakni mampu menyalurkan udara secara maksimal, memiliki celah bukaan yang cukup, serta mampu menyaring debu atau udara kotor yang masuk. Hal tersebut dapat dicapai dengan memperhatikan jenis ventilasi udara yang akan digunakan dalam rumah. Berikut macam-macam ventilasi udara yang bakal bikin ruangan terasa sejuk dan anti pengap.

Jendela Ventilasi

Jendela Ventilasi

Jenis ini sangat umum digunakan, sayangnya jendela ventilasi kurang bekerja maksimal karena kesalahan proses pemasangan. Jendela ventilasi biasanya diletakkan di atas jendela utama dengan posisi horizontal dan celah kecil. Namun, seringkali terjadi kesalahan pada ukuran dan jumlah yang tidak disesuaikan dengan luas ruangan, sehingga udara yang keluar masuk kurang maksimal.

Perlu diketahui bahwa ventilasi jenis ini harus memiliki luas 5% dari luas ruangan, terlebih utnuk kamar tidur misalnya. Sistem pemasangannya pun harus diperhatikan. Pemasangan boven dibuat secara berhadapan sehingga hawa panas tidak akan mengendap pada ruangan.

Ventilasi Loster

Ventilasi Loster

Ventilasi loster bukan hanya saja cocok untuk memaksimalkan sirkulasi udara, tetapi juga menjadi dekorasi unik. Ventilasi loster merupakan gaya ventilasi berupa celah-celah yang membentuk suatu pola menarik. Gaya ventilasi ini acap kali digunakan sebagai sekat ruangan dan juga pagar rumah. Biasanya, ventilasi loster terbuat dari bahan kayu, semen, ataupun keramik. Dengan menggunakan ventilasi loster, rumah akan terlihat dekoratif dan juga memiliki sirkulasi udara yang segar.

Ventilasi Jalusi

Ventilasi Jalusi

Ventilasi jalusi merupakan jenis ventilasi yang dipasang pada jendela horizontal.  Jenis yang satu ini memiliki banyak keunggulan yang patut untuk jadi ventilasi pilihan. Jalusi memiliki model celah-celah yang dapat diatur sehingga intensitas cahaya bisa didapat sesuai keinginan. Ventilasi ini juga mampu menyaring udara kotor dengan baik. Dengan kontrol buka tutup yang mudah, ventilasi jalusi juga sangat mudah digunakan menyesuaikan kebutuhan dalam ruang. Model jalusi juga sangat alami dan dekoratif sehingga bisa membuat tampilan ruangan makin eye-catching.

Ventilasi Mekanis

Ventilasi Mekanis

Pada ventilasi mekanis,terdapat penggunaan kipas penghisap (exhaust fan) yang diletakkan di bagian atap plafon. Penggunaan ventilasi dengan kipas penghisap memang sangat bersih karena udara yang masuk ke ruangan akan diekstraksi terlebih dahulu. Hasil dari ekstraksi adalah udara bersih yang disalurkan kembali ke ruangan dan udara yang tercemar akan dibuang melalui loteng. Penggunaan ventilasi ini sangat efektif karena mampu menghilangkan udara yang terkontaminasi. Bahkan, jenis ini mampu menjadi perangkap serangga dan debu.

Ventilasi Bergaya Skylight

Ventilasi Bergaya Skylight

Skylight atau biasa disebut jendela yang berada di atap rumah. Jenis ventilasi seperti ini biasanya diletakkan pada rumah dengan atap miring atau atap yang rendah. Dengan ventilasi bergaya ini, atap makin terlihat artistik. Namun, perlu pemasangan yang tepat agar atap mudah dalam proses penggunaan. Ventilasi udara jenis ini biasanya menggunakan bahan alumunium yang dikombinasikan dengan kaca tempered glass.

Ventilasi Udara dengan Kaca Nako

Ventilasi Udara dengan Kaca Nako

Ventilasi udara minimalis dengan menggunakan kaca nako sudah dipakai sejak lama sekali. Kaca ini dipasang dengan kisi-kisi, dengan celah yang bisa dibuka dan ditutup secara fleksibel. Kaca nako sendiri kini jarang sekali digunakan pada perumahan. Padahal kaca nako yang dikombinasikan dengan material dari kayu memberi kesan artistik yang sederhana. Pemanfaatan kaca nako sebagai ventilasi udara juga sangat tepat. Karena bisa diatur, kaca nako dapat mengontrol intensitas cahaya serta udara yang keluar masuk. Pembersihan debu di bagian kaca nako pun sangat mudah. Sekilas, kaca nako bekerja seperti kipas AC, hanya saja dilakukan secara manual.

Ventilasi Udara dari Bambu

Ventilasi Udara dari Bambu

Pernah mencoba atau menemukan gaya ventilasi udara dengan model seperti ini? Ventilasi ini sangat memanfaatkan bentuk alami bamboo berupa bagian tengah yang bolong. Bambu akan dipotong-potong menjadi bagian kecil. Kemudian dipasang sejajar sampai membentuk suatu pola besar yang cukup untuk mengisi udara di ruangan. Dengan memanfaatkan bambu, rumah akan terkesan alami dan segar, serta unik. Gaya ini juga membuat rumah seperti berada di pedesaan. Selain ruang tamu, ventilasi udara dengan model seperti ini juga banyak digunakan pada bagian kamar mandi rumah dengan konsep terbuka.

Bagaimana? Sudah tau akan menggunakan ventilasi berjenis apa? Apapun ventilasi yang akan kamu gunakan, tentu harus dipertimbangkan dengan budget dan luas ruangan ya. Namun, memilih perumahan Mustika Village Karawang bisa jadi solusi ringkas dan cerdas untuk investasi rumah dan juga mendapatkan kualitas yang unggul.

Dengan kondisi lingkungan yang aktif dan sehat, serta berbagai kemudahan dan fasilitas terbaik yang diberikan, Mustika Village Karawang akan memberikan kenyamanan hidup yang diimpi-impikan.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.