MUSTIKALAND.CO.ID - Memiliki sebuah rumah yang nyaman untuk ditinggali tentunya adalah impian bagi kebanyakan orang. Bagaimanapun rumah akan menjadi tempat untuk kembali, tempat melepas penat, dan tempat untuk berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itu, rumah tidak cukup hanya nyaman saja. Banyak orang yang membangun rumah menyesuaikan dengan seleranya masing-masing. Misalnya, kamu suka menonton film barat. Kamu jadi sering melihat rumah-rumah Amerika yang terkenal dengan gaya arsitekturnya yang modern, alhasil kamu pun tertarik untuk memiliki rumah gaya Amerika seperti yang ada di film-film.


Rumah gaya Amerika sendiri sudah banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Mulai dari rumah gaya Amerika modern hingga rumah gaya Amerika klasik, peminatnya selalu banyak. Tidak mengherankan memang, karena keduanya memiliki ciri khas tertentu yang membuatnya menarik untuk dipilih.


Rumah gaya Amerika modern banyak diminati karena desainnya yang simpel, namun tetap terlihat elegan dan kekinian. Lain halnya dengan rumah gaya Amerika klasik yang mengandalkan estetika khas zaman dulu, sehingga desainnya membuat kita bernostalgia. Ada berbagai desain rumah gaya Amerika yang bisa kamu pilih. Berikut 12 diantaranya.

  1. Rumah Bergaya Queen Anne

Rumah Bergaya Queen Anne


Jika kamu menyukai film horor Amerika, pasti kamu sering melihat rumah bergaya Queen Anne ini. Rumah ini memiliki desain yang klasik, namun tidak terbilang old fashion. Tidak hanya bangunannya, dekorasi interior dan furnitur yang digunakan biasanya juga bertema zaman klasik. Desain rumah bergaya Queen Anne telah dikenal sejak masa perang saudara. Karena estetikanya yang menawan membuatnya tidak lekang oleh waktu. Bahkan banyak warga Amerika yang masih menggunakan rumah gaya Amerika klasik ini hingga sekarang.

  1. Rumah Bergaya Colonial Revival

Rumah Bergaya Colonial Revival


Pasti kamu tidak asing juga dengan rumah gaya Amerika yang satu ini. Pasalnya rumah ini cukup sering terlihat di film-film barat, mulai dari yang bertema keluarga hingga horor. Rumah bergaya Colonial Revival merupakan peninggalan pada masa penjajahan. Rumah ini dulunya menjadi hunian sederhana para kolonis. Ciri khas dari rumah Colonial Revival adalah tampilan temboknya yang menggunakan batu-bata merah. Selain itu, bentuk dari rumah ini sendiri simetris. Pintunya tinggi, dengan jendela yang berjejer simetris satu sama lain.

  1. Rumah Bergaya Ranch Modern

Rumah Bergaya Ranch Modern


Desain rumah ini mengambil tema rumah peternakan. Rumah bergaya Ranch cukup populer dan banyak diminati di daerah pedesaan barat dan selatan Amerika. Sesuai dengan temanya, rumah bergaya Ranch dibangun dengan mengusung konsep hunian sederhana khas pedesaan yang natural, hangat, dan minimalis.

  1. Rumah Bergaya Craftsman Bungalow

Rumah Bergaya Craftsman Bungalow


Rumah bergaya Craftsman Bungalow adalah bangunan satu lantai dengan desain yang sederhana, namun unik. Rumah ini memiliki teras di bagian depannya. Atapnya rendah, serta jendela utama yang lebih menonjol. Kabarnya, inspirasi desain rumah dengan konsep Craftsman Bungalow ini muncul setelah terjadinya gerakan seni dan kerajinan di Amerika pada awal tahun 1900-an.

  1. Rumah Bergaya Cape Cod

Rumah Bergaya Cape Cod


Pasti tidak asing, bukan, jika melihat rumah bergaya Cape Cod seperti diatas? Karena tipe rumah ini cukup sering muncul di film-film barat yang berlatar waktu era abad ke-17. Desain Cape Cod ini dulunya sangat populer. Awalnya desain ini dibawa oleh Inggris, hingga kemudian desain Cape Cod menjadi sangat populer di Amerika pada zamannya.

  1. Rumah Bergaya Tudor Revival

Rumah Bergaya Tudor Revival


Rumah bergaya Tudor Revival terinspirasi dari kisah sejarah ketika bangsa Tudor yang berasal dari Inggris datang ke Amerika. Oleh karena itu, desainnya mirip dengan rumah-rumah di Eropa pada zaman dulu. Ciri khas dari rumah Tudor Revival adalah ornamen kayu yang keberadaannya sangat ditonjolkan. Selain itu, garis atapnya membentuk segitiga menyiku. Rumah dengan desain seperti ini banyak ditemukan pada tahun 1920 di daerah Timur Laut dan Midwest Amerika.

  1. Rumah Bergaya Neo Klasik

Rumah Bergaya Neo Klasik


Dalam sejarah Amerika, rumah bergaya Neo Klasik sangat populer di kalangan orang kaya. Desain hunian ini terinspirasi dari gaya arsitektur Yunani dan Romawi dan terbagi menjadi 4 model, diantaranya yaitu Neo Elektik, Neo Victoria, Neo Traditional, serta Neo Mediteranian. Beranda yang luas serta pilar yang tinggi memberikan kesan mewah dan megah pada rumah ini. Oleh karena itu, bahkan hingga saat ini orang-orang kaya di Amerika masih menyukai desain rumah bergaya Neo Klasik ini.

  1. Rumah Bergaya Prairie

Rumah Bergaya Prairie


Rumah bergaya Prairie menonjolkan material batu bata pada pondasi bangunan dan temboknya. Desain hunian ini cocok bagi kamu yang menyukai rumah minimalis. Arsitektur rumah Prairie seringkali dihubung-hubungkan dengan arsitek ternama, Frank Lloyd Wright, oleh karena ciri khas arsitekturnya yang mirip.

  1. Rumah Bergaya Mediteranian

Rumah Bergaya Mediteranian


Melihat foto rumahnya saja sudah membuat kita bisa menebak bahwa desain hunian bergaya Mediteranian mengadaptasi gaya arsitektur Spanyol dan Italia. Ciri khas dari rumah ini ialah atap ubinnya yang berwarna merah dan banyaknya lengkungan rumit yang bisa kamu temukan di bagian dalam rumah. Tipe rumah seperti ini banyak ditemukan di daerah Miami. Di Indonesia sendiri, tipe rumah Mediteranian masih sangat jarang kita temukan.

  1. Rumah Bergaya Townhouse

Rumah Bergaya Townhouse


Rumah bergaya Townhouse menjadi ciri khas pemukiman masyarakat kota modern di Amerika. Hunian Townhouse sudah ada sejak abad ke-19. Di Indonesia sendiri, tipe rumah ini telah banyak diterapkan di perumahan-perumahan modern di Indonesia.

  1. Rumah Bergaya Midcentury Modern

Rumah Bergaya Midcentury Modern


Pernah menonton Iron Man? Jika pernah, tentu kamu pernah melihat bagaimana megahnya rumah Tony Stark. Nah, rumah itu menjadi salah satu contoh dari rumah bergaya Midcentury Modern. Konsep hunian ini pada umumnya menonjolkan sisi desain rumah yang modern, seperti bentuk bangunan rumah yang konsisten dan estetik, serta banyaknya jendela kaca besar yang memberikan kesan luas dan terbuka.

  1. Rumah Bergaya Georgia

Rumah Bergaya Georgia


Rekomendasi terakhir adalah rumah bergaya Georgia. Singkatnya, rumah Georgia ini mengadaptasi konsep nilai sejarah Inggris. Pada desain hunian yang satu ini, tidak ada teras maupun beranda. Di bagian pintu depan, pada bagian atasnya dipasangi kanopi untuk melindungi tuan rumah maupun tamu dari derasnya hujan. Pada bagian pekarangannya, rumah ini seringkali ditumbuhi rerumputan.


Nah, dari 12 rekomendasi desain rumah gaya Amerika di atas, mana yang kamu suka? Semuanya nampak keren ya. Sama kerennya dengan perumahan Mustika Village Karawang yang menawarkan berbagai tipe rumah menarik sesuai minat kamu. 


Ada tipe cendana, tipe kayu manis, dan tipe cengkeh yang berbeda varian namun memiliki kesempurnaan konsep bangunan yang manis. Bukan hanya model yang menarik, semua model tersebut memiliki fasilitas dan kualitas yang terbaik.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.