MUSTIKALAND.CO.ID - Anda mendambakan tempat bersantai bersama keluarga yang berbeda dari yang lain? Atau Anda ingin memanfaatkan lahan kosong di depan atau di belakang rumah untuk bersantai? Saatnya Anda mempertimbangkan untuk membuat gazebo bambu di rumah. Mengapa memilih bambu? Selain  harganya yang murah serta mudah digunakan, sebagai salah satu material alami bambu sangat fleksibel dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Lebih daripada itu, bila digunakan dengan benar bambu mampu bertahan dalam segala cuaca. 


Dengan manfaatnya yang begitu banyak, tidak salah jika bambu adalah pilihan tepat dalam membuat gazebo. Bagi Anda yang tengah mencari inspirasi model gazebo bambu, berikut kami hadirkan beberapa desain gazebo bambu mulai dari yang sederhana sampai yang minimalis bisa Anda miliki kapan saja. Siap melihat inspirasi gazebo bambu super cantik ini? Yuk simak informasi berikut!

Gazebo Bambu Sederhana

Gazebo Bambu Sederhana


Ingin memiliki gazebo bambu yang sederhana? Cukup meniru gazebo bambu yang diletakkan di halaman seperti contoh gambar di atas. Meski tanpa banyak aksesoris, gazebo bambu ini tetap terlihat nyaman untuk digunakan. Untuk mendapatkan udara sejuk, Anda bisa mengandalkan halaman atau taman dengan berbagai tanaman hijau untuk menyejukkan suasana.


Bila Anda menganggap desain diatas terlalu sederhana, Anda bisa menambahkan bantal santai favorit dan meja kayu berwarna cerah sebagai pemanis di halaman depan rumah Anda tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk pembuatan atau perawatannya. Jangan lupa untuk menempatkan banyak tanaman perindang yang dapat membuat udara lebih sejuk. Dengan begini, suasana di depan rumah Anda akan berbeda dengan suasana rumah dari deretan rumah tetangga yang ada.


Baca Juga: 6 Ide Penataan Taman Untuk Rumah Minimalis

Gazebo Bambu dengan Tirai

Gazebo Bambu dengan Tirai


Jika Anda menyukai gaya minimalis, desain gazebo seperti ini mungkin bisa aplikasikan di rumah Anda. Gazebo bambu dengan desain terbuka seperti ini tentunya akan mempermanis tampilan dari eksterior halaman hunian Anda. Tidak hanya harus di depan rumah, Anda juga bisa meletakkannya di belakang rumah atau di salah satu sudut halaman.


Agar terlihat lebih natural dan lebih hidup, tidak ada salahnya bila Anda menambahkan background gazebo yang memperlihatkan deretan tanaman bambu. Untuk lantai, Anda bisa menambahkan variasi dari bahan lain seperti kayu bengkirai atau sejenisnya.

Gazebo Bambu Anyaman 

Gazebo Bambu Anyaman


Memiliki ruang yang cukup di halaman rumah rasanya sayang jika tidak mencoba menempatkan gazebo bambu anyaman seperti ini. Tidak hanya memiliki detail anyaman yang bagus, desain gazebo ini juga sangat cocok untuk ditempatkan di area perumahan di pegunungan atau perkotaan. Bisa Anda bayangkan betapa segarnya menikmati suasana di dalam gazebo bambu seperti ini. Anda bahkan bisa menghabiskan waktu dengan orang yang Anda sayangi sambil menyeruput secangkir teh atau kopi di tempat ini.


Baca Juga: 8 Inspirasi Taman Depan Rumah, Sederhana dan Sejuk!

Gazebo Bambu Etnik

Gazebo Bambu Etnik


Gazebo ini bisa Anda letakkan di halaman tepat di samping pepohonan yang rindang. Buatlah gazebo bambu dengan menempatkan celah di sisi lantai agar tidak terlalu mengembun saat hujan. Tempatkan dua bangku memanjang yang menyatu dengan bangunan gazebo bambu itu sendiri. Letakkan juga meja panjang di tengah gazebo.

Gazebo Bambu Tropis

Gazebo Bambu Tropis


Selain gazebo itu sendiri, faktor lain yang membuat gazebo terasa nyaman digunakan yaitu faktor lingkungan atau area penempatan. Bila Anda menempatkan gazebo di area dengan banyak tanaman pelindung, bisa dipastikan gazebo bambu Anda akan terasa sejuk. Sebaliknya, bila gazebo bambu tersebut Anda letakan di area gersang yang jauh dari pepohonan, maka jangan heran bila gazebo Anda terasa panas dan kurang nyaman digunakan.


Sama halnya dengan gazebo tropis yang satu ini. Agar suasana sejuk kian terasa, Anda bisa menempatkan tanaman dengan jumlah cukup banyak di sekeliling gazebo. Sambil menghabiskan waktu bersama keluarga, Anda juga bisa menikmati cipratan air yang menenangkan dari tambahan air mancur mini. Jika ingin menambah nuansa religi, boleh saja menempatkan patung Buddha. Karena gazebo ini menonjolkan kesan natural, maka Anda juga bisa meletakkan sejumlah bantal untuk bersantai dan tidur nyenyak.

Gazebo Bambu Terbuka

Gazebo Bambu Terbuka


Desain gazebo bambu semacam ini sangat cocok diterapkan pada kawasan hunian di pedesaan yang memiliki lahan cukup luas. Anda bisa menghabiskan waktu luang bersama orang tersayang di gazebo terbuka ini. Agar lebih praktis, Anda bisa mendapatkan sebuah ruangan yang berhubungan langsung dengan gazebo ini. Berikan sebuah bangku panjang yang juga terbuat dari anyaman bambu agar nuansa alam tetap kental di gazebo.

Gazebo Tingkat

Gazebo Tingkat


Pernah membayangkan atau melihat gazebo bambu tingkat? Ya, meski terdengar sedikit aneh namun ini bisa jadi alternatif bagi Anda yang memiliki banyak kerabat atau ingin lebih banyak menghabiskan waktu di gazebo. Dengan gazebo tingkat, Anda tidak perlu khawatir kerabat Anda tidak mendapatkan tempat saat berkunjung ke rumah Anda. Pasalnya, dibanding gazebo lainnya, gazebo ini mampu menampung lebih banyak orang. 


Namun perlu diketahui, mengingat gazebo model tingkat memiliki ketinggian melebihi gazebo pada umumnya, serta menopang beban yang berat cukup. Maka dalam membuatnya Anda harus memperhatikan faktor keselamatan, misalnya dengan hanya menggunakan bambu dari jenis yang paling kuat. Adapun jenis bambu yang biasanya digunakan dalam membuat gazebo tingkat yakni jenis bambu wulung.


Demikianlah referensi desain gazebo bambu yang semoga dapat menginspirasi Anda. Sebelum membuatnya, sebaiknya lebih dulu Anda memperhatikan lokasi penempatan serta menghitung besaran biaya yang harus Anda keluarkan. Bila Anda mempunyai ide atau model lain dan ingin membuat variasi, tidak ada salahnya bila Anda mengkombinasikan bahan bambu dengan material lain seperti baja ringan dan besi hollow. Bila Anda sudah memilikinya, rawatlah gazebo Anda agar selalu nampak bersih dan nyaman digunakan. Semoga bermanfaat.


Mari kunjungi proyek kami:


Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.