MUSTIKALAND.CO.ID - Sejak pandemi Covid-19 dimulai, berkebun menjadi salah satu hobi baru bagi sebagian orang. Terutama bagi yang memiliki halaman rumah yang luas, tentunya hal ini menjadi sebuah kesempatan yang baik untuk menghiasi halaman dengan tanaman-tanaman yang cantik dan menyegarkan mata. Banyak orang bilang, berkebun di halaman rumah dapat menghilangkan penat dan stres. Apalagi menanam tanaman sendiri merupakan kegiatan yang positif dan mendukung terciptanya sumber oksigen yang baru bagi lingkungan sekitar.


Berkebun akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga. Pada hari libur, tidak ada salahnya meluangkan waktu Anda sejenak untuk mengajak pasangan dan anak Anda membangun kebun bunga di halaman, atau bisa juga dengan menanam tanaman apotek hidup agar udara di sekitar rumah Anda menjadi lebih sehat.

Manfaat Berkebun

Manfaat Berkebun


Berkebun tidak harus dengan menanam tanaman hias maupun apotek hidup. Jika halaman rumah Anda cukup luas, Anda juga bisa menanam sayur mayur ataupun buah-buahan. Selain halaman Anda berdaya guna, ini pun bisa menjadi peluang bisnis untuk Anda. Adapun manfaat berkebun di halaman rumah, diantaranya:


  • Menghilangkan Stres

    Rutinitas kerja yang melelahkan pastinya akan membuat Anda mengalami jenuh. Namun untuk memanjakan diri dengan bepergian, mungkin tubuh Anda sudah terlalu lelah untuknya. Maka dari itu, carilah aktivitas menyenangkan yang bahkan Anda dapat melakukannya sendiri. Berkebun, salah satunya. Melihat kebun yang indah dapat menghilangkan beban pikiran.

  • Tercipta Pemandangan Baru yang Asri

Halaman rumah yang asri akan membuat siapapun betah memandangnya. Terutama, penghuni rumah. Selain menyegarkan padangan, pemandangan yang asri juga dapat menyegarkan pikiran.

  • Quality Time Bersama Yang Tersayang

Patuhi protokol kesehatan dan tidak berkerumun! Menghabiskan waktu bersama keluarga tidak perlu dengan pergi keluar. Ajak pasangan Anda untuk menanam bunga kesukaannya.

  • Berpotensi Menjadi Lahan Bisnis

Jika luas halamannya cukup, Anda bisa menanam buah-buahan maupun sayur mayur. Apalagi jika produksinya tinggi, kamu dapat menjualnya ke pasar maupun tetangga di dekat rumah. Hobi yang sekaligus menjadi ladang bisnis

Tips Berkebun di Halaman Rumah

Tips Berkebun di Halaman Rumah


Menanam tanaman di sekeliling rumah akan membuat udara di lingkungan rumah Anda menjadi lebih segar. Sebelum memutuskan ingin menanam apa, kami akan memberikan 5 tips berkebun di halaman rumah untuk gambaran rencana Anda.

Pelajari Iklim

Sebagaimana Anda ketahui, iklim di Indonesia adalah Tropis. Iklim ini pula yang membuat negeri ini dapat ditanami berbagai jenis tanaman. Untuk iklim tropis, curah hujan dan panas matahari seimbang. Namun juga diperhatikan lokasi dan kondisi tanahnya. Kualitas tanah di perkotaan tentu saja akan berbeda jauh kondisinya dengan kualitas tanah di daerah perkampungan.

Tentukan Jenis Tanaman yang Diinginkan

Tentukan jenis tanaman apa yang ingin Anda tanam di halaman rumah. Dalam menentukan komoditas tanaman yang akan ditanam, Anda perlu memperhatikan karakteristik lahan yang akan Anda gunakan. Umumnya, karakteristik lahan meliputi suhu, kelembaban, jenis tanah, curah hujan dan faktor lain yang mempengaruhinya.


Selanjutnya Anda tinggal memilih jenis tanaman yang akan Anda tanam. Misalnya, tanaman hias akan mempercantik visual halaman, tanaman Apotek Hidup akan membuat udara disekitar menjadi lebih sehat. Sedangkan sayur-mayur dan buah-buahan dapat dikonsumsi sendiri maupun dijadikan peluang bisnis. Jika sudah ditentukan, belilah bibit tanamannya, beserta pupuk jika diperlukan.


Kalau Anda memilih komoditi sayuran, ada baiknya Anda memilih jenis sayuran yang bisa lebih cepat panen. Pasalnya, Anda tidak tidak menunggu terlalu lama untuk bisa merasakan hasilnya. Adapun sayuran yang mudah untuk ditanam dan bisa dipanen dengan cepat diantaranya kangkung, bayam, sawi, kacang polong, lobak, sawi, selada, seledri dan masih banyak lagi.

Buat Planning Desain 

Ketahui seberapa luas halaman rumah Anda. Kemudian buatlah desainnya. Apakah ingin terhubung dengan teras? Atau Anda ingin membangun kolam ikan kecil pun bisa. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat desain taman dengan imajinasi sendiri kemudian menuangkannya di atas kertas.


Namun, jika Anda tidak mempunyai kemampuan untuk itu. Anda bisa menuangkannya dengan bantuan software atau aplikasi perencanaan taman. Dengan aplikasi tersebut Anda dapat dengan mudah menentukan bentuk, ukuran sampai penempatan semak-semak yang tepat. 


Jika tidak ingin terlalu repot Anda juga bisa menggunakan template yang telah disediakan dalam aplikasi yang Anda gunakan. Intinya, Anda bisa menggunakan kemudahan yang ada untuk menjadikan taman Anda menjadi lebih menarik.

Tanam Tanaman

Jika desain halaman sudah terencanakan, saatnya untuk melakukan eksekusi! Ajak suami/istri beserta anak Anda untuk berkebun. Selain menjadi kegiatan yang seru, berkebun juga dapat menjadi sarana edukasi yang baik bagi anak-anak untuk mempelajari peranan tanaman dalam kehidupan sehari-hari.

Rawat dengan Telaten

Setelah tanaman selesai ditanam, maka tinggal perawatannya yang harus dijaga. Pastikan Anda rajin menyiram tanaman-tanaman tersebut. Karena jika sampai halaman Anda rusak, maka jerih payah Anda hilang begitu saja. Jika Anda termasuk orang yang tidak mempunyai waktu untuk merawat tanaman, pilihlah jenis tanaman yang mudah dalam perawatannya. Sehingga nantinya tidak akan merepotkan Anda.


Mustika Land menawarkan perumahan yang asri dengan harga yang terjangkau, bernama Mustika Park Place. Perumahan ini mengusung tema kawasan hunian modern. Mustika Park Place berlokasi di Jalan Burangkeng, Kec. Setu, Kab. Bekasi, Jawa Barat, dan letaknya sangat strategis dekat dengan Pintu Tol Jorr 2 Cimanggis - Cibitung serta Kawasan Jababeka. 


Halaman rumah yang luas membuat Anda puas untuk berkebun. Terdapat berbagai sarana dan fasilitas, seperti area jogging, lapangan futsal, minimarket, dsb. Dari segi keamanan, difasilitasi juga CCTV yang beroperasi 24 jam penuh setiap harinya. 


Bahkan dengan DP sebesar 5 juta rupiah saja Anda bisa mendapatkan rumah!


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.