MUSTIKALAND.CO.ID - Adanya peningkatan kasus tindak kejahatan sejak adanya pandemi, membuat banyak orang semakin waspada. Peningkatan tersebut terjadi karena banyak faktor, seperti kebijakan asimilasi para narapidana hingga banyaknya orang yang terkena PHK dan memilih jalan pintas dan jahat untuk mendapatkan uang. Maka itu, sistem keamanan menggunakan CCTV sangat diperlukan.


Sistem keamanan rumah dengan CCTV tidak hanya diperuntukkan perkantoran dan bisnis saja. Namun kawasan perumahan juga perlu mendapat perlakuan yang sama, terlebih rumah yang yang kerap ditinggal pergi. Sebab kita tidak pernah tahu, kapan dan di mana penjahat beraksi untuk melakukan kejahatan. Nah, untuk memilih CCTV yang tepat sesuai dengan kebutuhan, silakan melihat tips berikut.

Pilih Lokasi yang Tepat

Pilih Lokasi yang Tepat


Melihat skala prioritas pada pengamanan berdasarkan tingkat urgensinya, lebih baik memasang kamera CCTV di luar terlebih dahulu. Jadi, kamu akan mengetahui siapa saja yang lalu lalang di sekitar rumah atau orang yang keluar masuk rumah kamu melalui rekaman CCTV. Menggunakan CCTV dengan kamera tersembunyi bisa jadi pilihan utama jika ingin memasangnya di luar rumah.


Tujuannya agar orang lain tidak mengetahui letak persis di mana CCTV berada. Karena, jika ada orang yang ingin berbuat jahat, kemudian ia tahu di mana letak CCTV, maka mereka akan melakukan berbagai cara agar aksinya tidak diketahui. 


Misalnya, menghindari spot yang terekam CCTV atau bahkan menutup CCTV dengan kain atau menyemprotnya dengan cat. Sudah banyak CCTV dengan model kamera yang mungkin sehingga memungkinkan untuk disembunyikan. 


Tapi, kalau kamu sudah terlanjur memiliki CCTV yang terlalu besar sehingga mudah dilihat, maka tenang saja karena ada cara lain. Kamu bisa menyiasatinya dengan memasang dekorasi yang bisa menutupi keberadaan CCTV. Tapi, ingat untuk tidak sampai menghalangi pandangan CCTV karena akan beresiko tidak tertangkapnya gambar pada spot yang seharusnya terekam.

Pilih CCTV dengan Resolusi Tinggi

Pilih CCTV dengan Resolusi Tinggi


Bukan hanya visibilitas dari CCTV, apakah bisa terlihat dengan jelas oleh orang lain atau tidak. Hal lain yang perlu diperhatikan untuk memilih CCTV adalah hasil dengan kualitas video yang tinggi. Sebab, permasalahan pada CCTV kamera yang sering terjadi adalah kualitas gambar yang tidak begitu jelas.


Sehingga, saat dibutuhkan untuk sesuatu yang penting, misalnya bukti kejahatan, maka tidak terlihat begitu jelas. Akan lebih baik kalau punya sistem keamanan CCTV dengan kamera beresolusi tinggi sehingga bisa terlihat sangat jelas.


Perlu diingat kalau semakin tinggi resolusi video yang dihasilkan, maka semakin besar pula ukuran file yang dihasilkan. Jadi, pilihlah penyimpanan yang besar jika ingin memiliki CCTV dengan kamera HD. Selain itu, ruang penyimpanan yang besar juga bisa membuat semakin panjang waktu perekaman video. Jadi, tidak perlu memindahkan atau takut video lama terhapus karena penyimpanan yang kecil.

Gunakan CCTV Berbasis Internet of Things (IOT)

Gunakan CCTV Berbasis Internet of Things (IOT)


Belakangan, sistem IOT sangat digemari oleh banyak orang. Bagaimana tidak, semua perangkat bisa terhubung melalui jaringan internet dan bisa diakses melalui ponsel pintar maupun desktop. Jadi, dengan sistem keamanan rumah berbasis iot ini bisa juga diakses melalui HP Android yang kamu miliki. Dengan begitu, meski kamu sedang berada jauh dari rumah, kamu bisa melihat pergerakan di sekitar rumahmu melalui HP.


Biasanya, ada sensor PIR (Passive Infra Red) yang terdapat pada CCTV sehingga memungkinkan untuk mendeteksi pergerakan manusia sehingga notifikasi akan langsung terkirim ke ponsel pintarmu.  Sistem keamanan ruangan berbasis internet of things dengan menggunakan aplikasi android ditambah sensor PIR sangat memudahkan kamu untuk lebih cepat tahu apa yang sedang terjadi di rumahmu.

CCTV berbasis IOT ini biasa digunakan untuk CCTV yang di dalam rumah. Selain untuk keamanan saat rumah kosong, bisa juga untuk mengawasi anak kecil atau saat meninggalkan hewan peliharaan sendiri di rumah. Tapi, ada resiko yang bisa didapat kalau menggunakan sistem keamanan berbasis IOT. 


Kalau ada orang lain yang bisa membobol dan mengakses sistem kamera CCTV yang terhubung internet ini, maka mereka justru bisa memantau keadaan rumahmu dengan bebas. Maka dari itu, pastikan untuk memilih CCTV dengan sistem keamanan tinggi.

Lihat Review Sebelum Membeli




Lihat Review Sebelum Membeli


Kenapa sih review itu penting dalam keputusan pembelian sebuah produk? Hal ini dikarenakan review merupakan pendapat dari orang yang sudah pernah memakai produk tersebut. Jadi, pastikan kamu sudah melihat review CCTV tertentu sebelum membelinya, baik itu review dari orang yang kamu tahu atau dari media online. Pastikan juga merek CCTV yang kamu beli punya garansi, sehingga jika ada kerusakan masih ada garansi yang bisa dipakai.

Menambah Pengaman Lain

Menambah Pengaman Lain


Memang, CCTV merupakan salah satu hal yang bisa meningkatkan sistem keamanan di rumah. Tapi, perlu adanya tambahan pengaman lain, sebagai berikut:


  • Alarm
    Pasang alarm pada akses masuk rumah, seperti pagar, pintu, bahkan jendela. Jika ada pergerakan yang mencurigakan, maka alarm akan menyala dan membuatmu siaga.

  • Kunci Tambahan
    Menggunakan double protection pada pintu rumah, misalnya menggunakan gembok tambahan. Bisa juga menggunakan kunci digital yang sulit dibobol.

  • Lampu Otomatis
    Gunakan lampu yang bisa diatur nyala dan matinya sesuai keinginanmu. Sehingga, saat siang hari tidak terus menyala. Lampu di dalam rumah yang menyala saat siang hari bisa menjadi indikasi bahwa tidak ada orang di rumah.

  • CCTV Tambahan dari Perumahan
    Jika kamu tinggal di perumahan seperti Mustika Park Place Setu Bekasi, maka kamu bisa merasa lebih aman. Karena mereka memiliki 3 layer sekuriti, seperti CCTV, Gerbang Utama, dan Gerbang Cluster. Untuk informasi lebih lanjut tentang Mustika Park Place Setu Bekasi, kunjungi website mustikaparkplace.co.id.


Selalu perhatikan hal-hal penting di atas saat memilih CCTV agar bisa meningkatkan sistem keamanan di dalam dan sekitar rumahmu. Tentunya, kamu nggak mau kan kalau sudah beli CCTV tapi justru merugi karena tidak awet, tidak HD, atau terlalu terlihat?


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.