MUSTIKALAND.CO.ID - Air putih sangat penting bagi makhluk hidup terutama manusia. Sebab sebagian besar tubuh manusia mengandung air. Sekitar 60% hingga dengan 70% tubuh manusia terdiri dari cairan. Maka dari itu, manusia harus rajin minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian bila tidak ingin dehidrasi.

Banyak sekali manfaat minum air putih bagi tubuh dan kesehatan jika meminumnya secara rutin. Namun, masih banyak orang yang abai tentang kebutuhan cairan harian tubuhnya, sehingga malas minum air putih.

Hal itu dikarenakan masih banyak yang belum mengetahui dampak buruk pada tubuh akibat kekurangan minum air putih. Artikel ini akan mengulas tentang fakta dan manfaat minum air putih.

Fakta Minum Air Putih

Berikut adalah beberapa fakta tentang minum air putih yang harus Anda ketahui supaya tidak terus percaya mitos yang belum tentu benar.

1.      Air Putih Dingin Bikin Gemuk

Pasti Anda sudah banyak mendengar selentingan mitos tentang minum air putih dingin bisa menyebabkan bobot tubuh jadi meningkat. Apa benar begitu? Ternyata itu hanyalah hoaks.

Berdasarkan Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, minum air putih dingin tidak akan membuat tubuh jadi tambah gemuk. Dikarenakan air putih bersuhu rendah sama sekali tidak memiliki kalori yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Malah dengan minum air dingin bisa membakar kalori lebih banyak, yang berarti bisa membantu berat badan susut. Bagaimana caranya? Ketika air dingin masuk ke dalam tubuh, air bersuhu rendah itu akan disesuaikan dengan suhu tubuh. Caranya menyesuaikannya adalah dengan menaikkan suhu pada tubuh.

Dalam proses penyesuaian, tubuh perlu membakar sebagian kalori untuk menaikkan suhu dari air dingin yang dikonsumsi tadi.

Baca Juga: Air Bersih: Pengertian, Manfaat, Ciri

2.      Minum Air Hangat di Pagi Hari

Lalu ada juga anggapan tentang minum air hangat di pagi hari memiliki dampak baik bagi kesehatan. Faktanya, mitos tersebut tidak sepenuhnya salah.

Sebab minum air hangat memang bisa berdampak baik bagi kesehatan. Dengan minum air putih bersuhu hangat bisa meringankan gejala sakit flu, karena uap panasnya bisa mengencerkan lendir dan mengurangi iritasi pada rongga mulut dan kerongkongan.

Selain itu, minum air hangat juga bisa mengatasi sakit nyeri haid. Menyuplai tubuh dengan banyak cairan dapat mencegah tertahannya cairan yang ada di dalam tubuh. Lalu suhu hangat pada air juga bisa meredakan kram perut saat haid. Namun, Anda bisa minum air hangat kapan saja dan tidak perlu terpaku hanya di pagi hari saja.

Manfaat Minum Air Putih

Selain fakta minum air putih, berikut adalah lima manfaat air putih bagi kesehatan tubuh yang wajib Anda ketahui.

1.      Mencegah Tubuh dari Kekurangan Cairan

Sudah diketahui kalau sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Maka, untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh, setiap orang wajib untuk minum air putih sebanyak delapan gelas dalam satu hari atau setara dengan dua liter air.

Apabila kebutuhan cairan harian terpenuhi, Anda tidak akan kekurangan cairan atau dehidrasi. Namun apa akibatnya jika Anda kekurangan cairan tubuh? Tentu saja tubuh akan mengalami dehidrasi bila kekurangan air putih.

Dehidrasi ringan hingga berat akan berdampak pada kesehatan, baik untuk jangka panjang atau jangka pendek. Pada jangka pendek, suhu tubuh Anda akan meningkat, bibir pecah-pecah, dan kulit yang kering. Lalu pada jangka panjang, tubuh akan mengalami tekanan darah tinggi, pengentalan aliran darah, dan kerusakan ginjal.

Baca Juga: 11 Cara Mudah Menghemat Air, Yuk, Selamatkan Bumi dari Kekeringan

2.      Memperlancar Pencernaan

Apakah Anda punya masalah pencernaan seperti susah buang air besar? Maka salah satu solusinya adalah dengan rajin minum air putih.

Salah satu manfaat minum banyak air putih adalah meningkatkan fungsi organ pencernaan. Air sangat dibutuhkan untuk membuang racun dalam tubuh dari makanan serta minuman yang dikonsumsi. Kemudian, zat yang tak berguna bagi tubuh (racun) akan diubah ke bentuk keringat, urin, dan feses.

Air putih yang masuk ke dalam tubuh juga akan diubah menjadi saliva (air liur) dan mucus (lendir pada rongga hidung). Cairan-cairan itu berfungsi penting pada proses pencernaan makanan di usus agar bisa mengurai makanan dengan baik. 

Cairan tubuh juga berguna untuk menjaga organ penting lain seperti mata, hidung, dan rongga mulut tetap lembab sehingga tidak rentan sakit. Selain itu, mengonsumsi banyak air putih juga bisa menjaga mulut agar tetap bersih. Kesehatan gigi dan mulut pun tetap terjaga.

3.      Mengalirkan Oksigen ke Seluruh Tubuh

Dalam beraktivitas sehari-hari, setiap orang wajib memiliki kondisi yang prima. Tubuh dikatakan dalam kondisi baik apabila tubuhnya bugar dan otaknya dapat berkonsentrasi dengan baik. Stamina dan konsentrasi yang baik bergantung dari jumlah oksigen yang mengalir ke otak.

Sebanyak 90% kandungan darah adalah air. Maka, dalam aliran darah mengandung banyak sekali oksigen yang dialirkan dari jantung ke organ-organ lain termasuk ke otak. Oleh sebab itu, sangat penting untuk minum air putih karena menunjang aktivitas sehari-hari apalagi yang membutuhkan tenaga dan tingkat konsentrasi yang tinggi.

4.      Menjaga Tekanan Darah

Rutin minum air putih juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah. Kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan pengentalan darah yang berakibat pada meningkatnya tekanan darah dalam tubuh.

Selain itu, jika tubuh mengalami dehidrasi parah, tubuh akan merespon dengan menghasilkan sebuah hormon bernama vasopressin. Hormon tersebut menimbulkan adanya penyempitan di pembuluh darah sehingga tekanan darah bisa meningkat. Oleh sebab itu, rajin minum air putih sangat dianjurkan bagi penderita darah tinggi supaya menjaga tekanan darah tetap normal.

5.      Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Selain itu, ada juga manfaat air putih bagi kecantikan. Menjaga kadar air pada permukaan kulit adalah kunci untuk mendapatkan kulit sehat yang bisa menunjang penampilan.

Seseorang yang rajin minum air putih akan terlihat lebih muda dan segar, karena tubuh yang terhidrasi dengan baik akan terlihat dari tampilan kulitnya. Bagaimana tanda kulit yang terhidrasi cukup? Biasanya kulit nampak segar, tidak kusam, tidak gampang keriput, kenyal, dan lembab.

Sebaliknya, jika orang yang kebutuhan cairan hariannya tidak tercukupi kulitnya akan terlihat berkerut, kusam, kering, dan mudah keriput. Maka dari itu, minum air putih sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan juga kecantikan.

Tidak perlu khawatir dengan kualitas air yang buruk. Komplek perumahan Mustika Village Sukamulya yang terletak di Jl. Raya Sukatani, Sukamulya, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat ini memiliki Water Treatment Plant yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas air. Anda tidak perlu khawatir lagi dengan ketersediaan air bersih untuk memenuhi aktivitas harian Anda termasuk air minum. Jangan lupa penuhi kebutuhan cairan Anda dengan minum air putih minimal delapan gelas sehari.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.