MUSTIKALAND.CO.ID - Kebutuhan air bersih semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Banyak limbah yang dihasilkan dari berbagai macam kegiatan sehari-hari. Peningkatan jumlah penduduk juga menjadi pemicunya. Pengolahan air bersih selalu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tidak sembarang air bisa dikatakan air bersih. Simak penjelasan di bawah supaya kamu lebih paham tentang air bersih.

Pengertian Air Bersih Menurut Who

Pengertian Air Bersih Menurut Who


Air bersih adalah jenis sumber daya berupa air yang bermutu baik dan dimanfaatkan oleh manusia untuk kehidupan sehari-hari termasuk sanitasi. Menurut WHO, air domestik adalah air bersih yang digunakan untuk keperluan domestik seperti konsumsi, air minum dan persiapan makanan. 


Pengertian ini bisa kamu baca dalam karya ilmiah berbentuk pdf yang membahas tentang air bersih. Tidak semua air bisa kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Air yang sudah terkontaminasi oleh polusi sangat berbahaya jika kita gunakan. Banyaknya pencemaran air, sumber mata air mengering, serta banyak sumur yang tercemari oleh limbah-limbah industri menjadi bukti kuat buruknya sanitasi. Sanitasi dan pengamanan air minum harus benar-benar diperhatikan agar bisa mendapatkan air bersih.


Salah satu upaya untuk menjaga kualitas air adalah dengan melestarikan dan menjaga lingkungan agar tidak terkena polusi. Penyuluhan untuk hidup bersih yang dilakukan di sekolah juga merupakan contoh upaya yang didukung oleh WHO di Indonesia.


Mustika Village Sukamulya memiliki Water Treatment Plant (WTP) atau Pengolahan Air Bersih. Pengolahan ini sudah jadi dan sudah beroperasi sehingga air yang ada di sini terjamin kebersihannya.

Manfaat Air Bersih

Manfaat Air Bersih



Mengapa harus menggunakan air bersih? Selain sangat dianjurkan bagi kesehatan, Ini dia manfaat air bersih yang harus kamu ketahui.

1. Dapat memenuhi cairan dalam tubuh

Kadar air yang ada di tubuh manusia adalah 50%-80% sehingga kamu sangat membutuhkan air. Kekurangan air dapat menyebabkan konsentrasi turun dan rentan terhadap penyakit. Pasti ketika kamu sakit akan dianjurkan minum air putih yang cukup. 

2. Membantu kegiatan sehari-hari

Air bersih sangat dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari seperti memasak dan mencuci. Jika air yang kita gunakan untuk memasak tidak bersih maka akan rentan terserang penyakit. Baju yang kita cuci juga tidak bersih maksimal.

3. Irigasi pertanian

Air bersih juga merupakan faktor kesuksesan panen. Air yang kotor bisa mengganggu kesuburan tanah. Bila tanah tidak subur sama dengan menghambat pertumbuhan tanaman.

4. Menjaga ekosistem lingkungan

Tentu ekosistem yang ada akan terjaga dengan adanya air bersih. Tanaman dan makhluk hidup yang ada di air bisa hidup dan berkembang biak dengan baik. Kehidupan akan semakin sejahtera dengan adanya air yang bersih.

Ciri-ciri Air Bersih

Ciri ciri Air Bersih


Pastikan kamu mengetahui ciri-ciri air bersih berikut ini. Supaya kamu bisa mengidentifikasi air yang kamu dapatkan dari sumber alam benar-benar terjaga kebersihannya.

1. Tidak memiliki rasa

Ciri ini adalah indikator utama kebersihan sebuah air. Jika air memiliki rasa maka kemungkinan besar air tersebut tidak bersih. Rasa yang timbul pada air dihasilkan dari zat-zat yang tidak seharusnya ada seperti bakteri.

2. Tidak memiliki bau

Sama seperti rasa, bau yang ada pada air disebabkan oleh bakteri dan pembusukan zat organik. Hal ini menunjukkan sanitasi air yang rendah. Jika mendapatkan air yang berbau sebaiknya lakukan lah perlakuan khusus sebelum menggunakan air tersebut.

3. Jernih

Air bersih memiliki tingkat kejernihan yang stabil. Coba tuang air pada sebuah wadah dan diamkan, jika air tersebut tetap jernih maka air tersebut merupakan air bersih namun jika muncul endapan atau warna menempel pada wadah maka air tersebut tidak bersih.


Selain ciri-ciri yang bisa kamu identifikasi sendiri, terdapat beberapa syarat air dinyatakan bersih dan dapat dikonsumsi secara kimiawi.

4. Memiliki pH netral

pH menunjukkan kadar asam/basa pada sebuah substansi. Skala asam/basa adalah dari 1 hingga 14. Tingkat pH agar air aman digunakan adalah 6,5 hingga 8,5. Cara mengetahui pH air ini harus menggunakan sebuah alat.

5. Tidak mengandung zat kimia berlebih

Zat kimia pada air tetap dibutuhkan untuk tubuh namun jika air memiliki kadar zat kimia berlebih maka akan merusak kesehatan. Zat tembaga pada air dibutuhkan untuk tubuh namun jika air mengandung zat ini terlalu banyak maka akan membuat kerusakan pada hati.

6. Tidak mengandung bakteri

Bakteri yang harus dihindari adalah bakteri E. coli. Bakteri ini bisa hidup di dalam usus makhluk hidup. Akibat yang ditimbulkan saat meminum air dengan kandungan bakteri ini adalah diare ringan. Mengolah air sebelum dimasak adalah cara terbaik menghilangkan bakteri.

Sumber Air Bersih

Sumber Air Bersih


Kebutuhan akan sumber air bersih bisa kamu temukan di beberapa tempat, khususnya di dekat pemukiman kita. Berikut beberapa sumber air yang ada di sekitar kita.

1. Air angkasa

Air angkasa ini adalah air dari hasil penyubliman awan atau uap air contohnya salju. Air yang dihasilkan dari salju yang meleleh bisa dimanfaatkan sebagai sumber air. Pastikan untuk mengolahnya hingga menjadi air bersih.

2. Air hujan

Air hujan bisa ditampung lalu dijadikan air minum. Namun harus ditambahkan kalsium kedalamnya karena air hujan tidak memiliki kalsium.

3. Air permukaan

Air yang berada di permukaan bumi. Air sungai, air danau, dan air laut masuk ke dalam kategori air permukaan. Namun air permukaan ini mudah terkontaminasi dan cenderung keruh. Harus memilih area yang tepat untuk menjadikannya sumber air bersih.

4. Air tanah

Air ini adalah sebagian dari air hujan yang meresap ke dalam tanah melalui pori-pori dan akar tanaman. Air tanah yang berada pada dua lapisan tanah kedap air disebut air tanah dalam sedangkan air tanah dangkal adalah air tanah yang berada dekat pada permukaan tanah dan kestabilan volume airnya dipengaruhi oleh curah hujan.

5. Mata air

Air tanah yang muncul secara alamiah disebut mata air. Air ini bisa langsung dijadikan air minum karena belum tercemar namun kamu harus tetap waspada. Rebuslah air dari mata air ini agar terjaga keamanannya.


Sekarang kamu sudah tahu kan mengapa air bersih sangat penting bagi kehidupan manusia. Selalu jaga lingkunganmu dan lakukan kegiatan sanitasi sesuai dengan kemampuanmu. Mengolah air sebelum menggunakannya adalah cara sanitasi air yang bisa kamu lakukan. Adanya air bersih bisa membuat hidup kita makmur.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.