MUSTIKALAND.CO.ID - Menata ruang bermain anak terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Bukan tanpa alasan, dalam situasi pandemi seperti sekarang ini hampir seluruh waktu anak dihabiskan bersama orang tua di rumah. Untuk itu, orang tua dituntut untuk menyediakan ruang bermain yang nyaman supaya anak lebih betah menghabiskan waktu di dalamnya.

Namun, memiliki ruang bermain anak yang nyaman bukanlah hal yang mudah. Tak jarang kenyamanan ini harus didapat melalui berbagai cara, seperti mendekorasi ruangan hingga pemilihan furnitur atau barang-barang yang tepat. Nah, bagi Anda yang kesulitan membuat ruang bermain anak yang nyaman, kami akan bagikan 7 tips cara yang mudah dan dapat Anda terapkan sekarang. Simak dibawah ini!

Tentukan Letak Ruang yang Akan Digunakan

Tentukan Letak Ruang yang Akan Digunakan

Membuat ruang bermain anak yang sesuai dengan keinginan memang tidak mudah. Pasalnya, ada banyak hal yang mesti Anda perhatikan, mulai dari ketersediaan tempat, desain, hingga cara menata ruang tersebut supaya si kecil tetap nyaman dan aman saat bermain di area tersebut. Kendati demikian, hal tersebut bisa Anda siasati dengan terlebih dulu menentukan letak ruangan yang akan digunakan sebagai tempat ruang bermain anak.

Dalam menentukan letak area yang akan digunakan, Anda bisa membagi ruang bermain menjadi beberapa zona, seperti zona vertikal, zona lantai dan zona sudut. Zona lantai dan zona sudut bisa Anda jadikan pilihan bilamana Anda memiliki ruang yang cukup di dalam rumah. Karena area ini melibatkan aktivitas seperti merangkak, berdiri dan berjalan. Pastikan Anda menggunakan material lantai berbahan lembut dan aman hingga tidak membuat Si Kecil terluka.

Area ini juga bisa Anda isi dengan mainan seperti tenda bermain, matras hingga balok dari busa. Umumnya, zona vertikal atau zona dinding kerap menajdi pilihan bagi Anda yang memiliki ruangan dengan lahan sempit. Ini karena bila pemilihan furnitur dan mainan dilakukan dengan tepat, ruang bermian ini tidak akan mengganggu aktivitas bagian lantai dan ruangan lainnya. Ada banyak mainan yang bisa Anda tempatkan pada zona ini, seperti papan tulis dan papan sensorik. Jika Anda memiliki anak laki-laki, Anda dapat menambahkan wall climbing.

Jika Anda tidak memiliki cukup tempat untuk membuat ruang bermain anak di rumah, Anda bisa memilih hunian di Mustika Park Place sebagai solusi masalah tersebut. Di perumahan ini Anda akan menemukan taman bermain yang pas bagi si kecil.

Di kawasan ini si kecil dapat bermain sepuasnya dengan aman di Mustika Park Place. Taman bermain yang mengadopsi keasrian ini menyediakan 6 area bermain untuk anak Anda. Si kecil bisa berenang dalam kolam bola di Lasten Ocean, berlatih jual-beli di Role Play Leikkimokki, membangun rumah-rumahan di Assembly Leikkimokki, bermain dengan mainan di Toys Corner, atau belajar banyak hal baru di Workshop!

Selain anak Anda dapat bermain dengan sesuatu yang berbeda, di sini, mereka bisa berkebun, menanam, dan memanen kacang hijau di kolam penuh kacang hijau yang tersedia! Ada banyak juga pilihan permainan lainnya seperti rumah-rumahan dan seluncuran yang pastinya seru. Kalau Anda menginginkan sebuah pengalaman  playdate yang berbeda dengan si kecil, tempat ini pas untuk Anda!

Anda juga bisa mengajak mereka menjelajahi area sekitar saung dan melihat proses pembuatan angklung. Jangan lupa untuk menonton pertunjukan wayang golek dan orkestra angklung atau bahkan ikut menari di penghujung acara!

Nikmati udara pegunungan yang segar sambil melihat si kecil bermain dengan kelinci-kelinci dan domba yang lucu di Farmhouse Lembang. Anda bisa berfoto dengan pakaian tradisional Belanda yang bisa Anda sewa dengan latar belakan gedung-gedung bergaya Eropa atau mengunjungi Hobbiton, desa hobbit seperti yang ada di film Lord of the Rings. Tunggu apa lagi? Yuk, bawa keluarga Anda berlibur ke sini!

Tentukan Desain dan Dekorasi Sesuai dengan Keinginan Anak

Tentukan Desain dan Dekorasi Sesuai dengan Keinginan Anak

Jangan sampai antusiasme Anda yang tinggi dalam membuat ruang bermain anak mejadikan Anda tega merenggut kebahagaiaan anak melalui pemilihan desain dan dekorasi yang sesuai dengan keinginan Anda, bukan Anak. Karena ini adalah ruang bermain anak, maka serahkan sepenuhnya masalah desain dan dekorasi sesuai dengan keinginan anak Anda. Cobalah ajak anak Anda berdiskusi mengenai tema apa yang dia inginkan. Jika anak Anda belum bisa berbicara, maka Anda bisa mulai menentukan tema yang sesuai dengan jenis kelamin si kecil.

Jika anak Anda seorang laki-laki, tokoh-tokoh kartun dan superhero yang lucu seperti mobil-mobilan Tayo, Doraemon, Shincan, Spongebob dan Superman bisa Anda gunkanan. Sebalikmya jika anak Anda seorang perempuan, Anda bisa memilih tokoh animasi yang lekat dengan anak perempuan seperti Hello Kitty, Marsha dan Frozen. Tokoh-tokoh ini  yang paling disukai anak perempuan.

Pilah Pilih Furnitur yang Child-friendly

Pilah Pilih Furnitur yang Child Friendly

Peran orang tua dalam memilih mainan yang tepat bagi anak sangat dibutuhkan. Sebagaimana Anda dan orang tua lainnya ketahui, bahwa ada banyak jenis mainan anak. Untuk itu Anda harus cermat dalam memilih mainan yang tepat. Tidak harus mewah, yang sederhanapun bisa Anda pilih asalkan memiliki asas manfaat dan dapat meningkatkan kecerdasan serta memberi dampak yang baik bagi tumbuh kembang buah hati. Anda juga bisa memilih maianna berdasarkan minta dan bakat anak Anda. Hindari mainan yang mengandung konten kekerasan, pornografi.

Jangan Letakkan Barang Elektronik



Jangan Letakkan Barang Elektronik

Bolehkah meletakkan barang elektronik di ruang bermain anak? meletakkan barang elektronik di area bermain anak terkadang menjadi solusi utama untuk mensiasati penataan ruangan yang memiliki luasan terbatas. Cara ini dinilai mampu membuat ruangan menajdi lebih lega. Namun, sebenarnya menggunakan ruang bermain anak untuk meletakan barang elektronik bukan ide yang disarankan. Selain anak lebih sibuk bermain dengan barang tersebut, hal ini juga sangat berbahaya bagi keselamatan si kecil.

Pencahayaan dan Ventilasi Udara

Pencahayaan dan Ventilasi Udara

Tak sedikit orang tua yang mengabaikan masalah pencahayaan dan ventilasi udara. Desain interior dinilai lebih penting karena dianggap sebagai tolak ukur kenyamanan. Padahal ruang bermain anak yang nyaman tidak hanya ditentukan oleh desain dan penggunaan furnitur saja, melainkan kualitas pencahayaan dan sirkulasi udaranya.

Sebaiknya hindari membuat ruang bermain anak dalam kondisi yang gelap dan lembab. Pasalnya, hal ini dapat berakibat pada masalah kesehatan anak karena lebih rentan terpapar bakteri dan jamur. Untuk mendaatkan pasokan udara dan cahaya, sediakan penerangan alami berupa jendela supaya sinar matahari bisa menerangi area tersebut.

Namun, jika Anda sudah terlanjur membuatnya tanpa jendela, Anda bisa menggunakan glass block kemudian menambahkan pendingin ruangan (AC) agar anak merasa nyaman untuk anak beraktivitas dan bermain dalam waktu yang cukup lama.

Beri Ruang Berekspresi dengan Dinding Anti Noda

Beri Ruang Berekspresi dengan Dinding Anti Noda

Umumnya, ketika melihat dinding atau tembok anak-anak cenderung akan mengekspresikan kesukaannya dengan cara mencorat-coret dinding tersbeut. Tentu perilaku ini wajar, karena begitulah cara mereka bersenang-senang. Daripada mealarang atau bahkan memarahinya mencorat-coret dinding yang berdampak pada terhambatnya kebebasan berekspresi si kecil. Lebih baik Anda memfasilitasi anak Anda dalam mengekspresikan kreativitasnya. Anda bisa memberi ruang dengan membuat dinding yang sudah dilapisi cat anti noda. dimana cat ini nantinya bisa dibersihkan. Selain noda yang menempel pada dinding nantinya bisa dibersihkan, fasilitas ini bisa membuat anak lebih aktif mengasah kreativitas.

Perbanyak Rak Penyimpanan

Perbanyak Rak Penyimpanan


Sudah barang tentu jika ruang bermain anak harus memiliki rak pemnyimpanan yang cukup. Bila tidak, hal ini tentu akan membuat ruangan menjadi berantakan. Supaya mainan tidak berserakan di penjuru rumah, tempatkanlah rak penyimpanan untuk menyimpan mainan setelah digunakan. Anda bisa memilih sesuai dengan luas ruangan dan mudah dijangkau oleh anak. Untuk menghemat tempat Anda bisa menempatkan rak tersebut menempel di dinding.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.