MUSTIKALAND.CO.ID - Anda berencana membuat kolam ikan minimalis, atau justru sudah memilikinya dirumah? Bagi pemilik rumah, memandang kawanan ikan yang berenang di kolam memang dapat melepaskan stres dan menenangkan pikiran. Nah, bagi Anda yang berencana membuat kolam ikan atau ingin merenovasinya menjadi lebih segar dengan tampilan minimalis. Berikut kami sajikan referensi desain kolam ikan yang mungkin dapat menginspirasi Anda dalam menentukan desain sesuai dengan lahan yang Anda miliki.

Kolam Ikan Minimalis Outdoor

Kolam Ikan Minimalis Outdoor

Apa jadinya kalau kolam ikan berada diatas permukaan tanah? Jika umumnya kolam ikan dibuat dengan cara menggali tanah dengan kedalaman yang diinginkan, maka tidak demikian dengan kolam ikan yang satu ini. Mengadopsi gaya layaknya akuarium, bisa dibilang kolam ikan minimalis outdoor memiliki desain yang mirip seperti bak. Dengan tambahan kaca di bagian depan atau samping (sesuai selera) sebagai dinding, Anda dapat melihat kawanan ikan dari luar tanpa harus mendekat ke kolam ikan.

Kendati bentuknya mirip bak, kolam ikan dengan desain minimalis modern seperti ini tengah naik daun dan banyak diminati penggemar ikan hias, khususnya ikan koi. Untuk bisa memiliki kolam ikan dengan wujud seperti ini Anda tidak harus menyediakan tempat yang besar. Pasalnya, dengan lahan yang terbatas atau bahkan sempit sekalipun Anda tetap bisa membuatnya. Anda hanya perlu membuatnya sedikit lebih mini.

Kolam Ikan Bergaya Jepang

Kolam Ikan Bergaya Jepang

Tidak hanya unggul di bidang teknologi, bahkan untuk urusan desain kolam ikan pun Jepang menjadi acuan. Kolam ikan bergaya Jepang menawarkan banyak kelebihan dibanding yang lain. Salah satunya meski hanya menggunakan ornamen sederhana, namun kolam ikan ala Jepang akan memberikan kesan mewah sekaligus tenang secara bersamaan.

Umumnya, kolam ikan ala Jepang ini banyak diterapkan pada hunian berkonsep minimalis modern. Terlebih jika rumah tersebut mempunyai space tanpa atap di bagian depan, tengah atau belakang rumah. Guna menambah suasana tenang ala Jepang agar semakin hidup, Anda bisa menambahkan tanaman bonsai, unsur bebatuan, pancuran atau  air terjun kecil hingga aksesoris lain seperti jembatan kayu diatas kolam tersebut.

Natural Water Garden

Natural Water Garden

Ingin menambahkan suasana alami pada kolam ikan agar terlihat lebih cozy? Anda bisa meniru desain kolam ikan minimalis yang satu ini. Desain kolam ikan yang kental dengan nuansa alam ini akan memberikan kesan seolah-olah terbentuk dengan sendirinya. Dalam menerapkan desain Natural Water Garden, Anda harus memperhatikan bentuk dan penempatannya.

Jangan sampai berbagai aksesoris yang Anda pasang justru mengurangi kesan alami pada kolam ikan tersebut. Untuk mendapatkan kesan alami, buatlah kolam senatural mungkin. Sebisa mungkin gunakan bentuk yang tidak beraturan. Tambahkan sedikit tanaman liar disekitar kolam. Tidak selalu dibelakang, Anda juga bisa menempatkan kolam ikan ini di depan atau teras rumah.

Zen Garden

Zen Garden

Model kolam ikan minimalis yang satu ini akan mendukung konsep minimalis yang ada pada rumah Anda. Tidak seperti kolam ikan pada umumnya yang cenderung membutuhkan lahan yang luas, desain kolam ikan seperti ini hanya hanya membutuhkan sedikit lahan. Dalam urusan penempatan, desain kolam ikan seperti ini bisa Anda tempatkan di bagian depan rumah atau di area yang memiliki pencahayaan alami yang baik.

Hal ini tentu saja dapat membantu menjaga ikan mendapatkan asupan cahaya yang memadai. Umumnya, rumah di kawasan perumahan memiliki masalah terkait keterbatasan lahan untuk membuat kolam ikan. Namun, itu semua bisa diatasi dengan membuatnya di lahan sisa yang ada.

Dengan tetap menyesuaikan dengan desain serta material yang digunakan, perumahan di kawasan Mustika Park Place menyediakan lahan yang Anda butuhkan. Ada beberapa tipe rumah yang ditawarkan, mulai dari tipe 22 hingga tipe 58. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Semua tipe ini menyediakan sisa lahan di bagian belakang yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kolam ikan.

Selain itu, hunian asri yang berlokasi di Jl. Burangkeng Raya, Setu - Bekasi, Kec. Setu, Jawa Barat ini juga menawarkan suasana sejuk yang bisa Anda dapatkan dari alam sekitarnya yang mewujudkan lingkungan komunitas hunian yang bersahabat & menyatu dengan alam. Lokasi perumahan juga cukup strategis, hanya berjarak 1 menit dari pintu tol Cibitung - Cimanggis.

Minimalis dalam Pot

Minimalis dalam Pot

Jangan hanya bayangkan kolam ikan harus terletak di tanah dengan luas yang cukup. Nyatanya, menjadikan kayu yang sudah dimodifikasi sebagai kolam ikan juga layak dicoba. Kolam ikan dengan desain seperti ini bisa Anda gunakan untuk mengakali lahan yang sempit atau tidak mencukupi.

Untuk menghemat tempat Anda bisa meletakkannya di sudut rumah, di bawah tangga, ruang santai atau di tempat yang tidak mengganggu kegiatan di rumah. Kayu berukuran 1 x 1 meter dipadu dengan sedikit kreativitas ini akan membuat pandangan tamu tertuju ke kolam tersebut. Selain mudah diaplikasikan, desain kolam dalam pot juga tidak membutuhkan biaya yang besar, bahkan harga bahannya cenderung murah.

Backyard Waterfall

Backyard Waterfall

Kolam ikan minimalis terbaik untuk lahan sempit berikutnya yang paling mudah ditiru adalah Backyard Waterfall. Sesuai namanya, kolam ikan dengan desain seperti ini memiliki ciri utama yaitu adanya pancuran atau air terjun mini di salah satu bagian. Bagi yang mendengarnya, bunyi gemericik air dari air terjun buatan mampu menciptakan suasana sekitar menjadi rileks dan tenang.

Ditambah dengan melihat kawanan ikan koi berenang dapat mengurangi rasa bosan dan stres. Untuk mendapatkan kesan sejuk, Anda bisa menambahkan bebatuan dan tanaman di sekeliling kolam tersebut. Jika diletakkan di bagian depan, dijamin teras rumah Anda akan terlihat lebih manis.

Kolam Ikan Gaya Rustic

Kolam Ikan Gaya Rustic

Satu lagi desain kolam ikan minimalis yang enak dipandang mata. Lupakan kolam ikan dengan bentuk standar, cobalah percantik rumah Anda dengan kolam ikan minimalis bergaya Rustic. Secara bahasa, rustic dapat diartikan sebagai desain yang memiliki konsep alami dengan material yang tidak diselesaikan atau tidak beraturan.

Tidak selalu harus di depan, kolam ikan bergaya rustic juga bisa Anda tempatkan di bagian belakang rumah Anda dengan sisa lahan mungil. Anda bisa membuatnya dengan ukuran dan bentuk dan aksen unik, seperti segi empat dan segi delapan. Sebenarnya, konsep ini sudah banyak diterapkan di banyak hunian di Indonesia, hanya saja banyak yang tidak menyadari.

Dari beberapa desain kolam ikan minimalis yang sudah kami jabarkan diatas, desain mana yang paling Anda sukai? Apapun pilihan Anda, jangan lupa untuk selalu membersihkan kolam secara rutin ya.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.