MUSTIKALAND.CO.ID - Anggapan bahwa berdiam diri di rumah saja tidak bisa menghasilkan uang kini sudah ketinggalan jaman. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, kini siapa saja bisa memulai usaha rumahan yang berpotensi menghasilkan keuntungan tinggi.


Usaha rumahan saat ini juga semakin banyak diminati karena tidak memerlukan modal besar. Terlebih sejak pandemi Covid-19 menyerang, aktivitas dan mobilitas menjadi semakin terbatas hanya di lingkungan sekitar tempat tinggal saja.


Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari ide atau referensi usaha rumahan yang lagi trend, berikut ini sudah kami rangkum beberapa contoh bisnis yang bisa coba dijalankan. 

Peluang Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Ada banyak peluang usaha rumahan yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Berikut ini merupakan beberapa contoh usaha rumahan yang sedang naik daun atau trending di masyarakat.

1. Budidaya Ikan Hias

Budidaya ikan hias merupakan peluang usaha rumahan yang sedang populer di masa pandemi. Pasalnya, semakin banyak orang yang bosan menjalani karantina kemudian mengalihkan fokus pikiran ke hal-hal menyenangkan, contohnya seperti memelihara ikan cupang. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan pun tidak bisa diremehkan, karena ikan cupang ukuran dewasa bisa dihargai hingga ratusan ribu rupiah per ekornya. Sangat menarik, bukan?

2. Memulai Usaha Thrift Shop

Beberapa tahun terakhir mungkin Anda sering mendengar istilah thrifting, thrift, atau thrift shop di sosial media. Istilah tersebut populer digunakan oleh anak muda untuk menyebut aktivitas yang berkaitan dengan jual-beli barang bekas dengan kondisi yang masih terlihat seperti baru. 


Bisnis thrift shop sendiri berarti Anda membuka sebuah “toko” yang menjual berbagai barang Thrift. Menariknya, usaha rumahan yang tidak memerlukan modal besar ini bisa dilakukan secara offline maupun online dengan potensi keuntungan yang cukup besar.


Satu tips jika Anda ingin menekuni bisnis Thrifting, yakni usahakan untuk mengenal target pasar serta menguasai keunggulan produk yang Anda jual. Kejelian melihat peluang menjadi kunci utama dalam bisnis thrift shop sehingga tidak cepat kalah pamor dengan kompetitor.

3. Isi Pulsa, PPOB dan Top Up Game

Di era serba digital seperti sekarang kebutuhan pulsa dan paket internet juga semakin meningkat. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk menyediakan jasa isi pulsa, paket data, atau bahkan layanan top up game yang menjadi kegemaran anak jaman sekarang.


Bisnis top up pulsa dan tagihan digital ini juga tidak memerlukan modal besar. Anda bisa memulai dari rumah atau kontrakan, tidak harus sewa ruko layaknya bisnis offline pada umumnya. Nah, agar bisnis tetap bisa berjalan usahakan untuk menghindari adanya kas bon atau utang dari pelanggan, karena hal ini  bisa mengganggu perputaran modal.


Baca Juga: 8 Ide Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil di Masa Pandemi

4. Usaha Coffee Shop

Usaha coffee shop dan minuman kekinian belakangan semakin populer di tengah masyarakat. Terlebih dengan adanya layanan ojek online yang memungkinkan bagi konsumen untuk memesan secara online. Agar menghemat biaya sewa tempat, Anda bisa mulai menjalankan bisnis coffee shop dari rumah, dengan memprioritaskan konsumen yang melakukan order take away atau lewat aplikasi online.

5. Usaha Hidroponik

Mengutip dari laman petani digital, istilah hidroponik awalnya berasal dari bahasa Yunani yang artinya adalah budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah. Berbeda dari cara menanam pada umumnya, metode ini memanfaatkan bantuan air sebagai media penyalur nutrisi.


Budidaya tanaman dengan teknik hidroponik juga bisa menjadi usaha rumahan yang menjanjikan. Pasalnya, dengan modal tidak terlalu besar Anda bisa menghasilkan berbagai macam sayuran segar dengan nilai ekonomi tinggi.

6. Membuka Pertamini

Salah satu peluang usaha rumahan di desa yang sangat menjanjikan adalah membuka pangkalan pom bensin mini atau populer disebut sebagai pertamini. Menurut laporan berita DIY, selain izin kerjasama dengan pertamina, modal yang diperlukan untuk membangun Pertamini juga tidak terlalu besar, yakni hanya berkisar antara Rp7 juta - Rp8 juta saja.

Usaha Rumahan yang Bisa Dilakukan Secara Online

Siapa sih yang tidak mau mendapatkan penghasilan hanya dengan berdiam diri di rumah? Nah, di era digital seperti sekarang harapan tersebut bisa diwujudkan dengan cara menjalankan usaha rumahan secara online. Lantas, apa saja bisnis rumahan yang bisa dikerjakan secara online? Ini dia contohnya:

  • Jasa Pembuatan Website

Jasa pembuatan website merupakan salah satu bisnis yang saat ini sedang banyak dibutuhkan. Pasalnya, agar usaha semakin dikenal penting bagi pengusaha untuk memiliki website perusahaan. 


Bisnis jasa pembuatan website sendiri bisa dimulai dari rumah atau bahkan kos-kosan. Namun, pastikan Anda sudah memiliki skill dan pengetahuan yang cukup ya, karena teknologi pembuatan website selalu berkembang mengikuti perkembangan jaman.

  • Dropshipper

Dropship adalah proses jual beli online dimana Anda hanya perlu menjalankan aktivitas pemasaran, tanpa perlu pusing mengurusi pengadaan maupun pengiriman barang ke konsumen.


Cara kerjanya sangat simpel, yakni Anda hanya perlu mendaftar ke toko atau perusahaan yang menerima dropshipper kemudian setelah itu bisa langsung mulai berjualan. Tugas utama seorang dropshipper adalah mencari pelanggan, bisa melalui sosial media, website atau bahkan marketplace. Nah, setelah ada orderan masuk, Anda tinggal menerima pembayaran dan meneruskan order tersebut ke penjual produk terkait.


Pekerjaan sebagai dropshipper cocok ditekuni oleh semua kalangan, mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa, atau bahkan pekerja kantoran. Hasilnya pun lumayan jika ditekuni secara serius, karena Anda bisa mengatur selisih harga beli dan harga jual sesuai keinginan.

  • Jasa Penulis Artikel

Anda punya hobi atau keahlian menulis? Coba manfaatkan skill tersebut untuk menambah pundi-pundi uang dari jasa penulisan artikel. Saat ini jasa penulis artikel sedang naik daun seiring dengan kebutuhan brand untuk meningkatkan pengunjung dari mesin pencari seperti Google.


Cara memulai bisnis penulisan artikel pun cukup gampang, yakni Anda tinggal menyiapkan komputer sebagai alat tempur, koneksi internet, serta portfolio artikel yang pernah dikerjakan sebelumnya. 

  • Bisnis Reseller Produk Fashion

Bisnis reseller hampir mirip seperti dropshipper, hanya saja Anda harus menyiapkan modal untuk membeli stok barang. Reseller yang paling umum ditemukan adalah produk fashion, seperti daster, hijab, pakaian anak-anak, gamis, dll. Menjalankan bisnis reseller produk fashion sangat direkomendasikan karena tidak mudah rusak dan bisa dipasarkan secara online maupun offline.

  • Jasa Desain Grafis Undangan Digital

Usaha rumahan berikutnya yang bisa Anda coba adalah jasa desain undangan digital. Trend penggunaan undangan digital sendiri belakangan mulai ramai karena lebih menarik dan bisa dikirimkan secara digital. Anda bisa menawarkan jasa desain undangan pernikahan, desain logo, atau banner yang biasa digunakan untuk promo produk di media sosial.


Baca Juga: 7 Cara Memulai Bisnis Properti Perumahan, Intip Yuk

Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Memulai usaha bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk oleh ibu rumah tangga. Apakah Anda merupakan salah satu ibu rumah tangga yang ingin mempunyai penghasilan tambahan? Jika iya, daftar rekomendasi usaha rumahan berikut ini layak untuk dicoba.

  • Jualan Sembako

Usaha toko kelontong merupakan salah satu bisnis rumahan dengan potensi yang cukup besar karena produknya bisa laku setiap hari. Untuk menghemat modal, Anda bisa memanfaatkan bagian teras rumah atau menyulap garasi yang tidak terpakai menjadi kios kecil.


Bisnis yang bisa dijalankan secara fleksibel tersebut juga bisa dilakukan sembari mengerjakan pekerjaan rumah. Hanya saja pastikan untuk memasang bel sehingga bisa segera tahu jika ada calon pembeli yang datang.

  • Jasa Jahit Pakaian

Menjahit adalah salah satu skill umum yang dikuasai oleh sebagian besar ibu rumah tangga. Jika Anda juga memiliki keahlian tersebut maka tidak ada salahnya untuk mencoba menjadikannya sebagai sumber penghasilan tambahan.


Anda bisa menerima order jahit pakaian dari tetangga sekitar yang memang tidak bisa menjahit atau tidak sempat melakukannya. Berdasarkan pengamatan, jasa jahit pakaian sendiri biasanya selalu dicari orang karena ukuran baju yang dibeli terkadang kurang pas di badan.

  • Usaha Katering / Warung Makan

Usaha rumahan ini cocok bagi ibu rumah tangga yang gemar memasak. Anda bisa menawarkan layanan katering paket harian kepada para pekerja atau mahasiswa yang memang tidak sempat untuk memasak. Selain itu, Anda juga bisa menjual makanan ringan atau camilan yang bisa dipasarkan secara online.

  • Membuka Jasa Laundry Kiloan

Hampir sama seperti usaha katering harian, jasa laundry memiliki target pasar dari kalangan mahasiswa dan karyawan. Anda bisa memanfaatkan mesin cuci di rumah sebagai modal awal usaha laundry kiloan. Adapun beberapa contoh service yang bisa ditawarkan meliputi, jasa cuci setrika, cuci sprei, cuci kering, dan sebagainya.


Itulah beberapa contoh usaha rumahan yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Ada banyak pilihan usaha rumahan yang bisa Anda coba, baik sebagai bisnis sampingan atau usaha tetap. Nah, dari berbagai rekomendasi di atas, kira-kira usaha apa yang ingin Anda coba jalankan? Apapun pilihannya, pastikan bahwa Anda benar-benar sudah yakin untuk menjalaninya ya. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].