MUSTIKALAND.CO.ID - Garasi adalah bagian dari rumah yang berfungsi sebagai ruangan khusus untuk menyimpan kendaraan pribadi. Terkadang garasi juga digunakan untuk menyimpan perkakas dan suku cadang jika pemilik rumah menyukai kegiatan otomotif. Keberadaan garasi sangatlah penting. Selain untuk melindungi kendaraan pribadi dari panas dan hujan, juga melindunginya dari kemungkinan terjadinya tindak kriminal. Garasi tak harus ada di dalam rumah mewah, rumah dengan type 36 dan rumah minimalis juga bisa memiliki garasi.


Di luar negeri, garasi seringkali digunakan untuk berbagai acara, seperti pesta kebun, garage sale, dll. Untuk berbagai kebutuhan, garasi dibangun dengan salah satunya mempertimbangkan luas areanya. Di Indonesia sendiri, luas garasi biasanya tidak seluas di luar negeri. Jika kamu tertarik, berikut kami rekomendasikan 11 desain garasi rumah type 36 nan minimalis yang hemat tempat dan biaya, namun tetap kece dan anti-mainstream. Siapa tahu bisa jadi inspirasi buat kamu.


Desain Garasi Minimalis Terbuka Beratap Kanopi


Garasi bisa dibangun dalam bentuk terbuka. Di Indonesia, jenis garasi seperti ini sangat sering kita jumpai. Terlebih pada rumah type 36 dan rumah minimalis. Biasanya garasi dibangun di depan atau samping rumah dan menyender ke dinding, sehingga tidak terlalu memakan banyak tempat. Jenis garasi seperti ini cocok digunakan untuk menyimpan mobil. Kamu hanya perlu membangun tiang dinding dan memasang atap atau kanopi diatasnya.


Namun sebagai catatan. Jika kamu tertarik dengan desain garasi terbuka, kami sarankan dua poin penting berikut ini sudah terpenuhi, ya. Pertama, pastikan area rumahmu dikelilingi dinding atau pagar untuk meningkatkan keamanan. Kedua, kamu wajib memiliki sarung penutup mobil (body cover) untuk menghindari mobil terkena cahaya matahari maupun air hujan secara langsung.

Desain Garasi FarmHouse Ala Eropa


Jenis garasi FarmHouse sifatnya sangat tertutup. Ciri khasnya adalah pada pintu garasinya yang menggunakan bahan kayu yang kokoh. Biasanya kayu yang digunakan berwarna cokelat gelap. Bentuk pintunya sendiri sangat tinggi dan dipasang kaca di bagian atas sebagai jalur masuk cahaya. Seperti namanya, tampilan garasi ini akan mengingatkan kita pada gaya vintage rumah-rumah Eropa.


Desain Carport Box


Desain garasi ini sangat sederhana. Seperti namanya, Carport Box berbentuk kotak dan sangat rapat. Dindingnya sangat kokoh, begitu juga dengan pintunya. Jenis garasi ini tidak memiliki atap dan terkadang dibangun secara terpisah dari bangunan rumah. Bentuknya cukup sederhana, namun hal inilah yang membuatnya terkesan simpel dan elegan.


Desain Garasi Pergola


Dari tampilannya, desain garasi pergola mirip seperti desain garasi terbuka beratap kanopi. Fungsinya saja yang membedakan keduanya. Model garasi seperti ini mudah kita temukan di rumah dengan type 36. Letak garasi terbuka beratap kanopi biasanya dibangun sebagai usaha untuk efisiensi biaya dan tempat. Sedangkan garasi pergola lebih fokus untuk meningkatkan mobilitas pemiliknya. Garasi pergola dirancang sedemikian rupa sehingga terdapat jalur kendaraan yang mengelilingi rumah dan terhubung langsung ke pagar utama. Jadi mobil tidak perlu memutar saat masuk atau keluar area rumah.


Desain Garasi Pagar Besi


Ini merupakan salah satu jenis garasi terbuka. Namun untuk keamanannya sangat terjamin, karena dikelilingi dengan atap dan pagar besi yang kokoh serta anti maling. Terkadang pagarnya juga menjadi satu dengan pagar rumah sehingga bermanfaat ganda.


Desain Garasi Ganda


Jika kamu memiliki lebih dari satu kendaraan, mungkin kamu perlu mempertimbangkan garasi ganda. Garasi ganda umumnya dapat menampung 2 mobil atau lebih. Terbilang cukup luas dan bisa digunakan untuk memarkir mobil dan beberapa sepeda motor. Kamu juga bisa mendesain salah satunya menjadi tertutup, jika ingin mengalihfungsikannya sebagai ruang untuk menyimpan perkakas dan sebagainya. Sayangnya, garasi jenis ini cukup memakan banyak tempat. Untuk rumah dengan type 36, jikai tetap menginginkan garasi seperti ini, kamu bisa mengakalinya dengan mengorbankan slaah satu tempat seperti kamar depan untuk dijadikan garasi.


Desain Garasi Elegan Terbuka


Mau tampilan yang lebih elegan dan estetik? Mungkin jenis garasi ini cocok buat kamu! Garasi ini terdiri dari atap dan pilar berbahan kayu dengan kualitas tinggi. Dengan dipasang lampu pijar di bagian atasnya, garasimu jadi terlihat elegan. Pasalnya temaram lampu pijar yang menerangi warna coklat tua dari kayu menghasilkan kombinasi cantik yang sulit membuat orang tidak terpana.


Desain Garasi Berpanel Surya


Garasi ini sangat cocok bagi kamu dengan dana lebih. Pasalnya bagian atas dari garasi ini tidak menggunakan kanopi biasa, melainkan panel surya. Panel surya sendiri berfungsi untuk menyimpan sinar matahari, yang nantinya dapat digunakan untuk pasokan listrik pribadi. Walau menyerap cahaya matahari, panel surya tidak akan menghantarkan panas ke mobil kamu. Garasi pun jadi punya multi-manfaat!






Desain Garasi Basement


Garasi yang berada di basement lebih sering kita temui di bangunan-bangunan, seperti mall, hotel, apartemen, dan tempat-tempat umum lainnya. Namun bagaimana jika konsep ini diterapkan di rumahmu? Konsep garasi rumah minimalis ini sudah mulai digunakan di rumah-rumah kekinian, terutama bagi yang area rumahnya tidak terlalu luas. Selain hemat tempat, kendaraan juga lebih aman dari serangan cuaca.

Desain Garasi Bertirai


Sangat simpel! Garasi ini sifatnya terbuka. Tapi kamu bisa membuatnya menjadi semi-tertutup dengan memasang tirai di sekeliling garasi. Dari atas, mobilmu akan terlindung dari cahaya matahari langsung karena dipasangi kanopi. Sedangkan dari depan, samping, dan belakang, akan dilindungi oleh tirai.


Desain Garasi Portabel


Garasi yang satu ini jadi yang paling unik. Kamu tidak membutuhkan material bangunan apapun untuk memiliki sebuah garasi. Bahkan garasimu juga bisa dipindah-pindah. Namun penggunaan garasi portabel masih sangat jarang di Indonesia. 


Bagaimana, tertarik untuk mengaplikasikan desain pagar rumah minimalis diatas? Sebelum mengeksekusi ada baiknya pilih dan pilah kemudian sesuaikan dengan kondisi dan budget yang kamu miliki.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perumahan Mustika Land silahkan hubungi kami:
Mustika Care
: 0812-8006-5200 (WhatsApp)