MUSTIKALAND.CO.ID - Ketika sudah mempunyai rumah sendiri, Anda memiliki kebebasan dalam merancang tata ruang hunian. Dapat menata seisi rumah sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Apalagi jika memiliki rumah bergaya minimalis. Anda harus pintar-pintar mengakali supaya penggunaan setiap ruangan yang berukuran kecil, jadi lebih efisien. Termasuk dalam mendesain tempat cuci baju. Berikut beberapa inspirasi desain tempat cuci baju yang cocok untuk rumah minimalis Anda.

1.      Mesin Cuci yang Berada di Dalam Lemari

Apabila rumah Anda terhitung kecil dan seluruh ruangan sudah penuh terpakai, sehingga bingung meletakkan mesin cuci di mana. Anda bisa mengikuti cara ini, yaitu dengan memanfaatkan ruang kosong pada lemari sebagai tempat cuci baju minimalis.

Kadang kala keberadaan mesin cuci cukup membuat rumah terlihat berantakan, karena adanya tumpukan baju di sekitarnya. Anda bisa mengakalinya dengan memasukkan mesin cuci ke dalam lemari yang tak terpakai.  

2.      Ruangan Cuci Baju dengan Konsep Hitam-Putih

Kalau Anda menyukai desain yang simple dan tidak terlalu berwarna-warni, coba untuk mendesain ruang cuci baju dengan konsep monokrom atau hitam-putih. Meskipun warnanya sederhana, tetapi tidak mengurangi nilai estetika ruang binatu Anda.

Supaya tak jadi membosankan, Anda juga bisa menghiasnya ruang cuci baju dengan pernak-pernik tambahan. Seperti vas bunga, lukisan, ukiran kayu, lampu meja, atau bahkan tanaman. Namun jangan terlalu banyak agar ruang cuci baju tidak jadi semakin sempit.

Baca Juga: 5 Ide Kreatif Hiasan Dinding Yang Dapat Anda Pilih untuk Rumah Anda

3.      Meletakkan Mesin Cuci di Toilet

Jika rumah Anda tidak memiliki banyak ruang kosong atau malah tidak ada space sama sekali, mau tidak mau harus menggabungkan ruang cuci baju dengan ruangan lain. Sewaktu meletakkan mesin cuci di suatu ruangan, harus mempertimbangkan dua hal penting, yaitu saluran air dan aliran listrik.

Ide meletakkan mesin cuci di toilet bisa Anda pertimbangkan. Toilet pastilah memiliki saluran pembuangan air yang baik. Dengan meletakkan mesin cuci di dalam toilet sekaligus, Anda tidak perlu repot-repot membongkar rumah untuk membuat saluran air lagi.

4.      Memanfaatkan Dapur sebagai Tempat Cuci Baju

Hampir sama dengan sebelumnya. Apabila hunian Anda tergolong kecil dan tidak ada ruangan yang bisa digunakan lagi. Anda bisa mendesain tempat cuci baju sederhana di dapur.

Dapur jelas memiliki saluran air, sehingga memanfaatkan dapur sebagai tempat cuci baju juga menjadi pilihan yang baik. Anda lebih hemat waktu dan uang karena tidak perlu melakukan galian lagi untuk membuat saluran pembuangan air.

5.      Menggunakan Teras Samping Rumah

Kadang kala, teras samping rumah sengaja dibiarkan kosong. Daripada membiarkannya kosong, lebih baik teras samping rumah dimanfaatkan sebagai tempat cuci baju terbuka. Peletakan mesin cuci di bagian luar rumah, akan mempermudah aliran pembuangan airnya. Anda tidak perlu membuat saluran air baru karena bisa langsung dibuang ke luar.

Namun, teras samping rumah merupakan ruangan terbuka, sehingga berisiko terkena hujan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membuat semacam dinding penghalang agar bisa melindungi mesin cuci dari tampias air hujan.

Baca Juga: 11 Desain Keren Partisi Minimalis, Buat Ruangan Jadi Lebih Manis!

6.      Ruangan Cuci Baju yang Serba Putih

Desain tempat cuci baju yang serba putih juga bisa menjadi opsi bagi Anda yang suka dengan desain sederhana tetapi cerah. Warna putih yang memenuhi seluruh ruangan, dapat memberikan ruangan mungil Anda jadi terlihat lebih lega dan luas. Jangan lupa untuk memasang ornamen atau furnitur sebagai tambahan, agar ruangan cuci baju jadi lebih berwarna.

7.      Membuat Ruangan Khusus

Coba untuk membuat ruangan khusus jika Anda masih punya ruangan kosong yang tak terpakai di rumah. Tentukan layout yang tepat agar mesin cuci Anda terlindung dari terik matahari dan cipratan air hujan. Selain itu, Anda juga bisa sekaligus memasang tiang-tiang untuk menjemur pakaian. Supaya Anda bisa langsung menjemur pakaian tepat setelah dicuci oleh mesin cuci.

8.      Menjadikan Taman sebagai Tempat Cuci Baju

Seumpama Anda suka dengan konsep ruang outdoor, menjadikan taman belakang rumah sebagai tempat cuci baju terbuka bisa menjadi pilihan yang bagus. Suasana yang rindang dari taman, bisa membuat tempat pencucian baju Anda lebih asri dan adem.

Baca Juga: 11 Desain Taman Rumah Sederhana & Cantik yang Cocok untuk Lahan Sempit

9.      Memakai Rooftop untuk Mencuci Baju

Rooftop dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai tempat cuci baju terbuka. Anda jadi tidak perlu repot-repot mengangkat cucian ke tempat jemuran, karena bisa menggunakan rooftop sebagai tempat menjemur pakaian. Terkena sinar matahari secara langsung dapat membuat jemuran jadi cepat kering. Tetapi, Anda harus melindungi mesin cuci agar tidak terkena hujan dan sinar matahari yang lama-kelamaan bisa merusak mesin.

10.  Mengalihfungsikan Gudang

Selain untuk menyimpan barang-barang yang tak terpakai, Anda bisa mengalihfungsikan gudang sebagai ruang laundry juga. Tidak hanya berguna untuk ruang cuci baju saja, tetapi Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menyimpan alat-alat kebersihan lainnya. Contohnya vacuum cleaner, tongkat pel, sapu, dan sebagainya.

Semoga sepuluh inspirasi tempat cuci baju minimalis di atas bisa membantu Anda dalam merancang desain tempat cuci baju di rumah. Apabila Anda ingin memiliki hunian yang dapat menyediakan space untuk ruang cuci baju, Mustika Village Sukamulya adalah jawaban dari keinginan Anda. Seluruh tipe rumah yang ditawarkan memiliki petak kosong, sehingga Anda dapat memanfaatkannya sebagai ruang binatu yang bisa dirancang sesuka hati.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.