MUSTIKALAND.CO.ID - Setahun belakangan berkebun menjadi aktivitas yang populer. Berkebun merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan terbukti memberikan dampak positif. Selain menyehatkan tubuh, berkebun juga sangat baik untuk kesehatan mental.  Banyak yang ingin berkebun di rumah, tetapi terkendala karena tidak memiliki lahan luas. Kini banyak jenis tanaman sayur yang bisa ditanam di lahan sempit. Apa saja tanaman sayur yang mudah ditanam di rumah? Bagaimana cara menanamnya? Simak baik-baik ulasan artikel berikut.

1.  Cabai Rawit

Tanaman sayur cabai rawit bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berkebun di lahan yang sempit. Cara menanamnya juga terbilang mudah dikarenakan cabai rawit merupakan tanaman yang mudah ditanam di polybag.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menanamnya adalah menyiapkan pot berbahan keramik, plastik, ataupun polybag yang terdapat lubang di bagian dasarnya. Lubang itu berguna untuk mengalirkan air.

Walaupun cabai rawit dapat tumbuh di dalam pot berukuran kecil, tetapi hasilnya tidak bisa maksimal. Oleh karena itu, setidaknya menggunakan pot dengan ukuran minimal lima liter.

Setelah menyiapkan pot, Anda tinggal memasukkan tanah humus ke dalam pot. Untuk permulaan, Anda hanya perlu mengisi tanah sebanyak setengah pot.

Kemudian masukkan benih cabai rawit, lalu timbun lagi dengan tanah humus. Jangan lupa untuk menyiram sebanyak tiga kali dalam sehari. Saat musim kemarau, tanaman cabai rawit harus disiram setiap hari.

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

2.  Sawi

Tanaman sayuran adalah tanaman yang bisa dikonsumsi manusia sebagai pelengkap makanan pokok. Sawi menjadi salah satu tanaman sayur yang bisa ditanam di lahan sempit. Selain cara menanamnya yang mudah, sawi juga merupakan tanaman sayur yang cepat tumbuh.

Anda tidak perlu menyiapkan pot keramik ataupun plastik, sawi bisa tumbuh dengan baik di dalam polybag. Pertama-tama, Anda harus memasukkan tanah humus ke dalam polybag. Kemudian, masukkan benih sawi dengan kedalaman setengah inci, lalu timbun lagi dengan tanah humus.

Namun, ada hal penting yang harus Anda perhatikan saat menanam sawi. Letakkan pot-pot tanaman sawi ke tempat yang terkena cahaya matahari apabila lingkungan rumah bersuhu rendah.

Tetapi jika lingkungan rumah bersuhu tinggi, tanaman sawi harus berada di tempat yang rindang. Pastikan rajin menyiram sawi secara teratur agar kelembaban tanah terjaga.

3.  Bayam

Salah satu tanaman sayur yang mudah ditanam di rumah adalah bayam. Cara menanamnya yang cenderung mudah, sangat cocok untuk Anda yang masih pemula dalam melakukan kegiatan berkebun.

Ada beberapa alat yang perlu Anda persiapkan, yaitu tanah humus, pot atau polybag, benih bayam, dan air.

Setelah semua alatnya sudah siap, Anda sudah bisa mulai menanam bayam. Dalam satu pot kecil, Anda hanya bisa menanam satu benih bayam saja. Supaya nanti ketika sudah tumbuh, bayam tidak akan tumbuh bergerombol yang nantinya jadi sulit dipisahkan.

Supaya bayam bisa tumbuh dengan baik, selalu usahakan untuk menjaga kelembaban tanah. Jadi Anda perlu menyiram bayam secara rutin.

4.  Daun Bawang

Ingin mencoba berkebun namun khawatir tidak berhasil karena masih awam dalam dunia tanam-menanam? Daun bawang bisa menjadi opsi tanaman sayur untuk pemula. Kelebihan tanaman sayur ini tidak membutuhkan media tanam yang besar, sehingga sangat cocok ditanam di lahan sempit. Selain itu, cara penanaman daun bawang juga tergolong tidak repot dan cepat tumbuh.

Anda bisa menanamnya di polybag atau di pot berukuran kecil. Ada dua metode penanaman yang bisa Anda pilih. Pertama, dengan metode generative yaitu menanam dari benihnya. Kedua, bisa menggunakan metode vegetatif dengan menancapkan daun bawang yang sudah tumbuh ke tanah. Satu pot kecil bisa menampung dua daun bawang.  

Daun bawang juga menjadi tanaman sayur tahan panas dan hujan. Dikarenakan daun bawang akan tumbuh baik pada rentang suhu 19°-24° selsius, tetapi juga dapat bertahan di suhu panas seperti daerah perkotaan.

Meski tidak repot dalam menanamnya karena daun bawang tidak memerlukan kadar tinggi, tetapi Anda harus teratur menyiramnya. Cukup dua hari sekali atau satu hari sekali.

5.  Selada

Selada juga menjadi contoh tanaman sayuran daun yang bisa dibudidayakan di pekarangan rumah yang sempit. Langkah pertama, Anda perlu menyiapkan alat-alat yang diperlukan, termasuk memilih bibit selada yang baik.

Selanjutnya media tanam selada harus menggunakan campuran beberapa bahan seperti padi, pupuk, tanah gembur, dan sekam. Lalu, tanamkan bibit selada ke dalam media tanam yang telah tercampur tadi.

Setelah bibit sudah mulai tumbuh, Anda harus memindahkannya ke media tanam yang lebih besar. Terdiri dari tanah gembur yang sudah dibiarkan selama dua hari. Apabila seluruh rangkaian sudah terlaksana, Anda hanya perlu menjaga kelembaban tanah agar selada tumbuh baik.

Baca Juga: 6 Jenis Tanaman Hias Hidroponik yang Wajib Ada di Rumah Anda

6.  Kangkung

Banyak masakan Indonesia yang menyajikan sayuran kangkung sebagai bahan utama. Oleh karena banyaknya permintaan, banyak masyarakat yang melakukan pembudidayaan kangkung termasuk di rumah.

Kangkung terhitung sebagai tanaman sayur yang mudah ditanam di rumah. Masukkanlah tanah humus di polybag atau pot sebagai media tanam. Lalu buatlah lubang sedalam lima sentimeter dan letakkan satu sampai lima benih kangkung di dalam lubang yang telah Anda buat.

Setelah itu, kangkung hanya perlu penyiraman secara rutin sebanyak dua kali sehari, pada pagi dan sore. Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu kangkung tumbuh hingga siap panen.

Itulah keenam tanaman sayur yang bisa ditanam di rumah. Apabila Anda ingin memiliki rumah model minimalis yang memiliki lahan kecil untuk berkebun, Mustika Village Sukamulya mampu menjawab keinginan Anda. Kluster yang berlokasi di Karawang ini menawarkan berbagai tipe rumah. Mulai dari tipe Ueno, tipe Shibuya, tipe Ginza, hingga tipe Ginza Premium terdapat sepetak tanah yang bisa Anda manfaatkan untuk berkebun.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.