MUSTIKALAND.CO.ID - Selain berkebun, selama masa pandemi banyak orang jadi punya hobi memelihara ikan hias. Bagi sebagian orang memang ada rasa kepuasan sendiri saat melihat keindahan ikan hias di dalam sebuah aquarium.

Berkat adanya animo masyarakat yang besar untuk memelihara ikan hias, sekarang banyak yang mulai budidaya ikan hias air tawar maupun ikan hias air laut. Tak jarang harga ikan hias di pasaran sampai melambung tinggi karena banyaknya permintaan.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang ikan hias atau tertarik memeliharanya, artikel ini akan membantu Anda. Dalam artikel ini yang akan dibahas jenis-jenis ikan hias yang umum dipelihara di aquarium, manfaat memelihara ikan hias, dan juga cara merawat hias yang benar bagi pemula. Simak ulasan artikel ini sampai selesai.

Jenis-Jenis Ikan Hias yang Bisa Dipelihara di Dalam Aquarium

Ikan hias adalah jenis ikan yang bukan menjadi konsumsi manusia, melainkan ikan yang berguna untuk menghias rumah. Warna-warna ikan hias memang elok dan menarik mata, wajar saja banyak orang yang terpikat, sehingga orang-orang memelihara dan menjadikan ikan hias sebagai dekorasi pelengkap rumah 

Ada banyak sekali ikan hias yang beredar di pasaran. Lalu apa saja jenis ikan hias yang umum menjadi peliharaan dalam aquarium? Berikut adalah daftarnya.

1.      Ikan Cupang

ikan cupang

Siapa yang tidak tahu ikan cupang. Ikan hias air tawar satu ini menjadi favorit banyak orang karena warnanya yang sangat cantik dan memikat mata. Saking banyak permintaan ikan cupang, sekarang banyak yang membudidayakannya.

Harganya sangat variatif, mulai dari harga terjangkau sampai harga jutaan rupiah. Namun, karakternya yang agresif membuat Anda harus berhati-hati jika ingin memeliharanya.

2.      Ikan Guppy

ikan guppy

Ikan guppy atau yang memiliki julukan lain sebagai ikan cere, adalah ikan hias air tawar yang kerap menjadi peliharaan dalam aquarium. Ikan guppy termasuk ikan hias murah, karena ikan ini hidup bebas di sungai-sungai. Cara perawatannya juga terbilang mudah sehingga cocok untuk pemula.

3.      Ikan Mas

ikan katri

Ikan mas, ikan hias air tawar yang juga berjuluk ikan karper ini bukanlah ikan hias asli nusantara. Melainkan ikan hias yang berasal dari Jepang, Taiwan, dan Eropa. Ikan mas adalah ikan hias paling populer dan harganya lumayan tinggi.

4.      Ikan Giru

ikan giru clown fish

Ikan giru yang lebih terkenal dengan sebutan ikan badut ini sangat populer. Identik dengan warna oranye, hitam, dan putih yang mencolok, membuat keindahan ikan giru sangat tersohor. Ikan hias ini termasuk ikan hias yang hidup di air asin. Harga ikan giru cukup bervariatif namun masih ramah di kantong, mulai dari Rp10.000 hingga Rp900.000.

5.      Ikan Zebra

zebrafish

Sesuai namanya, ikan air tawar ini memiliki pola hitam-putih seperti zebra. Ikan zebra terhitung sangat lincah dan gerakannya cepat. Di samping itu, ikan zebra juga cocok menjadi peliharaan bagi Anda yang masih pemula dikarenakan cara perawatannya terbilang mudah.


Baca Juga: 8 Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis untuk Rumah Mungil

Manfaat Memelihara Ikan Hias Bagi Kesehatan

Orang-orang kebanyakan memelihara ikan hias guna untuk memperindah rumah semata. Namun lebih dari itu, ternyata memelihara ikan hias juga memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Apa saja manfaatnya?

1.      Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Mendapat tidur nyenyak di malam hari adalah kunci hidup sehat dan berumur panjang. Sebab, tidur adalah waktu ketika manusia mengisi energi dan memberikan waktu pada otak untuk memulihkan memori.

Para ahli menyarankan bagi orang yang kesulitan tidur di malam hari untuk memelihara ikan hias. Dengan mengamati ikan hias sebelum tidur, dapat menenangkan tubuh dan pikiran sehingga bisa mendatangkan kantuk lebih mudah. Selain itu suara riak air dalam aquarium juga memberikan efek tenang. Kualitas tidur pun jadi lebih baik.

2.      Mengurangi Stres

Memelihara ikan hias juga bisa mengurangi stres. Kumpulan ikan hias yang berenang di sekeliling aquarium bisa memberikan efek tenang pada siapa saja yang melihatnya. Itulah alasan mengapa banyak perkantoran atau rumah sakit memiliki aquarium berisi ikan hias. Sangat penting untuk menjaga kesehatan dengan mengurangi tekanan dan beban pikiran.

Baca Juga: 11 Desain Taman Kering Indoor yang Bisa Lepaskan Stress

3.      Menurunkan Tekanan Darah

Sewaktu tubuh mendapatkan istirahat yang cukup dan tidak tertekan, organ-organ dalam tubuh akan bekerja dengan baik terutama organ jantung.

Menurut sebuah penelitian yang diadakan oleh Universitas Plymouth dan Universitas Exeter, saat mengamati aquarium penuh ikan hias, denyut jantung dan tekanan darah jadi lebih normal. Jadi, peliharalah ikan hias bila Anda memiliki masalah tekanan darah tinggi atau penyakit jantung.

4.      Kecemasan Berkurang

Keindahan ikan hias bisa menghipnotis siapapun yang melihatnya. Berdampak baik pada kesehatan mental karena bisa menurunkan tekanan darah, menenangkan, dan meredakan stres. Maka, kecemasan pun berkurang.

5.      Fokus dan Kreativitas Bertambah

Menaruh aquarium ikan hias di kantor ternyata memiliki efek yang bagus. Selain meredakan stres, ternyata juga dapat meningkatkan fokus dan kreativitas. Ketika mata melihat kecantikan ikan hias, otak akan mendapatkan stimulasi visual sehingga lebih fokus dan produktif.

Cara Memelihara Ikan Hias yang Benar Bagi Pemula

Kalau Anda berniat memelihara ikan hias tapi masih pemula, ikutilah cara memelihara ikan hias di bawah ini supaya ikan hias yang Anda pelihara bisa tumbuh baik dan tak mudah mati.

1.      Memperhatikan Kebersihan Aquarium dan Kesehatan Ikan

Jangan biarkan ikan stres, apalagi ketika masih perlu menyesuaikan di lingkungan baru setelah Anda membelinya di toko. Supaya ikan tidak stres, hiasi aquarium Anda dengan berbagai pelengkap yang mirip dengan habitatnya, seperti batu karang, rumput laut, dan sebagainya.

Selanjutnya, jangan lupa selalu bersihkan aquarium supaya jamur dan bakteri tidak tumbuh yang bisa membuat ikan hias Anda sakit atau bahkan mati.

Baca Juga: 11 Desain Kolam Ikan Depan Rumah yang Nyegarin Mata Banget

2.      Gantilah Air Secara Rutin

Pastikan Anda tidak pernah lupa mengganti air aquarium dengan rutin dan jangan biarkan air aquarium sampai keruh. Ganti setiap tiga sampai lima hari, atau paling tidak satu minggu sekali.

3.      Memilih Pakan Bernutrisi

Banyak sekali variasi pakan ikan di pasaran. Namun umumnya pakan terbagi jadi dua jenis, yakni organik dan olahan. Bila ikan mendapat pakan organik ikan aquarium tidak akan cepat keruh. Sebaliknya, jika mendapat pakan olahan air akan lebih cepat keruh.

4.      Pasang Aerator

Hal penting yang tak boleh luput adalah aerator. Anda harus memasang aerator pada aquarium untuk menjaga suplai oksigen pada air aquarium.

5.      Ventilasi Udara

Jangan salah, ikan juga membutuhkan ventilasi udara. Sebab ikan juga membutuhkan udara segar masuk ke dalam aquarium supaya sirkulasi udara terjaga baik.

Itulah serba-serbi tentang ikan hias, mulai dari jenis ikan hias yang umum menjadi peliharaan dalam aquarium, manfaat memelihara ikan hias, dan juga cara-cara memelihara ikan hias yang benar bagi pemula. Semoga artikel ini bermanfaat.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.