MUSTIKALAND.CO.ID - Anda sedang mencari ide untuk menghias aquarium di rumah? Aquarium dengan bentuk persegi yang hanya diisi ikan, bebatuan dan rumput buatan tentu akan terasa monoton dan membuat siapa saja yang melihatnya merasa bosan. Untuk membuatnya menjadi lebih menarik Anda perlu menambahkan beberapa hiasan didalam aquarium.


Sebenarnya ada banyak hiasan yang bisa Anda kreasikan sesuai dengan keinginan. Namun jika Anda kesulitan dalam memilih hiasan apa yang tepat untuk dipasang pada aquarium. Kami memberikan beberapa ide hiasan aquarium yang bisa Anda coba untuk mempercantik dekorasi rumah.


Informasi ini jelas bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari Ide Hiasan Aquarium untuk Mempercantik Isi Rumah. Nah daripada Anda berandai-andai membayangkan apa yang seharusnya Anda bisa melanjutkan membaca artikel ini.

Hiasan Aquarium Plastik

Hiasan Aquarium Plastik


Hiasan berbahan plastik menjadi aksesoris yang umum dan banyak digunakan untuk mempercantik aquarium. Hiasan jenis ini banyak digunakan karena tersedia dalam berbagai macam dan bentuk, seperti tumbuh-tumbuhan,dan binatang laut. Selain itu, hiasan berbahan plastik juga dinilai sederhana serta mudah di dapat dan tentunya memiliki harga yang relatif murah. Hanya saja, harganya yang murah biasanya tidak diimbangi dengan kualitas yang baik. 


Bahkan ada beberapa hiasan yang tidak ramah terhadap biota yang hidup di dalam Aquarium. Biasanya bahan tersebut mengandung unsur metal dan zat berbahaya lainnya yang dapat mengganggu kesehatan biota. Supaya ikan Anda tetap sehat dan aquarium Anda tampil lebih cantik, pastikan Anda menggunakan hiasan plastik yang terjamin kualitasnya. Dengan demikian, kegiatan memelihara ikan akan semakin asyik.

Hiasan Aquarium Cetak

Hiasan Aquarium Cetak


Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk membuat hiasan pada aquarium adalah dengan menempelkan poster laut di aquarium. Teknik ini dinilai jitu untuk mengakali minimnya budget untuk membeli hiasan aquarium dari plastik. Tanpa harus mengeluarkan biaya mahal, dengan cara ini Anda tetap mendapatkan aquarium idaman. 


Untuk gambar latarnya, Anda bisa membelinya di tempat-tempat penjual aquarium. Atau jika Anda menginginkan gambar yang sesuai dengan versi Anda, Anda dapat mengambilnya dari internet kemudian di cetak. Saat mencetak, pastikan Anda menggunakan kertas tebal, pastikan pula Anda memilih gambar yang memiliki file berukuran besar. Supaya hasil cetakan terlihat bagus.

Hiasan Aquarium Keramik

Hiasan Aquarium Keramik


Selain plastik, salah satu material yang dapat digunakan untuk memperindah aquarium adalah keramik. Untuk mewujudkan hiasan aquarium berbahan dasar keramik, langkah yang harus Anda lakukan adalah memilih motif dan desain yang tepat sesuai kebutuhan dan gaya yang Anda inginkan. Jangan asal memilih karakter sesuai selera, apalagi tidak memperhatikan kebutuhan, seperti skala ukuran aquarium, jumlah biota yang ada di dalamnya dan sebagainya.


Jika ingin aquarium terlihat bersih, lega, dan tidak kumuh, pilihlah jenis karakter minimalis. Namun jika Anda menginginkan aquarium dengan tema kehidupan bawah air, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih hiasan bertema spongebob.


Dengan begitu, Anda lebih mudah dalam menata dan membersihkannya. Dari segi budget, Hiasan aquarium dari bahan keramik biasanya dijual dengan harga yang relatif murah. Selain harganya yang ekonomis, proses penataan hiasan ini juga tergolong praktis.

Driftwood Artifisial

Driftwood Artifisial


Umumnya kayu yang sudah membusuk akan dibuang karena dianggap sudah tidak lagi berfungsi. Padahal kayu yang sudah membusuk tersebut bisa dijadikan sebagai hiasan aquarium yang manis, lho. Sayang sekali kalau harus dibuang! Diantara hiasan-hiasan diatas, Driftwood Artifisial merupakan jenis hiasan yang paling banyak dicari. Selain unik, Driftwood Artifisial juga bisa digunakan untuk menyembunyikan suplai oksigen untuk ikan di dalam aquarium supaya tidak terlihat.

Hiasan Dari Peralatan Rumah Tangga

Hiasan Dari Peralatan Rumah Tangga


Punya banyak peralatan rumah tangga yang sudah tidak terpakai? daripada berakhir di tempat sampah, lebih baik Anda manfaatkan menjadi hiasan aquarium. Meski terdengan mustahil, mengubah peralatan rumah tangga menjadi hiasan aquarium yang unik dan sederhana bukan perkara sulit. Anda hanya perlu imajinasi dan sedikit  kreativitas. Ada banyak peralatan bekas yang bisa Anda gunakanan, seperti cangkir, teko, gelas kaca atau mangkuk antik. Dekorasikan peralatan tersebut sesuai dengan tema yang Anda inginkan.

Hiasan Batu Koral

Hiasan Batu Koral


Satu lagi, inspirasi hiasan aquarium yang bisa Anda coba. Untuk menambah keindahan aquarium, Anda bisa membuat dekorasi indah dengan manfaatkanlah batu koral. Supaya lebih terlihat natural dan alami Anda bisa menambahkan pasir, kayu dan pohon. Dengan tekstur dan bentuknya yang beragam, batu koral tidak kalah mempesona dibanding hiasan lain. Atur dan susun batu koral sedemikian rupa sehingga tercipta tampilan yang indah. Selain mudah diaplikasikan, harga batu koral juga relatif terjangkau. Untuk ukuran 3 – 5cm harganya kisaran Rp 13 ribu saja.

Akar Bonsai

Akar Bonsai


Rekomendasi hiasan aquarium rumah berikutnya adalah Akar bonsai. Hiasan ini termasuk yang paling aman untuk biota air yang hidup di dalam aquarium Anda. Tak hanya aman, bahkan penempatan akar bonsai yang tepat mampu menjaga kesehatan biota yang ada di dalamnya. Mengapa? Pasalnya akar bonsai dapat menghambat tumbuhnya lumut di aquarium. Selain itu, Akar bonsai sangat cocok untuk dijadikan hiasan karena mampu merubah penampilan aquarium di rumah Anda menjadi lebih menarik.

Cangkang Pantai

Cangkang Pantai


Menambahkan cangkang pantai ke dalam akuarium bisa Anda jadikan solusi untuk mempercantik kotak kaca. Hiasan ini tergolong cukup aman dan tidak membahayakan ikan. karena tidak berbau dan tidak beracun. Cara mengaplikasikan cangkang pantai pun cukup mudah, dan yang paling penting hiasan ini tidak akan menyakiti ikan. Meski perawatannya mudah, namun Anda tetap harus membersihkan aquarium secara rutin.

Lava Rock

Lava Rock


Jika aquarium Anda sudah memiliki komposisi biota yang mencukupi, tak ada salahnya untuk mencoba menghias aquarium di rumah Anda dengan mengadopsi Lava rock. Batu lava sendiri merupakan batu yang terbentuk dari panasnya gunung berapi. Batu ini umum digunakan karena dapat menjaga ekosistem aquascape. Lava rock mengandung bakteri baik yang berguna menjaga kualitas air serta mengubahnya menjadi nitrat yang tidak berbahaya. Jika dipadukan dengan rerumputan batu berpori ini terlihat sangat alami.

Rumput Air

Rumput Air`


Rumput air adalah cara tepat untuk menyiasati aquarium yang dingin tanpa hiasan. Jika Driftwood Artifisial memakan banyak tempat, maka Rumput Air terlihat lebih simpel dan menyegarkan. Aquarium akan tampak lebih manis jika dihiasi dengan hiasan dengan warna menyegarkan. Mengingat ini adalah rumput asli, supaya kejernihan air tetap terjaga maka perlu dilakukan water change secara berkala. 


Selain taman, aquarium juga menjadi salah satu elemen yang cukup penting dalam sebuah hunian. Jika keberadaan taman dapat menyejukan suasana rumah maka kehadiran aquarium dapat membantu Anda mengelola tingkat stres. Aquarium dengan gemericik airnya akan memberikan rasa tenang dan damai bagi yang melihatnya.


Sedikitnya ada 5 manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan meletakkan aquarium dirumah. Untuk mendapatkan aquarium yang syarat akan manfaat tersebut, selain dibutuhkan desain yang baik tentu Anda harus memiliki hunian yang mendukung. Salah satu hunian yang mendukung impian Anda tersebut yaitu Mustika Park Place. Rumah asri dengan konsep cluster ini hadir dengan berbagai tipe yang ditawarkan. Dengan tipe-tipe tersebut Anda bisa dengan mudah mengatur penempatan aquarium sesuai dengan keinginan.


Mustika Park Place berlokasi di Jl. Burangkeng Raya, Setu - Bekasi, Kec. Setu, Jawa Barat. Lokasinya yang hanya 1 menit dari pintu tol Cibitung - Cimanggis membuatnya cukup strategis bagi penghuni yang aktif menempuh jarak ke berbagai kota. Tidak hanya itu, kemudahan akses transportasi ini tentu menjadikan Mustika Park Place sebagai hunian yang cukup potensial.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.