MUSTIKALAND.CO.ID - Bagaimana cara berbisnis properti yang benar? Di Indonesia, bisnis properti kini makin tumbuh subur. Kawasan yang dulunya berupa lahan tak terawat, hutan, dan persawahan dirombak menjadi bangunan-bangunan mewah yang sangat menarik. Bahkan, dengan harga yang sangat terjangkau mampu memikat masyarakat untuk berbondong-bondong berinvestasi di dalamnya, ataupun ikut menjadi pemilik rumah tersebut. 

Inilah yang menarik animo masyarakat untuk terjun dalam bisnis properti. Tentunya tak mudah menggeluti bidang ini. Diperlukan strategi dan cara dalam melakukan bisnis properti yang tepat agar tak salah sasaran. Lalu bagaimana seharusnya memulai bisnis properti yang baik meski tanpa modal? Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Membantu Jual Beli Properti dari Orang-Orang Terdekat

Bantulah orang orang disekitar kamu mencari rumah yang diinginkan, dan  carilah konsumen untuk menjual properti yang sedang kamu pasarkan. Orang-orang biasa menyebut kegiatan ini sebagai makelar atau agen. Cara ini hanya akan berhasil jika kamu memiliki jaringan sosial yang luas dan bersifat luwes dalam bergaul. Karena siapa saja bisa jadi konsumen yang kamu cari. Gunakan semua sosial media yang kamu miliki untuk mendukung pekerjaan tersebut.  

Mempelajari Properti dengan Baik

Penting bagi seorang yang ingin bergelut di bidang apapun untuk selalu mempelajari apa yang sedang dipasarkan. Jika kamu seorang penulis, pelajari cara penulisan yang baik. Untuk kamu yang mencintai dunia dagang, pahami produk yang dipasarkan, jika kamu seorang mahasiswa yang tertarik dengan bisnis ini maka belajarlah seluk beluk bisnis properti. Seperti itulah cara kerja bisnis marketing. Pelajari tentang properti atau rumah yang kamu jual, mulai dari lokasi, akses, keuntungan, bahkan kelemahannya.

Lokasi yang strategis biasanya banyak dilirik oleh para pebisnis, seperti perumahan Mustika Village Karawang yang memiliki akses terbaik 2 tol, yakni pintu tol Karawang Barat dan pintu tol Karawang Timur. Kawasan perumahan ini juga dekat dengan berbagai macam industri yang sedang berkembang pesat. Akses menuju fasilitas umum pun sangat dekat. Mustika Village Karawang merupakan kawasan perumahan yang sangat asri dan eco-friendly. Kamu dapat mengunjungi situs www.mustikaland.co.id untuk melihat penawaran terbaik.

Dengan memahami seluk beluk rumah, kamu akan dapat menjawab segala keinginan si pembeli rumah. Selain itu,rasa “trust” akan muncul dalam diri seorang konsumen. Meski belum berkeinginan membeli, mereka akan mencari kamu karena nilai kepercayaan yang telah kamu berikan.

Mulai Berbisnis dengan Properti yang Dimiliki

Berbisnis properti tentu membutuhkan modal yang tak sedikit. Namun bukan berarti tidak bisa dilakukan tanpa modal. Jika kamu tak cukup modal uang, kamu tetap bisa memulai dengan bisnis properti kecil-kecilan dengan cara yang mudah, atau bahkan menjalankan bisnis ini tanpa modal. 

Jika memiliki berbagai properti yang dapat disewakan, maka itulah keberuntungan kamu. Punya 2 atau bahkan satu motor yang jarang terpakai, bukalah persewaan. Ada garasi yang tak terpakai, sewakan untuk pertokoan kecil. Ada beberapa kamar kosong, jadikan sebagai bisnis kost harian atau bulanan. Segala properti yang menurutmu memiliki nilai sewa, manfaatkan saja.

Melihat Trend Terkini

Bukan hanya pakaian saja yang mengikuti trend, perumahan ternyata memiliki tren yang unik. Jika dulu orang banyak tertarik dengan perumahan mewah, kini berbondong-bondong memilih perumahan minimalis seperti yang ditawarkan oleh Mustika Village. Pelajari trend yang sedang banyak diinginkan oleh orang-orang di sekitar anda. Lalu, pahami betul seluk-beluk perumahan tersebut. Misalnya, trend terakhir adalah perumahan bergaya industrial. Kamu harus memahami gaya perumahan industrial, struktur bangunannya, dan sebagainya. Dengan begitu, konsumen akan yakin bahwa kamu benar-benar ahli dalam bidang properti dan dapat diandalkan.

Bekerja di Agen Properti

Bekerja dengan agen properti langsung memang cara yang sangat tepat untuk belajar detail bisnis properti perumahan. Kamu akan dengan leluasa mendapat banyak ilmu yang nantinya bisa kamu gunakan sendiri dalam berkarir di dunia properti perumahan. Apalagi menjadi bagian dari agen properti kini terbilang mudah. Mulailah dengan belajar menjadi seorang marketing freelance di properti perumahan. Pekerjaan ini cukup bebas dilakukan tanpa perlu datang ke kantor properti. Namun, kamu tetap mendapat ilmu tentang seluk beluk perumahan yang akan diajarkan oleh agen pemasaran.

Memiliki Sifat Jujur

Semua pekerjaan seyogyanya harus memiliki sifat berikut. Jika kamu berusaha untuk menutupi sedikit kekurangan pada perumahan yang sedang kamu tawarkan, mungkin saja di masa mendatang orang-orang akan mem-blacklist mu dan akan merekomendasikan agen atau makelar lain yang cocok untuk dihubungi saat membeli properti. Hal ini tentu akan membuat kamu kesulitan mencari konsumen. Oleh karenanya, cobalah bersikap jujur dengan segala kelebihan dan kekurangan pada perumahan yang kamu tawarkan. Namun, belajarlah bagaimana menawarkan solusi pada konsumen dan mampu meyakinkan konsumen akan kualitas perumahan tersebut.

Ikut Berinvestasi pada Agen Properti

Tips yang satu ini tentu membutuhkan modal, namun cukup dapat dijangkau. Pasalnya, banyak agen properti yang mau menawarkan pembelian kavling atau tanah saja, sehingga kamu bisa menanam sedikit saham. Atau mulai dengan investasi pada homestay atau kos yang sedang dibangun teman  atau kerabat. Tentu di masa mendatang, nilai tanah dan hasil investasi kamu akan lebih besar dan mendapatkan keuntungan. Meski begitu, tetaplah mencari informasi yang akurat tentang agen properti.

Sebelum kamu memulai bisnis properti, ada baiknya jika kamu mengambil rumah di Mustika Village Karawang sekaligus belajar bisnis properti dari sana. Dimana bisnis properti ini berada di lokasi strategis, potensi pengembangan infrastruktur & lingkungan yang kondusif.

Berada di kawasan Lemahmulya, Majalaya Karawang, Jawa Barat, Mustika Village Karawang memiliki berbagai keuntungan strategis & berada dekat dengan Mall Pusat Perbelanjaan.

Dibangun dengan konsep ramah lingkungan, Koridor Boulevard, Taman Bermain, Hutan Taman & Danau Resapan menjadikan Mustika Village Karawang sebagai hunian sekaligus tempat wisata yang sehat & menyenangkan.

Untuk bisa mendapatkan informasi lebih lanjut kamu bisa menghubungi customer service Mustika Land dengan telepon ke nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com

Nah, itulah 7 tips dan cara yang bisa kamu praktekkan dalam memulai bisnis properti. Mulai dari strategi, contoh, hingga cara melakukan bisnis properti tanpa modal tanpa hutang sudah dijelaskan secara gamblang. Semua tips ini sangat mudah jika mau konsisten belajar dan mengasah ilmu. Oleh karenanya, terus gali informasi dan dalami bisnis properti yang sedang kamu geluti. Selamat mencoba!