MUSTIKALAND.CO.ID - Di tengah situasi perekonomian yang tidak menentu, kini banyak masyarakat  yang mulai mencari penghasilan tambahan. Membangun bisnis rumahan merupakan salah satu alternatif usaha untuk menambah pundi-pundi uang. 

Bisnis rumahan dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga maupun orang-orang yang telah memiliki pekerjaan utama. Dapat dilakukan secara online maupun offline, bisnis ini rata-rata dimulai dengan modal yang sangat minim.

Berikut 8 ide bisnis rumahan dengan modal kecil yang patut dicoba di masa pandemi seperti ini!

Berjualan Online

Selama masa pandemi, masyarakat yang biasanya berbelanja secara offline kini beralih cara belanja secara online. Selain menerapkan social distancing, cara ini terbilang lebih praktis serta aman.

Fenomena inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Dengan bermodalkan ponsel serta jaringan internet, masyarakat dapat mulai berjualan melalui seluruh marketplace serta sosial media.

Ternak Ikan

Budidaya ikan hias merupakan tren yang terus ada sepanjang tahun. Jenis ikannya pun berbeda-beda, mulai dari ikan koi, ikan arwana bahkan yang sedang tenar saat ini adalah ikan cupang. 

Memiliki warna yang menarik serta mudah dipelihara, permintaan ikan cupang terus mengalami peningkatan. Hal inilah yang mendasari bisnis ini patut untuk dicoba untuk menambah penghasilan.

Baca Juga: 7 Cara Memulai Bisnis Properti Perumahan, Intip Yuk

Kerajinan Tangan

Salah satu kreatifitas yang layak untuk dikembangkan sebagai bisnis rumahan adalah kreasi kerajinan tangan. Membuat strap masker, tas dari manik-manik serta hiasan dinding  adalah contoh kreasi yang dapat dijual. 

Meski belum berpengalaman, teknik membuat kerajinan tangan dapat dipelajari secara daring melalui platform youtube dan social media. Variasinya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta tren yang disukai oleh masyarakat saat ini.

Masakan Rumahan

Ide bisnis rumahan yang minim modal adalah ketrampilan membuat masakan rumahan. Tawarkan berbagai menu masakan khas daerah atau kreasi sendiri dengan sistem pre-order. Hal ini efektif untuk mengurangi resiko makanan tidak laku atau terbuang sia-sia.

Tanpa perlu membuka restoran, penjualan dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi pesan antar makanan serta pick up service. Gunakan pula social media sebagai sarana untuk memperkenalkan produk makanan yang akan dijual.

Baca Juga: 13 Desain Ruang Makan Mewah yang Enak dan Nyaman Dilihat

Jasa Cuci Sepatu 

Meski dapat dilakukan sendiri, jasa cuci sepatu tetap menjadi usaha yang patut untuk dicoba. Usaha ini menarik untuk digeluti karena hanya bermodalkan cairan pembersih khusus, pemutih, parfum serta sikat dan lap. 

Untuk menarik pelanggan, Anda dapat pula menyediakan jasa pick up service dan pengantaran sepatu yang hendak dicuci. Agar usaha Anda semakin dikenal dapat pula bekerjasama dengan berbagai tempat seperti sekolah dan sangar olahraga yang wajib menggunakan sepatu dalam berkegiatan.

Bisnis Tanaman Hias

Bagi Anda yang suka berkebun, bisnis tanaman hias adalah usaha yang menyenangkan sekaligus menjanjikan. Tanaman hias seperti lidah mertua,monstera,aglaonema serta palem bambu banyak diminati karena bentuknya yang cantik serta perawatannya yang cukup mudah.

Meski sedang menjadi incaran para pecinta tanaman, bisnis ini tidak boleh asal-asalan dalam menjalankannya. Pastikan Anda menawarkan harga tanaman dengan sewajarnya sehingga tidak terjadi kerusakan harga dipasaran.

Baca Juga: 9 Jenis Tanaman Hidroponik Rumahan yang Mudah Dibudidayakan

Review Produk

Salah satu bisnis rumahan yang sedang naik daun adalah mereview sebuah produk. Meski terkesan sepele, usaha ini memerlukan modal serta effort yang cukup besar. Berbekal pengetahuan mengenai produk tersebut, Anda harus dapat membuat konten yang menarik sehingga mengiring viewers untuk membeli produk tersebut

Pendapatan bisnis ini diperoleh dari program affiliate atau komisi ketika Anda berhasil menjual sebuah produk. Serta dapat pula berasal dari biaya endorsement yang diberikan oleh sebuah produk saat Anda mereview produk tersebut. 

Sewa Peralatan

Apakah Anda memiliki peralatan multifungsi yang jarang terpakai seperti pompa asi, mainan anak, peralatan kemah serta baju pesta ? Barang-barang ini dapat Anda jadikan sumber pendapatan tambahan dengan menyewakannya.

Buatlah akun social media seperti facebook atau instagram untuk menawarkan jasa persewaan barang tersebut. Untuk keamanan, pastikan membuat perjanjian diatas materai serta memberikan uang jaminan atau deposit untuk mewaspadai barang hilang maupun rusak.

Setelah bisnis Anda sudah menampakkan hasil yang positif, Anda pun perlu untuk meningkatkan bisnis Anda agar lebih menguntungkan. Salah satu yang perlu dipertimbangkan adalah dengan memiliki lokasi yang strategis. Dengan pemilihan lokasi tersebut, maka tentu saja akan berpengaruh terhadap kesuksesan Anda selama menjalankan usaha tersebut.

Prinsipnya, semakin strategis tempat atau lokasi bisnis Anda, maka semakin besar peluang Anda untuk meraih kesuksesan. Mustika Land Sukamulya bisa menjadi alternatif yang tepat untuk menjadi lokasi bisnis Anda.

Hanya berjarak 20 menit ke Stasiun Cikarang dan Toll Cibitung Cilincing, Mustika Land juga memberikan akses yang sangat mendukung aktivitas bisnis Anda karena dikelilingi sekolah, rumah sakit, pasar dan pusat perbelanjaan.

Dengan lokasi yang ditawarkan, tentu saja akan membantu Anda dalam mendukung produktivitas usaha yang tengah dijalankan. Mustika Village Sukamulya dibangun diatas lahan seluas 35 HA dengan total 3300 unit rumah dengan memberikan konsep dan prinsip keseimbangan hidup yang berkualitas.

Nah, sudah yakin dan memutuskan ingin menjalankan bisnis apa?

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.