MUSTIKALAND.CO.ID - Atap Onduline merupakan salah satu jenis atap yang tak hanya menonjol dari segi kualitas namun juga pada model serta warna yang beragam. Terbuat dari daur ulang serat selulosa yang dikombinasikan dengan serat bitumen, Atap Onduline diproses dengan panas dan tekanan tinggi.

Memiliki banyak kelebihan dan sedikit kekurangan, Atap Onduline banyak digunakan pada berbagai jenis model bangunan. Mulai dari perumahan, gedung pertemuan, gudang dan sekolah. Menarik bukan ? Yuk , ketahui lebih lengkap mengenai Atap Onduline !

Jenis Atap Onduline

Ada banyak jenis atap onduline yang perlu diketahui sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya pada hunian Anda. Ya, Anda perlu mengetahui jenis-jenis atap onduline karena variannya memiliki fungsi yang beragam. Apa saja sih? Yuk ikuti beberapa penjelasan berikut ini.

Atap Onduline Klasik

Merupakan model cetakan pertama dari Atap Onduline yang berbentuk lembaran dan bergelombang. Terbuat dari material aspal, jenis ini cocok digunakan pada daerah tropis yang rentan terhadap korosi serta karat. 

Baca Juga: Yuk, Kenali Keunggulan dan Kelemahan Penggunaan Atap Kaca di Rumah Anda

Genteng Onduvilla 

Genteng Onduvilla merupakan jenis Atap Onduline yang bentuknya menyerupai genteng keramik. Jenis ini banyak digunakan para perumahan dikarenakan bobotnya yang ringan namun kuat serta memiliki pilihan warna menarik seperti shaded dan 3d. 

Onduline Bardoline

Terbuat dari bahan aspal dan diproses dengan standar Internasional, genteng Bardoline memiliki ciri unik yaitu pada tipe bentuknya yang shingles/sirap. Dalam hal ini sirap adalah variasi atap kayu yang biasanya terbuat dari kayu jati dan kayu ulin. Jenis genteng ini juga memiliki tiga pilihan warna yang menarik yaitu hijau, coklat dan hitam.  

Kelebihan Atap Onduline

Atap Onduline menjadi salah satu pilihan yang perlu Anda pertimbangkan untuk diterapkan di hunian Anda. Pasalnya, jenis atap satu ini memiliki beragam nilai lebih yang dapat meningkatkan kenyamanan rumah impian Anda. Nah, berikut adalah beberapa kelebihan dari atap Onduline yang perlu Anda ketahui. Apa saja sih?

Hemat Biaya

Salah satu pertimbangan dalam memilih material dalam pembangunan rumah adalah jumlah biaya yang harus dikeluarkan. Atap Onduline merupakan salah satu material atap yang hemat biaya.

Pasalnya, atap satu ini juga  memiliki kebutuhan biaya yang sangat rendah. Biaya ini menyangkut biaya dari mulai pembelian sampai perawatan. Tentu saja jika dihubungkan dengan tingkat ketahanan maka jelas atap onduline bisa bertahan lama sehingga menghemat biaya renovasi hunian Anda.

Baca Juga: Apa itu Atap Alderon? Kenali Jenis dan Kelebihannya

Fleksibel

Atap Onduline banyak diminati karena sifatnya yang fleksibel dan dapat dibentuk serta dipotong sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Tak hanya digunakan sebagai atap bangunan, Atap Onduline juga bisa digunakan sebagai kanopi. 

Peredam Suara dan Suhu

Kelebihan lain dari Atap Onduline adalah kemampuannya dalam meredam suara dari luar. Alasan inilah yang membuat  Atap Onduline banyak digunakan di daerah perkotaan, sentra industri serta pemukiman padat penduduk yang penuh kebisingan. 

Kuat

Beberapa daerah di Indonesia terkenal rawan terhadap angin kencang, hujan lebat serta gempa bumi. Atap Onduline terbukti mampu menahan angin dengan kekuatan 192 km/jam serta goncangan gempa sebesar 6.5 SR. 

Tahan Korosi

Satu-satunya atap yang tidak mengandung baja, metal maupun asbes sehingga membuat Atap Onduline tahan terhadap korosi. Usia Atap Onduline berkisar antara 10- 20 tahun, sehingga tidak perlu melakukan renovasi atap secara rutin.

Tahan Api

Atap Onduline dipilih sebagai atap bangunan gedung serta pabrik karena terbukti mampu tahan terhadap api. Bahkan material Atap Onduline, mampu meredam nyala api sehingga tidak mudah menjalar keseluruh bangunan gedung.

Ramah Lingkungan

Dikutip dari rumahlia, Onduline dinyatakan sebagai salah satu jenis atap yang  aman untuk kesehatan. Tentu hal tersebut berbeda dengan atap asbes yang mengandung serat khusus bahan kimia dan bisa menyebabkan kanker ketika masuk ke dalam saluran pernafasan seperti paru-paru.

Selain itu, atap Onduline juga tersedia dengan beberapa warna alam,  serta mampu menyerap cahaya dengan baik serta tidak merusak pandangan mata. 

Baca Juga: Kelebihan Dan Kekurangan Atap Galvalum, Pertimbangkan Sebelum Membelinya

Kelemahan Atap Onduline

Setelah mengenal kelebihan yang dimiliki oleh atap onduline, Anda pun juga perlu untuk mengetahui beberapa kelemahan/kekurangan dari jenis atap yang dikenal kuat, fleksibel, dan seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Nah, berikut adalah beberapa kelemahannya.

Warna Mudah Pudar

Meskipun atap Onduline dikenal memiliki pilihan warna yang cukup variatif, namun ternyata ketika sering terpapar sinar matahari serta hujan, warna akan cepat memudar. Sehingga, perlu upaya untuk melakukan pengecatan secara berulang agar warnanya selalu terjaga dan terlihat seperti baru. 

Rawan Bocor

Meskipun mudah dipotong dan disambung, Atap Onduline rentan terhadap bocor. Karena itu, dalam proses penyambungannya harus hati–hati dan cermat agar tidak terjadi kebocoran. 

Baca Juga: Musim Hujan Segera Tiba, Simak Cara Memperbaiki Atap Bocor Berikut!

Mudah Rembes

Karena proses pemasangan atap onduline disesuaikan dengan bentuk atap rumah, maka hal tersebut dapat berakibat terjadi rembesan. Tentu saja, hal ini akan menjadi masalah yang sangat buruk untuk hunian Anda. 

Selain itu, Atap Onduline akan rawan terhadap rembesan air ketika terjadi hujan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan bentuk atap yang sederhana dan tidak berlapis- lapis.

Tidak Cocok Untuk Rangka Kayu

Atap Onduline tidak disarankan dipasang pada rangka atap kayu, hal ini dikarenakan jika terjadi rembesan akan membuat kayu menjadi lapuk. Sebaiknya menggunakan rangka yang terbuat dari baja ringan, sehingga tahan lama dan anti lapuk. 

Salah satu cara memilih hunian yang berkualitas dapat juga dilihat dari penggunaan atapnya. Mustika Village Sukamulya merupakan satu–satunya perumahan yang memperhatikan detail material termasuk atap bangunan.

Terletak di kawasan pinggiran Jawa Barat, perumahan Mustika Village Sukamulya cukup rentan terhadap fenomena hujan lebat, angin kencang serta gempa bumi. Penggunaan Atap Onduline adalah salah satu komitmen Mustika Village Sukamulya untuk memberikan hunian yang kuat, nyaman serta estetik.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.