MUSTIKALAND.CO.ID - Salah satu cara mendapatkan penerangan alami di dalam rumah adalah dengan memasang atap berbahan kaca. Atap kaca atau yang sering disebut dengan Skylight terbuat dari jenis kaca laminated yang strukturnya kuat serta berkualitas tinggi. 

Atap kaca dipandang mampu memberikan nilai estetika yang tinggi dari sebuah rumah. Pada siang hari cahaya matahari yang masuk mampu memberikan kesan segar dan luas pada ruangan, sedangkan cahaya bulan di malam hari membangkitkan kesan romantis serta hangat. 

Mampu meningkatkan nilai estetika dari sebuah rumah, atap kaca dipasang pada beberapa bagian inti rumah seperti dapur, ruang keluarga serta kamar tidur. Tak boleh sembarang, dalam penggunaan atap kaca perlu diperhatikan keunggulan, kelemahan serta penempatan yang sesuai seperti berikut ini.

Keunggulan Penggunaan Atap Kaca

  1. Banyak Sinar Matahari

Bagi Anda yang menyukai rumah dengan suasana alam, terang serta hangat tentu penggunaan atap kaca adalah pilihan yang tepat. Atap kaca mampu mengakomodasi sinar matahari yang masuk sesuai dengan sudut yang diinginkan.

  1. Mengurangi Polusi  Suara

Seperti yang kita ketahui kaca memiliki kemampuan untuk meredam suara berdesibel tinggi dari luar. Penggunaan atap kaca dapat dijadikan solusi bagi hunian di pinggiran atau tengah kota yang rentan terhadap polusi suara.

  1. Sebagai  Sirkulasi  Udara

Atap kaca dapat terdiri dari dua jenis, yang pertama berbentuk permanen sedangkan yang kedua merupakan semi permanen dengan berbentuk  menyerupai ventilasi. Atap kaca ini dapat digeser maupun dibuka agar dapat mempercepat dan memperlancar proses sirkulasi udara  yang ada di dalam ruangan.

  1. Memberikan Kesan Luas

Rumah minimalis dengan ukuran ruang  yang terbatas memilih menggunakan atap kaca karena mampu memberikan efek luas dan juga lapang. Selain itu, atap dibuat dengan tinggi tertentu agar cahaya mampu menyinari seluruh ruangan dengan baik.

  1. Hemat Energi

Dengan menggunakan atap kaca maka semakin banyak energi listrik yang dapat dihemat di siang hari. Penerangan dalam ruangan dapat mengandalkan sinar matahari dari luar, sedangkan di malam hari tidak akan terlalu gelap karena mendapat cahaya dari sinar bulan maupun bintang.

Baca Juga: Mengenal Jenis jenis Material Atap dan Cara Merawatnya

Kekurangan Penggunaan Atap Kaca

  1. Konstruksi Cukup Rumit

Berbeda dengan pemasangan atap biasa, atap kaca harus dipasang menggunakan teknik dan perhitungan khusus. Resiko pemasangannya pun cukup besar seperti pecah, retak, serta tidak simetris. Alasan inilah atap kaca harus dipasang oleh teknisi yang telah berpengalaman. 

  1. Biaya Mahal

Atap kaca dibuat dengan material kaca khusus serta harus ditopang dengan kerangka yang lebih kuat dan kokoh  dibanding atap biasa. Karena itulah harga atap ini bisa berkali lipat lebih mahal dibanding atap genteng, kayu maupun besi. 

  1. Suhu Ruangan Cepat Panas

Kelemahan lain dari penggunaan atap kaca adalah saat musim kemarau, suhu ruangan akan cepat panas. Material kaca merupakan penghantar panas yang sangat baik, sehingga sinar matahari yang masuk dengan cepat meningkatkan suhu udara di siang hari. 

Baca Juga: 11 Model Atap Rumah Kekinian, Bisa Jadi Inspirasi!

Penempatan Atap Kaca Yang Sesuai

Agar penggunaan atap kaca dapat optimal, maka sebaiknya pahami lokasi penempatan yang sesuai seperti berikut ini :

  1. Koridor Pintu Masuk 

Salah satu pilihan cerdas penggunaan atap kaca adalah dengan meletakkannya pada koridor setelah pintu masuk yang menuju ruang tamu. Cahaya yang masuk dari atap mampu membuat koridor lebih hidup dan terang.

  1. Ruang Keluarga

Salah satu ruangan yang sering digunakan adalah ruang keluarga, sehingga meletakan atap kaca mampu menampilkan ilusi ruangan yang luas dan lapang. Hal ini merupakan salah satu teknik interior bagi rumah minimalis. 

  1. Ruang  Tidur

Bagi Anda yang menyukai pemandangan langit malam, sepertinya tidak perlu lagi memasang  stiker bintang di atap ruangan. Dengan menggunakan atap kaca, setiap malam Anda dapat tidur dengan mengamati ratusan rasi bintang serta bulan dengan nyaman. 

Baca Juga: Kelebihan Dan Kekurangan Atap Galvalum, Pertimbangkan Sebelum Membelinya

Bagaimana, tertarik untuk memiliki rumah dengan atap kaca yang memiliki banyak keunggulan ? Kabar baiknya, sebuah perumahan yang berlokasi di kota Jawa Barat memiliki rumah yang didesain dengan menggunakan atap kaca.

Mustika Village Sukamulya merupakan sebuah hunian modern yang mengedepankan desain serta  fasilitas umum yang layak untuk diapresiasi. Terdiri dari tiga tipe pilihan yaitu tipe 41, 42 dan 45 ketiganya dilengkapi dengan atap kaca pada bagian dapur. Menarik bukan? 

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.