MUSTIKALAND.CO.ID - Apakah Anda adalah salah satu orang yang sangat memperhatikan pemilihan warna interior untuk rumah Anda? Jika iya, seberapa penting sih pemilihan warna sangat penting bagi Anda?

Dikutip dari Healthgrades, seseorang memilih warna untuk rumah mereka karena beberapa alasan: pertama adalah untuk mengekspresikan gaya, kedua untuk membuat ruangan agar terasa lebih besar, dan ketiga adalah untuk menghangatkan ruangan.

Jika warna dipilih untuk menciptakan pengalaman visual, maka secara psikologis warna juga secara radikal dapat mempengaruhi suasana hati dan emosi. Warna juga menjadi bentuk komunikasi klasik yang dapat memproyeksikan kepribadian Anda dan dapat berpengaruh sebagai pengatur harmoni di setiap ruangan rumah Anda.

Secara tak sadar, kita pun juga kerap mengganti warna pada rumah, dimana hal tersebut disesuaikan dengan nuansa, suasana, dan mood yang tengah dialami. Nah, apakah Anda mengalami kebingungan dalam memilih warna yang tepat untuk rumah Anda?

Memilih warna lilac sebagai warna interior rumah Anda dapat menjadi alternatif untuk menciptakan sentuhan yang mengesankan. Warna lilac yang merupakan turunan dari warna ungu atau sering juga disebut dengan ungu pastel akan memberikan kesan lembut, romantis, feminin dan menenangkan.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa warna ini tidak boleh sembarang diterapkan dalam rumah Anda. Hal tersebut tentu akan mengganggu mata dan berefek pada penciptaan suasana sekaligus nuansa yang negatif.

Seperti halnya barang-barang furnitur, warna pun juga perlu diposisikan dan diterapkan ke beberapa bagian rumah yang tepat. Nah, mana sajakah ruangan-ruangan yang cocok untuk diterapkan warna lilac tersebut?

Ruang Tamu


Ruang Tamu

Untuk menciptakan kesan romantis, lembut, terang dan nyaman, maka ada baiknya mengkombinasikan warna lilac dengan warna putih pada ruang tamu Anda. Fokuskan warna lilac pada bagian dinding kemudian warna putih pada kusen, plafon, lantai, gorden maupun aksesoris lainnya.

Jika ingin menambahkan kesan tegas pada ruang tamu Anda, pastikan untuk memilih sofa berwarna gelap seperti coklat atau hitam. Meski mencerminkan kesan modern, warna lilac sangat cocok jika disandingkan dengan lampu gantung klasik atau meja yang terbuat dari material kaca.

Baca Juga: Ini Nih 11 Tips Baru Bikin Ruang Tamu Minimalis Makin Berkelas

Kamar Tidur


Kamar Tidur

Kamar tidur adalah bagian dalam rumah yang penting, salah satu kunci yang membuat menjadi nyaman adalah pilihan warna cat yang sejuk di mata. Warna lilac yang masuk ke dalam golongan warna pastel ini dinilai mampu mengubah suasana kamar yang kaku menjadi rileks dan menenangkan.

Meski terkesan lembut,warna lilac tidak hanya dapat digunakan oleh kaum hawa saja. Jika ruang tidur digunakan oleh pasangan suami istri, berikan aksen warna gelap seperti hitam atau abu–abu guna memunculkan kesan elegan dan sedikit maskulin.

Ruang Keluarga


Ruang Keluarga

Selain warna lilac, warna earth tone merupakan salah satu warna yang cukup digemari di tahun ini. Warna earth tone terinspirasi dari unsur–unsur bumi seperti air, tanah dan tumbuhan sehingga warna yang ditonjolkan lebih ke hazelnut, mocca, krem dan hijau.

Saat warna lilac dan earth tone disatukan pada ruang keluarga maka akan tercipta kesan trendy, natural,  serta hangat. Terapkan warna cat yang bagus secara menyeluruh di dinding ruangan. Nah, agar tidak terasa kosong Anda dapat menambahkan beberapa properti tambahan seperti lukisan abstrak atau foto keluarga berbingkai.

Jangan ragu untuk mengkombinasikan sofa berwarna coklat tanah dengan karpet berwarna abu karena justru kesan natural serta alami menjadi semakin jelas. Untuk menampilkan kesan alam, Anda dapat juga meletakkan beragam tanaman seperti lidah mertua, palem kuning serta lidah buaya di sudut ruangan.

Baca Juga: 12 Gaya Desain Ruang Tamu Kecil Jadi Tampak Mewah

Dapur


Dapur

Agar dapur yang didominasi warna lilac tidak terkesan monoton maka Anda juga dapat menggunakan tambahan  floating shelves dan kitchen cabinet berwarna putih. Selain itu, penggunaan interior dan aksesoris emas pada dapur dipercaya dapat membangkitkan energi positif dan kreatifitas.

Untuk dapur dengan ukuran terbatas pada rumah minimalis tidak dianjurkan mengkombinasikan warna lilac dengan hitam, pink atau merah. Pasalnya, ketiga warna ini secara psikologis akan membuat suasana dapur menjadi gelap, sumpek, dan suram.

Setelah membaca ulasan diatas apakah Anda terinspirasi untuk memiliki rumah dengan nuansa warna lilac?

Mustika Village Sukamulya menawarkan hunian dengan berbagai tipe yang dapat didesain dengan warna interior rumah yang sedang tren saat ini. Hunian berkonsep modern ini juga menawarkan suasana perumahan yang ramah lingkungan, lokasi strategis, fasilitas lengkap, dan harga yang sangat terjangkau.

Buat cerita bahagia bersama keluarga Anda dengan hunian berkonsep modern di Mustika Village Sukamulya sekarang!

Mari kunjungi proyek kami:


Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.