MUSTIKALAND.CO.ID - Atap galvalum kini telah menjadi jenis atap yang populer digunakan oleh rumah minimalis. Nah, sebelum membelinya, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

Dalam beberapa tahun belakangan, kepopuleran atap galvalum membuat kebanyakan orang meninggalkan jenis atap konvensional yang terbuat dari kayu atau tripleks. Keberhasilan atap galvalum dalam menggeser kepopuleran jenis atap konvensional tentu saja didasari oleh beberapa faktor penting.

Ya, atap satu ini lebih mengedepankan dari segi kualitas bahan yang akan dirasa sangat fungsional saat diterapkan. Jenis atap satu ini terbuat dari material baja ringan yang dilapisi dengan seng, alumunium, dan silikon. Disamping itu, jenis atap satu ini juga memiliki struktur yang kuat, tipis, ringan dan mudah dipasang.

Baca Juga: Mengenal Genteng Monier, Atap Kuat Yang Anti Bocor!

Diadaptasi dari metode Jepang, atap galvalum dapat digunakan sebagai atap rumah, garasi, carport maupun bangunan lainnya. Tertarik menggunakan Atap galvalum? Sebaiknya, kenali terlebih dahulu kelebihan serta kelemahan atap galvalum berikut ini.

Kelebihan Atap Galvalum 

Bentuk yang Lebih Fleksibel

Berbeda dengan atap jenis lainnya, atap galvalum memiliki bentuk yang fleksibel. Perlu diketahui bahwa atap galvalum tidak terdapat sambungan pada bagian panjangnya, sehingga yang berbentuk lembaran lurus maupun melengkung dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan.

Atap galvalum tersedia dengan berbagai warna pilihan seperti silver, merah, hijau dan biru. Selain itu, atap galvalum juga dilapisi dengan silikon sehingga memberikan tampilan cerah dan mengkilat. Maka, tak heran jika atap galvalum selalu menjadi pilihan yang sangat cocok bagi hunian berkonsep minimalis.

Bebas Dari Rayap dan Anti Lapuk

Salah satu alasan mengapa penggunaan atap dari kayu ditinggalkan adalah karena rentan dari serangan rayap. Atap galvalum merupakan material konstruksi yang dapat diandalkan karena dinilai kuat, awet, serta ampuh dalam melawan serangan rayap.

Hemat dan Perawatan Mudah

Tak hanya terhindar dari serangan rayap, atap galvalum juga awet dalam menghadapi cuaca panas maupun hujan. Jika atap kayu mudah mengalami pelapukan, maka atap galvalum dapat bertahan hingga puluhan tahun.

Kelebihan lain dari atap galvalum adalah perawatannya yang mudah dan tidak memerlukan banyak biaya. Karena terbuat dari baja ringan maka tidak mudah rusak jika tertimpa benda berat, terpaan angin maupun gempa.

Selain itu, jika kotor dan berdebu maka atap galvalum akan bersih dengan sendirinya. Terutama  jika atap galvalum terkena air hujan.

Bersifat Non- Combustible

Atap galvalum bersifat non–combustible yang memiliki arti tidak menyerap panas serta tidak mudah terbakar. Oleh karena itu, atap galvalum sangat aman jika terjadi resiko kebakaran rumah.

Ramah Lingkungan

Menggunakan atap galvalum sebagai material bangunan di rumah Anda dapat diartikan ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan. Dengan menggunakan atap galvalum sama artinya dengan mengurangi jumlah pohon yang ditebang.

Selain itu sisa material galvalum atau yang bekas dapat didaur ulang kembali dengan cara dilebur kemudian dicetak sehingga dapat digunakan sebagai material bahan bangunan yang baru.

Kelemahan Atap Galvalum 

Lebih Cepat Panas

Meskipun tipis dan berbahan ringan, atap galvalum memiliki kelemahan dalam penyerapan sinar matahari. Pada siang hari,suhu udara di dalam ruangan menjadi lebih panas dibanding menggunakan atap dari kayu. Sedangkan di malam hari, suhu ruangan  akan menjadi lebih dingin dibanding suhu di luar rumah.

Polusi Suara

Berbentuk lembaran baja ringan, atap galvalum menimbulkan banyak polusi suara. Saat panas matahari terik maka atap galvalum akan mengeluarkan suara seperti terbakar. Hal ini dikarenakan material baja ringan akan memuai saat terkena panas. Sedangkan saat terkena air hujan maka akan menimbulkan suara berisik dari tetesan air hujan.

Teknik Pemasangan Khusus

Berbeda dengan triplek maupun kayu, atap galvalum harus dipasang oleh para ahli dengan menggunakan teknik khusus. Meskipun proses pemasangan tidak membutuhkan waktu yang lama, atap galvalum harus dipasang secara bertahap dan hati – hati.

Nah, sudah dapat mempertimbangkan jenis atap rumah yang ingin Anda gunakan?

Mustika Park Place dapat menjadi pilihan yang dipertimbangkan sebagai salah satu hunian yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan keluarga kecil Anda. Selain apik dan nyaman, hunian yang ditawarkan pun dibangun dengan material pilihan.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.