MUSTIKALAND.CO.ID - Salah satu solusi paling mudah dan cepat untuk mengubah suasana dalam rumah adalah dengan melapisi dinding dengan wallpaper agar lebih terlihat aesthetic. Wallpaper dinding merupakan material yang terbuat dari bahan khusus dan tersedia dalam berbagai ukuran serta motif yang beraneka macam.

Wallpaper dinding  terdiri dari berbagai jenis bahan, motif serta kualitas yang berbeda – beda. Sebelum mengaplikasikan pada dinding rumah Anda, berikut beberapa jenis, kelebihan serta kekurangan wallpaper dinding yang wajib anda ketahui.

Jenis Wallpaper Dinding

  1. Kertas

Salah satu wallpaper dinding yang paling mudah ditemukan di pasaran adalah wallpaper berbahan kertas. Motif yang disediakan pun bermacam-macam bahkan dapat dicetak secara custom mengikuti selera pemilik rumah.

Terbuat dari bahan kertas yang mudah robek, pemasangan wallpaper dinding jenis ini pun harus lebih berhati-hati. Selain mudah robek, jika permukaan dinding berjamur dan tidak rata akan membuat wallpaper bergelumbung dan keriting.

  1. Kain

Jika ingin menggunakan wallpaper dengan tingkat ketahanan yang baik maka pilihlah wallpaper dinding kertas yang berasal serat kain. Tak hanya bertekstur sedikit lentur, wallpaper dinding ini dapat dicuci serta tahan terhadap air.

Meski kualitasnya terbilang baik namun sangat disayangkan motif serta desainnya tidak cukup banyak. Selain itu wallpaper dinding ini mudah terbakar serta membutuhkan lem khusus dalam proses pemasangannya.

Baca Juga: 11 Model Keramik Dinding dari yang Modern hingga Klasik

  1. Vinyl

Jenis wallpaper dinding lain yang cukup populer adalah yang terbuat dari bahan Vinyl (serat plastik). Karakteristik wallpaper ini sangat menarik karena dapat bertahan pada dinding yang lembab dan berjamur.

Wallpaper dinding jenis ini cocok digunakan untuk dinding kamar mandi dan dapur. Perawatannya pun cukup mudah, cukup lap menggunakan cairan pembersih dan lap basah pada lapisan yang terkena noda.

  1. Serat  Alami

Bagi Anda yang menyukai aksen kayu atau desain yang klasik dan etnik, wallpaper dinding serat alami dapat memenuhi selera anda. Terbuat dari serat kayu menyerupai serat bambu, wallpaper ini teksturnya tebal dan kuat.

Wallpaper dinding serat kayu rata-rata berdesain sederhana dan terdiri dari  warna-warna earth tone seperti coklat, abu-abu, putih dan merah bata. Meski banyak diminati namun wallpaper jenis ini agak sulit ditemukan di pasaran.

  1. Foil

Untuk menciptakan kesan modern serta futuristik pada ruang keluarga, pilihlah wallpaper dinding jenis foil yang memberikan efek mengkilap. Pada ruangan berukuran kecil serta minim cahaya, wallpaper ini dapat memberikan kesan luas serta terang.

Namun, perlu diketahui beberapa kekurangan wallpaper dinding ini yaitu mudah robek, teknik pemasangan harus dengan tenaga ahli serta lebih cocok digunakan pada dinding yang rata dan halus.

  1. Fiberglass

Apabila keadaan dinding rumah mudah berjamur, lembab, rentan terhadap panas maka sebaiknya memilih wallpaper dinding berjenis fiberglass. Karena dibuat dari serat kaca maka wallpaper ini mudah dibersihkan jika terkena minyak dan bercak noda.

Dengan kualitasnya yang baik, wallpaper dinding ini mampu bertahan 10-15 tahun. Meskipun harganya tergolong mahal namun wallpaper ini minim kerusakan dan memiliki motif yang beraneka ragam.

Baca Juga: 8 Pelapis Dinding Terbaik, Bikin Dinding Rumah Lebih Awet

  1. Tiga Dimensi (3D)

Salah satu jenis wallpaper dinding yang banyak digandrungi masyarakat adalah jenis tiga dimensi (3D) yang terbuat dari bahan plastik yang tebal. Menjadi terfavorit, wallpaper dinding ini terdiri dari motif geometri, motif abstrak batu bata serta motif kayu.

Kelebihan wallpaper dinding 3D jika dibandingkan dengan wallpaper lainnya adalah memberikan efek yang lebih nyata, natural, cocok digunakan di semua ruangan serta mudah ditemukan di pasaran.

Kelebihan Penggunaan Wallpaper Dinding

  • Praktis

Dibanding proses mengecat yang memerlukan tahapan cukup panjang, menggunakan wallpaper dinding dinilai lebih praktis. Cukup membersihkan permukaan dinding kemudian wallpaper siap dipasang. 

  • Menghemat Waktu Pemasangan

Dari segi waktu, pemasangan wallpaper dinding hanya membutuhkan 6- 12 jam saja tergantung ukuran dinding. Bahkan untuk beberapa jenis wallpaper dapat dipasang sendiri tanpa memerlukan bantuan tenaga ahli. 

  • Mudah Diperbaiki

Jika terjadi kerusakan pada sisi tertentu, wallpaper tidak perlu diganti secara keseluruhan cukup ganti saja pada bagian yang rusak. Bahkan jika ingin merubah motif dinding maka hanya perlu mengelupas dan mengganti dengan motif yang baru.

  • Banyak Motif

Berbeda dengan cat dinding yang hanya menyedia berbagai jenis warna, wallpaper dinding memberikan banyak pilihan motif yang menarik. Bahkan jika salah satu bagiannya rusak maka sangat mudah menemukan wallpaper dengan motif dan series yang sama.

Baca Juga: 11 Langkah Cara Memasang Wallpaper Dinding yang Paling Mudah Kamu Tiru

Kekurangan Penggunaan Wallpaper Dinding

  • Warna Mudah Pudar

Salah satu kekurangan dari wallpaper dinding adalah warnanya akan mudah pudar jika sering terpapar langsung oleh sinar matahari. Oleh karena itu Anda  sebaiknya perlu untuk memperhatikan letak pemasangannya.

  • Mudah Robek 

Meskipun beberapa jenis wallpaper tahan terhadap lembab dan jamur namun jika tidak dirawat maka akan membuat lapisannya mudah robek. Karena itu perlu diperhatikan sirkulasi udara serta cara perawatanya.

  • Harga Cukup Mahal

Meskipun praktis dan dikenal lebih menghemat pemasangan, memilih wallpaper untuk dinding Anda juga harus menyiapkan gocek yang cukup. Mengapa? Karena wallpaper biasanya dihitung berdasarkan berapa banyak roll yang digunakan serta kualitas wallpaper yang diinginkan. Sementara itu, untuk cat dinding, Anda cukup menghitung per kaleng sesuai dengan kebutuhanmu dan lebih mudah untuk diminimalisir.

Setelah mengenal jenis serta kelebihan dan kekurangan penggunaan wallpaper dinding apakah Anda tertarik untuk mengaplikasikan pada rumah impian Anda? Jika iya, sudahkah anda menemukan hunian yang tepat untuk mewujudkannya!

Mustika Village Sukamulya adalah salah satu hunian prestigious yang mampu mewujudkan impian ada dari segi eksterior maupun interior. Dengan desain terkini, bukanlah angan-angan semata bercengkrama dengan anggota keluarga pada ruangan berhias wallpaper dinding yang nyaman dipandang mata.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.