MUSTIKALAND.CO.ID - Mendesain sendiri rumah yang kita tempati tentu sangat menyenangkan. Meski dalam membuat sebuah desain dibutuhkan keterampilan dan keahlian khusus, namun bukan berarti orang awam atau pemula tidak dapat melakukannya. Nah, bila Anda bukan kalangan profesional dan belum begitu mahir dalam membuat desain rumah, tak perlu khawatir. Pasalnya, dewasa ini banyak aplikasi desain rumah yang akan memudahkan Anda dalam membangun rumah impian. Meski ada beberapa yang berbayar, tapi aplikasi ini akan memberi Anda kepuasan dalam membuat desain. Supaya Anda tidak bingung, berikut 10 aplikasi desain rumah yang paling sering digunakan profesional.

Houzz Interior Design Ideas

Houzz Interior Design Ideas

Siapa yang tidak mengenal aplikasi Houzz. Bisa dibilang, Houzz menjadi salah satu aplikasi desain rumah yang paling banyak digunakan baik itu profesional maupun orang awam yang ingin belajar membuat desain atau sketsa. Bukan tanpa alasan, selain karena mudah digunakan dan ramah bagi pemula, aplikasi yang satu ini juga menyediakan 11 juta foto yang berkaitan dengan desain rumah yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Tidak cukup hanya itu, sebagai salah satu aplikasi desain rumah terbaik, Houzz juga menawarkan berbagai fitur lengkap. Salah satunya yaitu fitur Sketch, dimana fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggambar dari foto secara langsung. Aplikasi Houzz Interior Design Ideas juga sudah tersedia di beberapa platform seperti Android dan PC. 

SketchUp 

sketchup app

Aplikasi berikutnya yang patut Anda gunakan adalah SketchUp. Serupa dengan Houzz Interior Design Ideas, SketchUp juga menjadi salah satu aplikasi desain rumah yang banyak digunakan arsitek profesional. Selain desain interior, SketchUp juga memungkinka Anda untuk membuat arsitektur lanskap, teknik sipil hingga desain film. Berbicara soal fitur, SketchUp dilengkapi dengan banyak fitur menarik, salah satunya Warehouse. Aplikasi SketchUp Viewer sendiri bisa Anda dapatkan dengan mendownloadnya di Google Play dan App Store untuk iOS.

Floorplanner

Floorplanner

Selain SketchUp, aplikasi desain rumah selanjutnya ada Floorplanner yang merupakan ekstensi Google Chrome. Anda bisa menggunakan aplikasi yang satu ini untuk mendesain ruang tamu, ruang utama, ruang kerja, kamar tidur, kamar mandi, teras dan juga dapur. Item yang disediakan Floorplanner dengan bentuk 2 dan 3 dimensi juga cukup lengkap, seperti miniatur manusia, taman, alat elektronik, panel bahkan hewan peliharaan. 

Intinya, pekerjaan mendesain yang sebelumnya sulit, dengan Floorplanner menjadi lebih mudah dikerjakan. Karena Floorplanner adalah ekstensi Chrome maka untuk dapat menggunakan aplikasi ini terlebih dahulu Anda harus masuk dan mendownloadnya di Chrome Web Store.

Planner 5D

Planner 5D

Serupa dengan Floorplanner, Planner 5D mempunyai kemampuan cukup baik dalam membuat desain sebuah rumah, bahkan bisa dibilang lebih baik. Mengapa demikian? Pasalnya, aplikasi Planner 5D  tidak hanya tapi juga dilengkapi dengan fitur RV View. Dimana fitur ini memungkinkan pengguna seolah-olah seperti berada di dalam desain rumah dan menjelajahnya secara detail. 

Planner 5D hadir bagi pengguna Android, App Store dan juga PC. Terkait cara penggunaan, Anda tidak perlu khawatir. Dengan banyaknya item pendukung serta tampilannya yang user friendly, Planner 5D sangat ramah bagi Anda yang awam akan desain sekalipun. 


Baca Juga: Rumah Kontainer Alternatif Hunian di Pinggiran Kota

HomeByMe

HomeByMe

HomeByMe adalah salah satu aplikasi desain rumah yang bisa Anda gunakan secara gratis, termasuk item yang terdapat di dalamnya. Berbeda dari aplikasi kebanyakan, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengatur skala hingga ketebalan dinding. Bagi Anda yang hobi mendesain diatas kertas, juga memberi kemudahan kepada Anda untuk dapat memindahkan desain tersebut ke dalam aplikasi HomeByMe dengan di scan terlebih dulu. 

AutoCad

AutoCad

Bisa dibilang, dari sekian banyak aplikasi desain yang ada AutoCad merupakan software desain yang paling dikenal dan paling banyak digunakan kalangan profesional. Ada banyak hal mengapa AutoCad begitu disukai arsitek, diantaranya penggunaannya yang cepat dan efisien, fleksibel dan praktis karena gambar dapat dicetak beberapa kali, kompatibel kemudian akurasi yang presisi dan memiliki bidang gambar yang tidak terbatas. 

Dibalik performanya yang mumpuni, sayangnya dibanderol cukup mahal yaitu sekitar Rp. 2 juta untuk satu bulan dan Rp 15 jutaan untuk satu tahun. Tapi Anda tidak perlu cemas, karena AutoCad juga mengeluarkan versi gratis resminya bagi pelajar dan mahasiswa dan edukator yang mengajar AutoCAD. 

Roomstyler 3D Home Planner 

Roomstyler 3D Home Planner

Anda yang gemar mendesain rumah tentu menginginkan aplikasi yang user friendly atau yang mudah digunakan. Nah, Roomstyler 3D Home Planner adalh salah satu aplikasi desain rumah yang tepat untuk Anda pilih karena ramah bagi pengguna. Bila Anda belum mahir dalam membuat desain, Roomstyler 3D Home Planner akan membantu Anda melalui video tutorial yang telah disiapkan. Tak lupa, aplikasi ini juga menyediakan berbagai item pendukung dalam bentuk 3D yang membuat tampilan semakin menarik.

MagicPlan

MagicPlan


Sebagaimana aplikasi desain rumah lainnya, MagicPlan juga dibekali dengan berbagai fitur menarik yang akan membantu Anda dalam mendesain rumah idaman. Namun, satu hal yang membuat aplikasi ini terasa lebih spesial dibanding aplikasi sejenis, yaitu adanya fitur perhitungan biaya. Dimana dengan fitur ini Anda bisa menghitung estimasi besaran biaya yang dibutuhkan pada desain yang Anda buat. Tidak heran jika MagicPlan di lebih dari 100 negara MagicPlan menduduki peringkat pertama best software kategori Utility. Sayangnya, software ini tidak menyediakan versi gratis.

Home Outside

Home Outside

Jika Anda menginginkan aplikasi desain rumah yang ramah pengguna dan ekonomis, aplikasi Home Outside adalah solusinya. Dengan hanya merogoh kocek sebesar Rp35.000 Anda sudah bisa menggunakan Home Outside sesuai kebutuhan. Meski harganya cukup terjangkau, namun aplikasi ini dibekali dengan berbagai fitur yang memudahkan Anda dalam mendesain rumah impian.

SmartDraw 

SmartDraw


Ada banyak alasan mengapa Anda perlu menggunakan SmartDraw sebagai aplikasi desain rumah. Diantaranya, SmartDraw sudah dibekali dengan berbagai fitur dan template terlengkap. Tidak hanya itu, selain menyediakan template terlengkap, Anda bisa menyimpan hasil desain Anda ke dalam Google Drive, Dropbox dan Onedrive, hasil desain rumah yang sudah Anda buat juga bisa Anda ekspor ke dalam bentuk Visio maupun SVG.

Itulah 10 aplikasi desain rumah yang akan sangat membantu Anda dalam mendesain rumah impian. Dengan banyaknya aplikasi yang ada, Anda akan lebih mudah dalam merancang desain rumah. Sebelum menggunakan pastikan Anda tahu bagaimana cara menggunakannya, agar fitur-fitur yang ada dalam Anda gunakan dengan maksimal.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.