MUSTIKALAND.CO.ID - Matahari adalah sumber energi paling besar dalam peradaban manusia. Manfaat energi bagi kehidupan manusia pun sangat banyak. Energi yang dihasilkan matahari bagi manusia secara garis besar terbagi menjadi 2, yaitu energi panas dan energi cahaya, dan kedua energi tersebut dimanfaatkan secara optimal bagi kehidupan manusia.


Sinar matahari mengandung vitamin D yang berguna untuk kesehatan fisik manusia. Vitamin D mampu menyehatkan kulit dan menyembuhkan penyakit. Juga, berolahraga di bawah pancaran sinar matahari membuat tubuh mengeluarkan hormon yang membuat manusia merasa gembira.


Tidak hanya bagi manusia, sinar matahari juga penting bagi hewan dan tumbuhan dalam melangsungkan hidupnya. Bagi hewan, sinar matahari berguna untuk menghangatkan diri mereka. Bagi tumbuhan, pentingnya sinar matahari digunakan untuk proses fotosintesis, yaitu proses pembentukan makanan untuk tumbuhan itu sendiri. Apa saja manfaat sinar matahari bagi makhluk hidup, khususnya manusia? Mari kita simak:

Manfaat Sinar Matahari Pagi

Pagi hari adalah waktu yang sangat baik untuk mendapatkan sinar matahari, yang perannya sangat berguna bagi tubuh manusia karena memiliki banyak dampak positif. Pada dasarnya sinar matahari mengandung sinar Ultraviolet (UV) yang dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin D, yang bermanfaat bagi daya tahan tubuh, metabolisme dan membantu kerja syaraf. Ada beberapa manfaat sinar matahari pagi, yaitu:

  1. Meningkatkan imun atau daya kekebalan tubuh

Menurut penelitian dari Georgetown University Medical Center, sinar matahari dalam suatu mekanisme khusus dapat memberi energi pada sel T yang memainkan peran sentral bagi kekebalan tubuh manusia. Hal tersebut menandakan bahwa sinar matahari mampu mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh.

  1. Menyembuhkan penyakit kulit

Vitamin D yang berasal dari sinar matahari merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh kulit. Oleh karena itu, disarankan untuk berjemur di pagi hari karena hal itu sangat bagus untuk kesehatan kulit.

  1. Mengurangi depresi ringan

Sinar matahari pagi juga dapat mengurangi stres atau depresi ringan. Orang-orang yang rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat terhindar dari stres. Pasalya, sinar matahari memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin, yaitu hormon yang menimbulkan perasaan tenang dan meningkatkan suasana bahagia hati.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Bagian retina mata yang terpapar sinar matahari akan menghasilkan serotonin yang dapat membantu tubuh mengatur jam internal sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang.

  1. Memperkuat kesehatan tulang

Sinar matahari dapat juga menyehatkan dan memperkuat susunan tulang yang terdapat dalam tubuh manusia. Selain itu, sinar matahari juga dapat memberikan keuntungan dalam membentuk kalsium dan menjaga kadar fosfor dalam darah.

Ada beberapa waktu yang dikatakan sebagai waktu terbaik untuk berjemur, yaitu pagi dan siang hari. World Health Organization (WHO) secara umum mengelompokkan indeks UV menjadi 1-10, dimana 1 merupakan kadar paling rendah (jam 9 - 10 pagi), dan 10 merupakan kadar paling tinggi (diatas jam 10 pagi).


Jika ingin berjemur dalam waktu yang lama, lakukanlah pada waktu jam 9 - 10 pagi. Karena, pada jam tersebut resiko bahaya paparan UV terbilang kecil. Anda dapat berjemur sambil berolahraga pada jam tersebut. Apabila Anda melakukan diatas jam 10, maka bahaya paparan UV termasuk besar, seperti menyebabkan kanker kulit. Maka, tidak disarankan berjemur pada waktu tersebut. 


Baca Juga: Ini Olahraga Ringan dan Murah yang Bisa Dilakukan di Rumah

Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia

Tak bisa dibayangkan betapa besarnya manfaat matahari bagi manusia di bumi. Jika matahari tidak menyinari bumi sehari saja, tentunya bumi akan berada di kegelapan dan betapa banyak kehidupan manusia yang berantakan. Bukan hanya manusia, tumbuhan dan hewan pun membutuhkan sinar dan energi matahari. Manfaat-manfaat tersebut adalah:

  1. Pembangkit listrik tenaga surya

Tenaga matahari termasuk dalam jenis sumber energi terbarukan atau tidak terbatas, maka dari itu manusia terus mengupayakan bagaimana cara mengoptimalkan sumber daya ini agar memberikan manfaat yang banyak bagi manusia.

  1. Sumber cahaya

Manusia tidak bisa hidup tanpa listrik yang menjadi sumber energi kehidupan. Bayangkan bila tidak ada matahari sebagai sumber cahaya utama di yang menyinari bumi ini.

  1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat energi matahari yang lain adalah bisa menurunkan tekanan darah. Menurut penelitian Journal of Investigate Dermatology Suggest, paparan sinar matahari dapat melebarkan pembuluh darah, dalam hal ini memberikan ruang bagi pembuluh darah untuk dapat mengalir dengan normal. 

  1. Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Menurut penelitian The Institute of Medicine, setiap hari seorang manusia diharuskan untuk menyerap asupan vitamin D sebanyak 4000-9000 IU per hari. Dan selama masa pandemi ini, vitamin D sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, banyak orang berjemur di pagi hari untuk menghilangkan virus.

  1. Menurunkan berat badan

Paparan sinar UV dari matahari yang mengenai tubuh kita dapat membuat kolesterol berubah menjadi vitamin D, yang tentunya cocok bagi Anda yang ingin meurunkan berat badan. 


Baca Juga: 7 Gerakan Olahraga yang Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Wajah

Selain manfaat-manfaat sinar matahari yang disebutkan diatas, secara spesifik sinar matahari mampu membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan sehat. Sinar matahari mampu mengobati beberapa penyakit kulit seperti jerawat, eksim, penyakit kuning, jamur dan psoriasis (peradangan kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, terkelupas dan terkadang terasa gatal). Agar hasilnya optimal, Anda sebaiknya melakukan beberapa cara sebagai berikut:

  1. Usahakan terkena langsung sinar matahari

Untuk mendapatkan hasil maksimal, usahakan kulit Anda terkena sinar matahari secara langsung. Khususnya untuk kulit wajah, paparan langsung sinar matahari di jam-jam terbaik sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah Anda.

  1. Lakukan olahraga sambil berjemur

Sembari berjemur di bawah sinar matahari, lakukan gerakan-gerakan tubuh atau olahraga, hal ini dimaksudkan agar tubuh juga bisa bergerak. Lakukan jalan santai, lari atau olahraga lainnya. Atau Anda juga bisa melakukan aktivitas lain yang bisa membuat tubuh bergerak, seperti mencuci kendaraan atau menyapu halaman rumah.

  1. Gunakan pakaian lengan panjang

Gunakan pakaian lengan panjang, kacamata hitam dan topi. Hal ini dimaksudkan agar sinar matahari tidak langsung mengenai tubuh Anda, khususnya apabila Anda berjemur di waktu-waktu yang memiliki kadar UV tinggi. 

  1. Gunakan lotion kulit

Hal ini bertujuan agar sinar matahari yang langsung terkena kulit tidak serta merta merusak kulit Anda. Gunakanlah lotion yang mengandung SPF (Sun Protector Factor) 24 atau diatasnya.

  1. Beristirahat sebentar

Jika kulit mulai terasa panas atau tubuh terasa lelah, maka sebaiknya Anda beristirahat. Berteduhlah di tempat yang tidak terkena sinar matahari dan lakukan hal-hal yang membuat rileks seperti meminum air, agar Anda tidak kekurangan cairan.

  1. Perbanyak minum air putih

Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak terkena dehidrasi. Dengan minum cukup air, hal itu juga membantu perbaikan dan kesehatan kulit, termasuk kulit wajah. 


Baca Juga: Fakta dan Manfaat Minum Air Putih yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Matahari Bagi Manusia, Hewan, Dan Tumbuhan

Makhluk hidup di bumi sangat membutuhkan matahari dan sinarnya untuk kehidupan. Banyak manfaat yang bisa didapat dari tercurahnya sinar matahari setiap hari bagi makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan.

  1. Manfaat bagi manusia

Sinar matahari yang bermanfaat bagi manusia, salah satunya bisa dilihat dari kandungan sinarnya yang mengandung vitamin D. Vitamin jenis ini sangat dibutuhkan oleh manusia, khususnya bagi mereka yang menginginkan kesehatan kulit dan tulang. Tidak hanya itu, sinar matahari juga mampu mengatasi berbagai penyakit berat seperti kanker usus besar dan kanker pankreas. Untuk itu, disarankan agar banyak-banyak berjemur di jam-jam tertentu untuk mendapatkan manfaat langsung sinar matahari.

  1. Manfaat bagi hewan

Hewan memanfaatkan sinar matahari untuk menghangatkan tubuh agar bisa bertahan hidup. Selain itu, sejumlah hewan membutuhkan sinar matahari untuk membantu memperlancar proses pencernaan makanan.


Sinar matahari dibutuhkan hewan yang tidak bisa melihat dalam kegelapan untuk mencari mangsa, untuk makan dan bertahan hidup. Dan hewan juga dapat mengatur siklus kehidupannya (bangun pada siang hari, tidur pada malam hari) dengan adanya sinar matahari.

  1. Manfaat bagi tumbuhan

Bagi tumbuhan, sinar matahari diperlukan untuk proses pembuatan makanan atau fotosintesis. Energi dari sinar matahari juga berperan dalam pembentukan warna hijau dari tumbuhan. Sinar matahari berguna pula untuk pertumbuhan bunga, mengatur suhu tumbuhan agar tumbuh dengan baik. Cara untuk merawat tumbuhan juga relatif mudah, tempatkan agar terkena sinar matahari baik langsung maupun tidak langsung.

Jadi, itulah manfaat sinar matahari yang sangat berguna bagi kehidupan umat manusia dan makhluk hidup di bumi. Matahari yang diciptakan langsung oleh Tuhan Yang Maha Esa, sudah sepantasnya menjadi suatu hal yang patut disyukuri, dengan cara kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Mari kunjungi proyek kami:


Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].