MUSTIKALAND.CO.ID - Masalah tentang pemanasan global sudah menjadi topik yang selalu dibicarakan. Berbagai cara juga telah diupayakan untuk mengurangi pemanasan global yang ada. Salah satu upaya tersebut adalah kawasan yang ramah lingkungan.


Tidak hanya kawasan ramah lingkungan namun teknologi ramah lingkungan juga dilaksanakan. Selalu mengupayakan segala teknologi yang ada untuk membuat teknologi ramah lingkungan. Ayo ketahui apa itu ramah lingkungan agar kamu bisa menerapkannya!

Apa itu Ramah Lingkungan

Apa itu Ramah Lingkungan


Ramah lingkungan atau dalam bahasa inggris dikenal dengan nama go-green merupakan pemasaran yang mengarah pada produk dan jasa, hukum, kebijakan serta pedoman yang berusaha untuk meminimalisir bahkan meniadakan bahaya pada ekosistem lingkungan. Dari pengertian ini kamu bisa mengetahui bahwa semua cara yang berhubungan dengan perbaikan ekosistem lingkungan adalah cara untuk mewujudkan ramah lingkungan.


Sebagaimana sejak dulu kita dididik dan dihimbau untuk selalu menerapkan gaya hidup yang ramah lingkungan. Sekarang banyak sekali kebijakan-kebijakan untuk mendukung aksi ini. Salah satu trend ramah lingkungan yang paling mudah dilakukan adalah mengurangi penggunaan kantong plastik. Sudah banyak pusat perbelanjaan yang mengharuskan pelanggan untuk membawa kantong belanja sendiri atau menggunakan kardus barang belanjaan yang banyak.

Gaya hidup atau upaya ramah lingkungan

Gaya hidup atau upaya ramah lingkungan


Seperti yang dikatakan sebelumnya, sudah banyak upaya ramah lingkungan seperti harus membawa tas belanjaan sendiri. Hal ini tidaklah serta merta bisa kamu lakukan dengan perasaan enteng. Ada kalanya kamu akan merasa berat saat pertama kali membawa kantong belanjaan sendiri. Ribet! Tapi kamu harus menjadikannya bagian dari gaya hidup.


Memunculkan berbagai macam teknologi ramah lingkungan adalah cara untuk mewujudkan ramah lingkungan. Teknologi-teknologi ini fokus pada pemanfaatan ekosistem dengan sebuah alat atau sebuah teknik. Berikut contohnya:

1. Panel surya

Pasti kamu sudah tidak asing dengan panel surya. Saat ini panel surya sudah menjadi pilihan yang harus dipertimbangkan saat membangun rumah. Alat ini dapat menyimpan banyak energi yang nantinya diubah menjadi energi listrik sehingga tidak menimbulkan polusi karena itu saat ini panel surya memiliki banyak ukuran.

2. Biogas

Teknik yang memanfaatkan limbah buangan menjadi bahan bakar ini sudah terkenal seantero Indonesia. Sudah ada beberapa daerah yang menerapkan biogas untuk keseharian. Bahan bakar yang dihasilkan bisa diubah menjadi bahan bakar listrik maupun gas.

3. Kincir angin

Angin yang menerpa kincir angin ini diubah menjadi pengganti bahan bakar fosil. Bahan bakar yang dihasilkan tidak akan menimbulkan polusi. Dengan ini semua elemen bisa dimanfaatkan untuk sumber bahan bakar.

4. Mobil listrik

Mobil listrik sudah mulai memasuki Indonesia. Charger mobil ini bisa dipasang di rumah namun sekarang sudah ada beberapa titik untuk mengisi bahan bakar listrik di tol maupun di tempat parkir pusat perbelanjaan. Jangan khawatir, mobil listrik ini bisa melaju hingga 600 km dengan bahan bakar penuh.

Rooftop garden dan area hijau


Rooftop garden dan area hijau


Rooftop garden atau taman di atas atap ini bisa menambah nilai keindahan rumah mu. Kamu bisa menanami atap rumahmu atau membuat lahan rooftop lalu menanaminya dengan banyak tanaman sesuai keinginan. Mengadakan area hijau atau taman di depan rumah juga ide yang bagus. Area hijau ini tidak harus melulu di area depan rumah. Kamu juga bisa membuat area hijau terbuka di tengah-tengah rumah mu.

1. Lampu seumur hidup

Teknologi ini merupakan temuan mahasiswa Universitas Brawijaya. Bahan bakar yang digunakan adalah bakteri yang menempel pada cumi-cumi, bioluminescence. Lampu ini bisa menyala seumur hidup karena bakteri ini akan menghasilkan indukan baru saat mati. Kamu hanya perlu memberikan makanan berupa fermentasi sayuran organik.

2. EcoATM

Kinerja alat ini adalah dengan memasukkan barang elektronik bekas lalu mesin akan mengecek kondisi barang kemudian uang akan keluar sesuai dengan harga barang, seperti mesin botol bekas di Jerman! Barang bekas yang sudah masuk ini akan didaur ulang.

3. Lantai penghasil listrik

Teknologi satu ini ada di Jepang. Lantai yang ada di stasiun-stasiun ini mengubah tekanan menjadi tegangan listrik. Semakin banyak orang yang berlalu lalang maka semakin banyak pula energi yang dihasilkan.

4. Peti mati mudah terurai

Peti mati dengan bahan dasar pelepah pisang, bambu, kayu pinus, dll ini dibuat oleh sebuah perusahaan di Colorado. Kremasi menghasilkan amunisi tinggi pada atmosfer sehingga peti mati ini dibuat. Peti ini juga lebih ramah lingkungan dari pada peti mati kayu biasa.

5. Kulkas tanpa listrik

Kulkas ini ditemukan pada tahun 2015 lalu oleh siswa SD dan memenangkan medali perunggu di World Creativity Festival, Korea. Bahannya terdiri dari styrofoam, air dingin, dan pasir. Kulkas ini bisa menjaga kesegaran sayuran dalam seminggu.


Selain teknologi-teknologi di atas, kamu juga bisa menerapkan beberapa hal ke dalam gaya hidup mu. Hal-hal yang terkesan sepele ini bisa banget membantu melakukan gerakan go-green.

Memilih barang dengan kemasan yang ramah lingkungan

Memilih barang dengan kemasan yang ramah lingkungan


Kemasan yang ramah lingkungan adalah kemasan yang minimalis dan dapat terurai agar tidak membahayakan lingkungan. Lebih baik kamu memilih teh yang masih berbentuk dedaunan dan diseduh sendiri daripada membeli teh sachet atau teh kantong. Dengan begitu kamu hanya membuang satu bungkus teh saja. Mengganti pasir kucing dengan tofu cat litter juga merupakan langkah yang bijak. Karena berbahan dasar ampas tahu, tofu cat litter ini bisa dibuang ke saluran air dan terurai tanpa menimbulkan polusi.

1. Mengganti tisu dengan kain lap

Manfaatkanlah baju yang sudah usang menjadi kain lap. Meskipun tidak bisa langsung menghilangkan kebiasaan menggunakan tisu, tapi kamu bisa meminimalisir penggunaanya untuk membersihkan area kotor yang luas dengan kain lap.

2. Menggunakan sabun ramah lingkungan

Coba ganti sabun mu dengan sabun yang lebih ramah lingkungan. Sabun yang dilengkapi dengan bahan-bahan organik dan mudah diurai sudah banyak beredar. 

Contoh ramah lingkungan

Contoh ramah lingkungan


Ada salah satu contoh upaya mewujudkan gerakan ramah lingkungan adalah membuat lahan hijau atau taman di tengah kota. kamu pernah melihat bukan ada taman sepanjang jalan lebar sebagai pembatas antar arah?. Hukum yang mewajibkan para developer untuk membuat area hijau di dalam perumahan juga merupakan salah satu perwujudan ramah lingkungan. Selain memperbaiki ekosistem, area hijau ini juga memberikan keseimbangan pada overview perumahan tersebut.


Mustika Park Place Bekasi dibangun dengan konsep Budaya Ramah lingkungan. Dimana terdapat taman hijau dan danau resapan yang dapat menyumbang perbaikan ekosistem serta menjadi tempat relaksasi keluarga saat jenuh melanda.


Sekarang kamu sudah tahu apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan gerakan ramah lingkungan. Lakukanlah hal-hal kecil yang bisa mengurangi global warming. Dari hal kecil ini kamu bisa menjadikannya kebiasaan bagus untuk masa depan nanti.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.