MUSTIKALAND.CO.ID - Jika Kamu begitu kesulitan untuk mendapatkan suasana hingga lingkungan rumah yang aman dan nyaman, mungkin rumah cluster dapat menjadi pilihan yang tepat. Jika masih terdengar begitu asing di telinga, rumah cluster adalah perumahan atau rumah yang dibangun secara berkelompok dalam lingkungan yang sama bahkan dalam bentuk yang sama. 


Supaya lebih mengerti dan memahami lebih dalam apa itu rumah cluster, Kami akan memberikan Kamu berbagai macam informasi menarik mulai dari ciri-ciri, spesifikasi, keuntungan, hingga contoh sederhananya pada ulasan berikut ini. Yuk simak bersama!

Ciri-ciri Rumah Cluster

Ciri ciri Rumah Cluster

  1. Desain dan Bangunan Rumah Sama


Ciri-ciri rumah cluster yang pertama kali bisa Kamu kenali adalah desain dan bentuk bangunan yang sama persis. Namun kini sudah banyak komplek perumahan yang juga membangun hingga memiliki desain yang sama. Berbeda dengan rumah cluster, biasa setiap kelompok cluster pasti memiliki desain yang berbeda. Misalnya saja Cluster X memiliki desain rumah Y sedangkan Cluster J memiliki desain rumah K. Jika Kamu menemukan ciri-ciri ini pada rumahmu dan sekitarnya, berarti sebuah komplek Kamu termasuk dalam rumah cluster.


Tertarik untuk menemukan rumah cluster murah atau penawaran harga rumah cluster terbaik? Salah satu rumah cluster bekasi yang bernama Mustika Park Place dapat menjadi pilihan yang sempurna. Kamu dapat menikmati berbagai macam fasilitas menarik lengkap dengan tanaman hijau, danau resapan, hingga club house (kolam renang, lapangan basket). Kawasan yang berlokasi di Jl. Burangkeng Raya, Setu - Bekasi, Kec. Setu, Jawa Barat ini juga dilengkapi dengan minimarket sehingga Kamu tidak perlu keluar komplek perumahan untuk berbelanja. 

  1. Punya Fasilitas Lengkap milik Bersama


Ciri berikutnya yang bisa Kamu temukan dalam rumah cluster adalah fasilitas yang dapat digunakan bersama layaknya ruang terbuka hijau, pusat kebugaran hingga taman bermain anak. Lebih amannya lagi, fasilitas yang terletak di dalam komplek hanya boleh digunakan oleh penghuni cluster sehingga jangan khawatir keamanan selama menggunakan fasilitas umum menjadi terganggu.

  1. Punya Gerbang Masuk


Bicara tentang keamanan, rumah cluster umumnya memiliki minimal 1 atau 2 gerbang pintu yang dijaga selama 24 jam non stop oleh petugas keamanan yang telah ditugaskan. Jika Kamu bermimpi memiliki kompek dengan keamanan ketat, rumah cluster dapat menjadi pilihan yang sempurna.

  1. Punya Lebih dari 1 Unit Rumah


Ciri-ciri terakhir yang bisa Kamu temukan dalam rumah cluster adalah memiliki lebih dari 1 unit rumah atau punya banyak unit rumah yakni dapat mencapai puluhan bahkan ratusan unit. Sangat mudah bukan membedakannya dengan komplek perumahan biasanya?

Spesifikasi Unit Rumah Cluster

Spesifikasi Unit Rumah Cluster


Tidak hanya ciri-ciri, spesifikasi rumah cluster juga berbeda dari yang lainnya. Sehingga dirasa perlu untuk Kami bahas kali ini. Spesifikasi rumah cluster khususnya pada bagian unit meliputi jumlah lantai, kamar tidur, kamar mandi hingga luas tanah yang berbeda. Setiap cluster tentu memiliki spesifikasi masing-masing. Misalnya Cluster A merupakan sebuah unit 1 lantai dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dengan tanah seluas 38 meter persegi. Sedangkan Cluster B merupakan unit 2 lantai dengan 4 kamar tidur, 2 kamar mandi dengan luas tanah 55 meter persegi.

Keuntungan dan Kekurangan Rumah Cluster

Keuntungan dan Kekurangan Rumah Cluster


Rumah cluster memiliki berbagai macam keuntungan yang bisa Kamu peroleh diantaranya komplek perumahan yang lebih aman dan nyaman. Rumah tanpa pagar membuat halaman terasa lebih luas. Begitu ramah anak karena komplek hanya memiliki akses terbatas bagi orang luar dan terakhir Kamu bisa menikmati berbagai fasilitas lengkap yang memadai. Selain keuntungan, terdapat pula kekurangan rumah cluster yang juga perlu Kamu ketahui. Salah satunya adalah tidak adanya kebebasan dalam membentuk rumah seperti yang diinginkan karena kondisi rumah sudah dalam keadaan dibangun.

Contoh Sederhana

Contoh Sederhana


Contoh rumah cluster kali ini akan Kami berikan dalam bentuk sederhana yang mudah untuk Kamu cerna. Meski sudah dibahas sebelumnya namun tidak ada salahnya kami akan berikan penjelasan kembali. Jika kamu menemukan sebuah komplek perumahan yang memiliki beberapa bagian dan setiap spot atau bagian dari komplek tersebut memiliki desain dan bentuk bangunan yang berbeda maka dapat disimpulkan bahwa komplek tersebut merupakan rumah cluster.

Perbedaan Rumah Cluster dan Subsidi

Perbedaan Rumah Cluster dan Subsidi


Pasti tidak sedikit dari Kamu hingga kini masih belum bisa membedakan rumah cluster dan subsidi karena terdapat ciri-ciri yang sama. Padahal, perbedaan rumah cluster dan subsidi sangat mudah untuk dikenali.


Hal yang paling mencolok adalah rumah subsidi biasanya dibangun rata-rata dalam bentuk kecil yakni berukuran type 36 yang biasanya terletak jauh dari kota. Rumah bersubsidi dibuat sebagai salah satu program sejuta rumah sehingga harganya pun terjangkau. Sedangkan rumah cluster sebaliknya.


Setelah membaca dengan seksama ulasan di atas, Kamu kini pasti sudah tidak bingung lagi bukan apa itu rumah cluster, ciri-ciri, spesifikasi hingga perbedaan dengan rumah bersubsidi yang mungkin terdengar umum di telinga. Semoga ulasan di atas dapat menambah pengetahuan Kamu dalam bidang properti ya.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.