MUSTIKALAND.CO.ID - Apakah Anda punya masalah perut buncit sehingga mengganggu kepercayaan diri? Sebuah lembaga di Amerika bernama American Association of Retired Persons mengatakan orang yang memiliki lemak di perut memiliki risiko tinggi terhadap berbagai penyakit berat seperti jantung, stroke, kanker, diabetes, dan lainnya. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan olahraga perut secara rutin.

Salah satu solusi mengecilkan perut buncit selain diet adalah rutin melakukan olahraga. Ada beberapa jenis gerakan olahraga mengecilkan perut yang bisa Anda coba. Berikut tujuh gerakan olahraga yang ampuh membakar lemak dan mampu mengecilkan lingkar perut. Apa saja?

1.  Cross Crunch

Gerakan olahraga satu ini dapat mengecilkan perut asal Anda melakukannya secara rutin. Selain bisa mengecilkan perut, gerakan ini juga dapat mengecilkan paha. Sebab lemak yang tersimpan di paha akan terbakar. Selain itu, jaringan otot paha juga akan terbentuk sehingga paha Anda lebih kencang.

Untuk melakukan gerakan ini Anda berbaring di atas matras. Kedua tangan berada di belakang kepala. Angkat lutut kanan ke arah kiri, sementara itu di saat yang bersamaan siku kiri juga digerakkan agar bisa menyentuh lutut kanan. Lakukanlah sisi kanan dan kiri secara bergantian selama sepuluh kali.

2.      Sit-Up

Gerakan olahraga sit-up sudah terkenal keampuhannya untuk mengecilkan perut. Anda bisa melakukan gerakan ini di mana saja, termasuk di atas kasur karena gerakannya yang relatif mudah.

Anda hanya perlu telentang di matras atau kasur dan tekuk kedua lutut. Lalu, letakkan kedua tangan di belakang kepala. Selanjutnya, angkat kepala sampai perut Anda mendekat ke lutut. Lakukan gerakan ini secara berulang sampai 40 kali.

Baca Juga: Ini Olahraga Ringan dan Murah yang Bisa Dilakukan di Rumah

3.      Flutter Kick

Bila Anda punya masalah penumpukan lemak pada perut dan paha, rutinlah melakukan gerakan fluuter kick yang disinyalir mampu mengecilkan perut sekaligus paha. Gerakan ini melatih kekuatan otot kaki, terutama pada paha dan juga perut.

Caranya, Anda hanya perlu merebahkan diri di matras. Letakkan kedua tangan di bawah pantat. Kemudian angkat kedua kaki ke atas dalam posisi lurus. Lalu lakukan gerakan menendang dengan tempo cepat, kaki kanan dan kiri saling bergantian. Anda harus melakukannya selama satu menit penuh.

4.      Side Plank

Ada gerakan variasi dari plank yang bernama side plank. Gerakan olahraga mengecilkan perut ini bisa dilakukan baik untuk pria maupun wanita. Lebih menantang dari gerakan plank biasa, gerakan ini bertumpu pada dua titik, yaitu siku dan kaki. Bila Anda melakukan secara rutin, gerakan ini bermanfaat untuk mengecilkan perut dan memperkuat otot punggung.

Cara melakukan side plank adalah dengan memiringkan tubuh ke salah satu sisi. Letakkan siku tepat di bawah bahu dan pastikan tegak lurus dengan tubuh Anda. Luruskan kaki dan tempatkan salah satu kaki lebih depan dari kaki lainnya. Selanjutnya, angkatlah pinggul dan tangan. Pastikan bagian badan hingga kaki benar-benar terangkat. Lakukan sebanyak satu menit.

5.      Squat

Anda bisa melakukan olahraga yang memfokuskan pada latihan beban dan ketahanan otot. Squat adalah gerakan yang bisa mengecilkan perut karena bisa melatih ketahanan otot perut, paha, dan pinggul. Cocok untuk bagi Anda yang mengalami penumpukan lemak di perut dan paha.

Langkah-langkah melakukannya adalah Anda harus berdiri tegak. Kemudian tekuk lutut Anda seolah Anda sedang duduk di atas kursi. Tahan posisi tubuh Anda sampai satu menit dan ulangi terus sampai otot di paha dan perut Anda terasa kencang.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Olahraga Menyenangkan Bersama Keluarga

6.      Lompat Tali

Selain gerakan-gerakan yang bisa Anda lakukan di atas matras, Anda bisa melakukan olahraga lain yang juga ampuh mengecilkan perut. Lompat tali adalah salah satu olahraga yang mudah dan bisa membakar banyak lemak dalam tubuh.

Olahraga yang termasuk ke dalam olahraga kardio ini selain bisa membakar lemak, juga berguna untuk meningkatkan kesehatan paru-paru dan jantung. Lakukan lompat tali setidaknya 30 menit dalam satu hari, karena bisa membakar 500 kalori. Jangan lupa lakukan pemanasan agar pergelangan kaki Anda tidak cedera.

7.      Jogging

Lari santai atau terkenal dengan istilah jogging juga menjadi jenis olahraga yang ampuh mengecilkan perut, karena olahraga ini bisa membakar banyak kalori yang tersimpan dalam tubuh.

Tubuh Anda akan membakar sekitar 596 kalori jika melakukan jogging selama satu jam. Menariknya dalam intensitas satu jam, orang yang memiliki bobot tubuh yang lebih berat bisa membakar kalori yang lebih banyak daripada orang yang bobot tubuhnya tidak terlalu berat. Jadi, olahraga jogging sangat cocok bagi Anda yang berniat mengurangi berat badan.

Itulah gerakan olahraga mengecilkan perut yang bisa Anda lakukan demi memelihara kesehatan dan menjaga penampilan agar tetap paripurna. Namun, selain rutin melakukan olahraga di atas, Anda juga harus menjaga pola makan. Jangan sampai makan berlebihan dan selalu terapkan defisit kalori.

Mustika Park Place yang berlokasi di Jalan Burangkeng, Setu, Bekasi, Jawa Barat ini dapat memenuhi gaya hidup sehat Anda. Memiliki fasilitas olahraga yang lengkap mulai dari jogging track, club house, kolam renang, lapangan olahraga, dan juga ruang terbuka hijau. Fasilitas tersebut bisa mendukung produktivitas Anda sehari-hari termasuk berolahraga. 

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].