MUSTIKALAND.CO.ID - Selama satu tahun terakhir, bersepeda menjadi olahraga yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang. Bersepeda memang olahraga yang mengasyikkan sekaligus menyehatkan. Apalagi jika dilakukan secara rutin, bersepeda akan  memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. 

Nah, apa saja sih manfaat dari bersepeda? Berikut adalah beberapa poin dan penjelasan lengkapnya.

  1. Kondisi Mental yang Baik

Beberapa penelitian menunjukkan jika kegiatan bersepeda memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Salah satu studi yang dilakukan oleh YMCA membuktikan bahwa orang yang rutin melakukan aktivitas fisik memiliki skor kesehatan mental yang lebih tinggi sebesar 32% dibandingkan dengan orang yang malas bergerak.

Hal tersebut dikarenakan tubuh memproduksi hormon endorfin dan adrenalin ketika seseorang melakukan aktivitas fisik, termasuk bersepeda. Dengan tercukupinya kedua hormon tersebut, maka secara psikis juga dapat meningkatkan perasaan bahagia dan percaya diri. Selain itu dengan ketercukupan hormon tersebut juga dapat menghilangkan perasaan cemas, sehingga kondisi mental semakin baik.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Olahraga Menyenangkan Bersama Keluarga

  1. Meningkatkan Imunitas

Para peneliti di Appalachian State University melakukan penelitian yang melibatkan 1000 orang dewasa. Dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa aktivitas fisik memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama pada bagian pernafasan.

Bahkan aktivitas fisik yang ringan seperti bersepeda bisa meningkatkan sistem imun. Tubuh akan memproduksi protein esensial dan mengaktifkan sel putih yang berfungsi untuk menghalau virus sehingga tidak menginfeksi pernafasan atau bagian tubuh lainnya.

  1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu motivasi besar seseorang melakukan olahraga, khususnya bersepeda adalah karena ingin menurunkan berat badan. Dalam hal ini, bersepeda dirasa sangat ampuh untuk membakar lemak. Anda bisa mengambil manfaat bersepeda untuk mengecilkan perut ataupun mengecilkan paha, karena bersepeda selama satu jam dapat membakar 400-1000 kalori. Meski rutin bersepeda, Anda pun juga harus selalu memperhatikan pola makan. Jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh melebihi jumlah kalori yang keluar supaya berat badan bisa cepat turun.

  1. Kemampuan Navigasi Semakin Bagus

Banyak orang tidak memiliki kemampuan navigasi yang baik meski sudah memiliki teknologi canggih seperti google maps. Jika kemampuan navigasi merupakan kelemahan Anda, maka sangat disarankan untuk melakukan olahraga sepeda secara rutin.

Dengan rutin bersepeda, Anda juga dapat sekaligus melatih sensor alami dalam mengingat jalan dan arah. Selama bersepeda, Anda akan menjelajah jalanan, sehingga mengaktifkan kemampuan sensor alami dalam mengingat jalur ataupun arah mata angin.

  1. Membentuk Otot

Tentu Anda pernah mendengar bahwa aktivitas bersepeda sangatlah bermanfaat untuk mengecilkan paha atau perut. Tidak hanya membakar lemak di bagian paha dan perut semata, olahraga sepeda juga dapat membentuk otot, terutama otot di bagian pantat, lutut, paha, dan betis. Tidak heran jika dilakukan secara rutin, memberikan manfaat untuk mengencangkan otot bagian perut dan kaki.

Baca Juga: 4 Fasilitas Olahraga yang Wajib Ada di Kawasan Hunian

  1. Paru-Paru Sehat

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda,  bersepeda juga sangatlah baik untuk lingkungan, lho. Pasalnya, sepeda adalah kendaraan yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi sama sekali, sehingga dinilai baik untuk lingkungan. Selain baik untuk lingkungan, bersepeda juga baik untuk kesehatan paru-paru.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Kings College London bersama dengan Camden Council, membuktikan kalau orang yang mengendarai mobil lima kali lebih besar terkena polusi. Disusul oleh pejalan kaki sebanyak tiga kali lebih besar. Sedangkan seorang pesepeda akan meraih skor paling rendah.

Dengan kata lain, bersepeda dapat menghindarkan tubuh dari toksin polusi sehingga menyehatkan paru-paru. Akan lebih baik jika Anda bersepeda di sore hari karena intensitas polusi tidak terlalu banyak. Jadi, sudah siapkah Anda untuk mendapatkan manfaat  dari olahraga bersepeda?

  1. Mengurangi Kemungkinan Sakit Jantung dan Kanker

Aktivitas fisik yang dilakukan saat bersepeda dapat meningkatkan denyut jantung sehingga memicu jantung memompa darah lebih banyak ke seluruh tubuh yang dapat membakar kalori. Dengan begitu, bersepeda bisa mengatasi kelebihan berat badan atau obesitas.

Selain itu, banyak pakar kesehatan yang menyarankan olahraga sepeda karena memberikan manfaat besar bagi kesehatan. Salah satu studi yang dilakukan oleh University of Glasgow membuktikan dari 260.000 orang yang rutin bersepeda selama lima tahun terakhir bisa mengurangi kemungkinan terkena sakit jantung atau bahkan kanker.

  1. Kualitas Tidur Meningkat

University of Georgia mengadakan sebuah penelitian yang melibatkan laki-laki dan perempuan berusia 20–85 tahun. Dari penelitian tersebut ditemukan adanya penurunan kebugaran sebanyak 2% pada laki-laki dan 4% pada perempuan. 

Turunnya kebugaran tersebut disebabkan oleh buruknya kualitas tidur. Para ahli menyarankan untuk melakukan olahraga secara rutin sebagai cara menanggulangi kualitas tidur yang buruk. Bersepeda juga dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk meningkatkan kualitas tidur.

  1. Ketajaman Otak Meningkat

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga akan berdampak sangat besar pada fungsi otak. Apabila tubuh kurang bergerak, maka akan berpengaruh pada penurunan fungsi kognitif yang mengakibatkan demensia di usia senja.

Berdasarkan penelitian yang diadakan tahun 2013 lalu, peneliti menemukan fakta bahwa orang yang bersepeda secara rutin bisa meningkatkan aliran darah ke otak sebanyak 28%-70% baik saat bersepeda maupun setelahnya.

Meningkatnya aliran darah ke otak tentu sangat berpengaruh untuk menjaga fungsi kognitif. Para peneliti pun menyarankan untuk bersepeda paling tidak 45-60 menit selama empat kali seminggu untuk menjaga fungsi kognitif pada otak.

Itulah sembilan manfaat bersepeda yang dapat Anda rasakan ketika dilakukan secara rutin. Ingin memiliki hunian yang dapat mendukung aktivitas olahraga?

Dapatkan rumah impian untuk keluarga Anda di Mustika Park Place. Selain memiliki harga yang terjangkau serta akses lokasi yang strategis, Anda juga akan mendapatkan nuansa asri yang tak tergantikan. Taman yang asri, serta ruang terbuka hijau semakin membuat nyaman dan tentram.

Tak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan beragam fasilitas olahraga yang lengkap. Dalam hal ini, Anda tak perlu mencari tempat di luar kawasan perumahan hanya untuk berolahraga. Cukup dengan bermukim di kawasan Mustika Park Place, Anda sudah dapat menikmati segala fasilitas yang telah disediakan untuk Anda. Dapatkan segera penawaran perumahan di kawasan hunian modern namun asri terbaik.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.