Salah satu bagian yang dapat memperindah rumah Anda adalah pagar. Selain dapat memperindah rumah, tujuan utama pagar adalah menjaga privasi dan keamanan rumah Anda. Pagar dengan bahan kayu, besi dan aluminium biasa menjadi pilihan utama orang, tapi tahukah Anda bahwa sekarang banyak orang yang memilih tanaman sebagai pagar?

Anda yang memiliki atau sedang berencana untuk memiliki rumah dengan konsep hijau dan natural bisa mempertimbangkan tanaman pagar sebagai alternatif pilihan. Selain membuat asri rumah, tanaman pagar akan membuat rumah Anda aman layaknya pagar pada umumnya.

Karena tidak semua tanaman bisa dijadikan pagar, Anda wajib mengetahui jenis-jenis tanaman apa saja yang bisa dijadikan pagar dan sebagai penghias rumah Anda di bawah ini.


  1. Boxwood

Jenis tanaman pagar yang pertama adalah boxwood. Tanaman pagar ini cocok Anda aplikasikan untuk pagar dengan rumah minimalis yang tidak memiliki banyak tempat untuk tumbuhnya tanaman.

Tanaman pagar boxwood bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 6 meter dan bisa Anda kreasikan dengan berbagai bentuk, seperti bulat, persegi, atau memanjang. Selain itu, boxwood dapat tumbuh dengan cepat dan padat sehingga membutuhkan perawatan rutin agar tetap terlihat indah dan membuat rumah Anda semakin asri.


  1. Bambu

Tanaman bambu dari dulu hingga sekarang memang dikenal memiliki banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh manusia, salah satunya adalah menjadi tanaman hias untuk depan pagar rumah. 

Tanaman pagar hidup satu ini akan membuat rumah Anda semakin berwarna dengan batang yang kuning ditambah dengan daun yang hijau. Selain itu, bambu yang mampu tumbuh hingga 5 meter ini akan menjaga privasi rumah Anda karena tumbuh dengan rapat dan kokoh.


Baca juga: 7 Inspirasi Desain Gazebo Bambu untuk Hunian Minimalis


  1. Lidah Mertua

Jenis tanaman pagar berikutnya yang bisa Anda manfaatkan adalah lidah mertua yang sudah tidak asing di telinga dan mata Anda. Tanaman pagar unik satu ini bisa membuat rumah Anda semakin asri dengan daun tegak berwarna hijau tua.

Lidah mertua hanya bisa tumbuh setinggi 75 cm saja, sehingga jika Anda ingin menjadikannya sebagai tanaman pagar, Anda harus menaruh tatakan agar kelihatan lebih tinggi.

Meskipun ukurannya yang kecil, salah satu daya tarik utama dari lidah mertua adalah kemampuan untuk menyaring senyawa berbahaya berlebih yang ada di udara, seperti karbon dioksida, benzene, formaldehyde, dan lain sebagainya.


  1. Bougenville

Tanaman pagar yang kokoh dan tinggi memang bisa membuat rumah Anda menjadi lebih aman, tetapi tetap jangan melupakan keindahan dari tanaman tersebut. Bougenville bisa menjadi pilihan Anda yang ingin memiliki tanaman pagar indah dan berwarna.

Bougenville atau bunga kertas memiliki bunga yang tipis layaknya kertas dan berwarna indah. Anda dapat memilih bougenville dengan warna yang bermacam-macam, seperti merah muda, kuning, putih, dan ungu.


  1. American Holly

Anda yang menginginkan untuk menanam pohon cemara tapi terhalang oleh luas tanah yang tidak luas, sekarang Anda dapat mencoba untuk menanam American Holly di rumah. 

Tanaman pagar hidup ini bisa menahan panas dari sinar matahari karena dapat tumbuh hingga 20 meter. Tetapi, Anda membutuhkan perawatan ekstra, mulai dari memotong daun-daun agar tidak tumbuh berantakan serta sering membersihkan area sekitar tanaman.


  1. Cemara Kipas

Selain American Holly, ada juga pohon cemara yang berukuran lebih mini dari kedua tanaman tersebut, yakni cemara kipas. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh cemara kipas ialah dapat dijadikan obat herbal untuk penyakit batuk dan demam.

Meskipun tidak setinggi pohon cemara pada umumnya, cemara kipas dapat tumbuh sampai 4 meter sehingga bisa Anda diandalkan untuk menjadi tanaman pagar di rumah Anda.


  1. Soka Jawa

Untuk Anda yang ingin memiliki tanaman pagar di rumah dengan nuansa lokal terutama Jawa, Anda dapat memilih bunga Soka Jawa sebagai penghias depan pagar rumah. Tanaman ini bisa tumbuh layaknya semak dengan bunga berwarna merah dan oranye yang cantik.

Merawat Soka Jawa bisa dibilang gampang gampang susah, Anda diwajibkan mengairi tanaman ini dengan air yang tidak tercampur oleh kapur dan Soka Jawa membutuhkan cahaya yang cukup.


Baca juga: 6 Tanaman Sayur yang Cocok Ditanam di Lahan Sempit


Teh-Tehan

Mungkin nama tanaman pagar unik satu ini asing di telinga Anda, tetapi jika sudah melihat tanaman satu ini, sudah dipastikan Anda pernah melihatnya. Teh-tehan atau teh hutan merupakan tanaman yang umum dijadikan sebagai tanaman pagar.

Teh-tehan cocok dijadikan tanaman pagar karena memiliki daun yang berukuran sedang dan tumbuh rumpun serta bercabang banyak membentuk semak. Tanaman pagar ini dapat menghalau pandangan dari arah luar dan penghalang debu jika dirawat dan dipangkas menyerupai pagar tinggi.

Merawat teh-tehan bisa dibilang cukup mudah, Anda hanya perlu perawatan ekstra saat awal menanam saja dengan menyiram secara rutin sampai umur tanaman mencapai tiga minggu.


  1. Daun Dolar

Rekomendasi jenis tanaman pagar berikutnya yang bisa Anda jadikan penghias rumah adalah daun dolar. Tanaman merambat ini cocok dijadikan tanaman pagar karena daunnya yang kaku sehingga tidak mudah rontok dan berantakan.

Selain bagus untuk dijadikan penghias rumah, ternyata daun dolar juga memiliki khasiat untuk kesehatan, yakni mengobati diare, melancarkan pencernaan, mengatasi pegal-pegal dan masih banyak lagi.

Meskipun umum dijadikan tanaman pagar, ternyata daun dolar juga memiliki pertahanan alami pada daunnya berupa senyawa oksalat yang dapat menyebabkan ruam pada kulit. Jadi, Anda diwajibkan mencuci tangan setelah memegang daun ini dengan sabun hingga bersih.


  1. Kembang Sepatu

Kembang sepatu bisa menjadi pilihan Anda yang ingin pagar rumahnya menjadi lebih indah. Tanaman pagar indah ini tersedia dalam berbagai ukuran dan warna-warna yang cantik.

Daun pada kembang sepatu memiliki daun tunggal yang memiliki tepi bergerigi dan ujungnya meruncing serta bulat panjang. Warna pada daun kembang sepatu merupakan daya tarik utama masyarakat untuk menanam tanaman ini, seperti merah muda, kuning, merah, dan oranye.

Untuk perawatan kembang sepatu, Anda diwajibkan menyiram tanaman ini secara rutin agar kembang sepatu selalu dalam keadaan lembab. Kembang sepatu juga butuh pemangkasan secara rutin agar terlihat rapi tidak berantakan seperti semak liar.


  1. Tanaman Plastik

Rekomendasi tanaman pagar terakhir yang bisa Anda gunakan adalah tanaman plastik. Jika Anda suka hal yang tidak ribet, seperti merawat, memangkas, dan membersihkan tanaman, Anda dapat menjatuhkan pilihan ke tanaman plastik.

Tanaman plastik untuk pagar rumah sudah banyak dijual di toko tanaman pagar offline maupun online dengan harga yang bervariasi tergantung dari ukuran, bentuk, dan kualitas yang ada. 

Itulah beberapa rekomendasi tanaman pagar yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan pagar berbahan besi, kayu, maupun aluminum. Selain kegunaannya sebagai pagar, menggunakan tanaman sebagai pagar juga dapat menambah keindahan rumah Anda.