MUSTIKALAND.CO.ID - Desain rumah kini sangat bervariasi. Mulai dari desain minimalis sampai dengan yang modern. Namun desain tak hanya terbatas dari bentuk bagian depan dan dalam hunian. Model atap rumah pun juga termasuk ke bagian desain yang teramat penting untuk diperhatikan. Salah satu desain yang paling banyak diminati saat ini adalah model atap rumah gaya Eropa. 


Bukan dipilih hanya karena sekadar untuk gaya-gayaan. Namun lebih kepada desainnya yang tidak pernah ketinggalan zaman. Apabila kamu menginginkan rumah dengan gaya atap seperti ini atau model unik lainnya, langsung saja simak beberapa model atap rumah klasik berikut ini.

Model Atap Rumah Gambrel

Model Atap Rumah Gambrel


Kalau kamu ingin model atap rumah yang Eropa banget, bisa memilih desain bernama gambrel. Atap satu ini mempunyai ciri khas empat sisi simetris dan dua lereng di setiap sisi atap. Nah, lereng bagian atas biasanya memiliki sudut dangkal, sedangkan lereng yang lebih pendek mempunyai kemiringan yang cukup curam. 


Kamu yang mungkin masih sulit membayangkannya, atap ini biasa dipakai untuk bangunan di peternakan kuda atau sapi di Eropa. Atap satu ini biasanya digunakan pada rumah minimalis gaya Eropa 1 lantai. Ini dikarenakan atap kurang cocok diaplikasikan pada hunian dengan lebih dari 1 lantai. Jadi bisa dibilang, atap ini sangat cocok bagi kamu yang suka desain sederhana tapi tetap terlihat unik. 

Model Atap Rumah Mansard

Model Atap Rumah Mansard


Desain atap rumah lainnya yang juga sangat sering digunakan warga Eropa untuk rumahnya adalah Mansard. Jenis atap satu ini mempunyai empat sisi yang mana terdapat dua lereng di masing-masing atapnya. Apabila dilihat sekilas, memang model atap rumah ini hampir sama dengan gambrel. Namun sebenarnya, ada sebuah perbedaan antara keduanya. 


Yaitu mansard mempunyai lereng pendek yang lebih curam dan bentuk atapnya sangat bervariasi. Biasanya, atap ini digunakan untuk model rumah klasik Eropa 1 lantai.  Atap ini juga punya beberapa kelebihan. Pertama, bisa menciptakan banyak ruang tambahan untuk loteng atau full tempat tinggal. Lalu yang kedua, sangat fleksibel untuk membuat tambahan ruang. 

Model Atap Rumah Hip

Model Atap Rumah Hip


Apabila kamu ingin yang lebih sederhana, model atap rumah hip atau yang biasa disebut perisai bisa kamu jadikan pilihan. Model hip mempunyai dua bidang trapesium dan juga dua bidang segitiga yang bertemu pada satu garis. Model seperti ini seringkali dipakai di Indonesia untuk desain rumah minimalis. 


Walaupun terlihat sederhana, model satu ini punya banyak kelebihan, lho. Antara lain sangat tahan apabila ada angin kencang, mudah sekali menumpahkan air hujan, memungkinkan lebih banyak ventilasi, dan bisa menyediakan banyak ruangan pada loteng.

Model Atap Rumah Pelana

Model Atap Rumah Pelana


Model atap rumah yang tidak kalah sederhana lainnya adalah pelana. Sesuai dengan namanya, atap ini berbentuk seperti pelana kuda dengan dua sisi miring yang ditopang dengan dinding berbentuk segitiga. Selain berupa dinding, penopang lainnya ada yang terbuat dari baja ringan, besi, dan juga material kayu. Semuanya disesuaikan dengan tema rumah. 


Atap satu ini mempunyai sejumlah keunggulan. Di antaranya adalah mudah menumpahkan air ketika turun hujan, menyediakan banyak ruang untuk loteng, sangat baik untuk menyerap panas, serta pemasangan yang cepat dan mudah. 

Model Atap Rumah Jerkinhead

Model Atap Rumah Jerkinhead


Selanjutnya ada model jerkinhead. Model atap ini merupakan perpaduan antara desain pelana dan hip dengan gaya lebih baru. Kamu akan menemukan banyak sekali hunian dengan atap seperti ini di Eropa. Biasanya, mereka yang menggunakan atap ini ingin terlihat berbeda karena kebanyakan menggunakan atap model gambrel atau mansard.


Tak perlu ragu untuk mencoba mengaplikasikan atap ini pada rumahmu, karena ada banyak keunggulan darinya. Seperti lebih tahan dari terpaan angin, menyediakan lebih banyak ruang di bawah atap, dan desainnya yang cenderung unik. 

Model Atap Rumah Sandar

Model Atap Rumah Sandar

Model lainnya ada yang namanya sandar atau bisa disebut skillion. Sudah jelas dari namanya, atap ini mempunyai karakter dengan atap tunggal miring yang menempel di dinding yang lebih tinggi. Apabila dilihat sekilas, atap ini lebih cocok dipakai untuk melindungi gudang atau ruangan tak berpenghuni lainnya. Namun saat ini, justru atap sandar banyak dipilih karena beberapa keunggulannya. Contohnya saja seperti sangat mudah untuk dibangun, bahan bangunan yang dipakai sedikit, desainnya mempermudah untuk mengalirkan air, dan modelnya sangat estetik. 

Model Atap Rumah Miring

Model Atap Rumah Miring


Selain sandar, ada model atap miring yang hampir sama desainnya. Bedanya, atap miring punya desain dengan satu sisinya lebih panjang dan bagian lainnya cenderung pendek dan miring. Kamu akan sering melihat model atap satu ini di Negara Inggris. 


Sama seperti atap lainnya, model atap rumah miring juga memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya adalah air mudah mengalir ketika sedang hujan, desainnya yang membuatnya lebih tahan lama, bisa memperbanyak ruangan di bagian bawahnya, dan sangat menarik dalam segi eksterior. 

Model Atap Rumah Kubah

odel Atap Rumah Kubah


Apabila kamu ingin menampilkan kesan mewah, model kubah bisa menjadi pilihan. Biasanya, atap dengan mode ini dilengkapi dengan kaca mozaik supaya terlihat lebih klasik dan estetik. Namun tidak hanya memberikan kesan mewah, atap ini juga mempunyai keunggulan yang cukup banyak. Antara lain desain yang tidak akan ketinggalan zaman, cenderung lebih mudah untuk mengalirkan air, dan menampilkan kesan bangunan kolosal zaman dulu. 

Model Atap Rumah Melengkung

Model Atap Rumah Melengkung


Model atap kekinian lainnya ada desain melengkung. Sesuai dari namanya, atap ini mempunyai bentuk melengkung yang dapat dikreasikan sesuka hati. Bisa lengkungan landai, tinggi, terbalik, sebagian, dan masih banyak lagi. Kalau kamu menggunakan model atap ini, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Diantaranya memberikan bentuk halus di dalam hunian, dapat menutupi beberapa bagian rumah, dan air mudah mengalir. 

Model Atap Rumah Gergaji

Model Atap Rumah Gergaji


Selanjutnya, ada model atap rumah gergaji yang tergolong unik. Di mana jika dilihat dari samping, bentuknya menyerupai tampilan gergaji. Pada awalnya, atap ini digunakan untuk bangunan industri seperti pabrik dan semacamnya. Namun, seiring berjalannya waktu, atap ini banyak digunakan untuk hunian. Menariknya, model ini juga punya keunggulan yang di antaranya adalah memperbanyak ruang untuk loteng, bisa menjadi rumah ramah lingkungan, dan memungkinkan banyak cahaya masuk ke dalam rumah. 

Model Atap Rumah Datar

Model Atap Rumah Datar


Terakhir, ada model atap datar yang sangat disukai pecinta desain minimalis modern. Mungkin kamu yang melihatnya sekilas, atap ini benar-benar datar. Padahal, ada sedikit kemiringan untuk kebutuhan aliran air dan drainase. Selain itu, atap ini punya beberapa kelebihan. Seperti bisa dimanfaatkan untuk penthouse, lebih mudah dibangun, membutuhkan lebih sedikit bahan bangunan, dan hunian terlihat lebih modern.. 


Itulah sejumlah model atap rumah yang banyak digunakan saat ini. Ada yang terinspirasi dari gaya Eropa sampai dengan desain kreasi sendiri. Nah, bagi kamu yang ingin membeli hunian dengan model atap sederhana namun tetap elegan, kamu bisa memilih Mustika Village Sukamulya. Perumahan yang berada di Jl. Raya Sukatani, Sukamulya, Cikarang, Bekasi ini mempunyai sejumlah tipe rumah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada tipe Ueno, Shibuya, Ginza, dan Ginza Premium.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.