Punya rencana mengajukan Kredit Agunan Rumah (KAR) untuk masa depan? Jika iya, maka Anda bisa merencanakannya mulai dari sekarang. Coba Anda pahami dahulu seluk-beluk pengajuan cicilan rumah beserta dengan jaminannya melalui pembahasan artikel berikut ini! 

Apa Itu Program Kredit Agunan Rumah?

Salah satu jenis program cicilan yang banyak digunakan orang adalah cicilan agunan rumah. Program cicilan ini memberikan pembiayaan pembelian rumah dalam jangka waktu tertentu dengan menggunakan jaminan. 

Biasanya, jaminan yang digunakan sebagai syarat pengajuan cicilan hunian adalah Surat Keterangan (SK) Pengangkatan Pegawai, BPKB dan STNK, emas, atau deposito. Tanpa adanya jaminan, permohonan Kredit Agunan Rumah Anda akan ditolak oleh bank. 

Syarat Kredit Rumah dengan Jaminan 

Di dalam proses pengajuan kredit rumah, jaminan bukanlah satu-satunya syarat yang wajib Anda penuhi. Ada beberapa persyaratan lain yang harus Anda miliki jika ingin segera di ACC. Nah, berikut ini adalah persyaratannya: 

a. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang menetap dan bertempat tinggal di Indonesia. 

b. Minimal berusia 21 tahun saat pertama kali mengajukan kredit, dan maksimum berusia 55 tahun saat kredit berakhir. 

c. Merupakan pegawai tetap dengan masa kerja minimum 2 tahun. 

d. Memiliki penghasilan tetap minimum Rp5.000.000,00 per bulannya. 

e. Memiliki NPWP atau SPT Tahunan bagi karyawan swasta. 

f. Memiliki agunan sebagai ikatan jaminan. 

Tips Mengajukan Cicilan Rumah dengan Jaminan Agar di ACC 

Jangan takut ditolak oleh bank saat sedang mengajukan proses kredit rumah! Anda tetap bisa memaksimalkan peluang untuk di ACC setelah menerapkan beberapa tips ampuh berikut ini: 

1. Status Properti untuk Kredit Agunan Rumah Jelas

Salah satu alasan mengapa bank menolak proses pengajuan kredit rumah Anda adalah karena status propertinya terindikasi tidak jelas. Artinya, rumah yang Anda pilih tidak diketahui jelas status kepemilikannya, sehingga membuat pihak bank ragu untuk mencairkan pembiayaan kredit. 

Oleh sebab itu, hindari memilih rumah bekas dengan status kepemilikan ganda. Sebaiknya, fokuslah mencari rumah baru atau rumah lelangan dengan status jelas, agar segera di ACC. 

2. Berkas Dokumen Sudah Lengkap

Coba cek ulang kelengkapan berkas-berkas dokumen Anda! Apakah berkas-berkas dokumennya sudah sesuai dengan syarat yang berlaku? Jika belum, maka hal ini dapat menghambat proses persetujuan kredit rumah Anda. 

Maka, solusi terbaiknya adalah selalu lakukan pengecekan berkas sebelum Anda menyerahkannya pada pihak bank. 

3. Riwayat Kredit Sebelumnya Bagus

Proses Kredit Agunan Rumah bisa segera di ACC apabila Anda memiliki riwayat pembayaran yang bagus pada kredit-kredit sebelumnya. Melakukan pembayaran tagihan secara rutin sebelum jatuh tempo dan tidak pernah menunggak cicilan akan membantu Anda memiliki reputasi debitur yang bagus.  

Sebaliknya, riwayat pembayaran cicilan yang sering terlambat dan menunggak akan dinilai buruk oleh bank. Alhasil, proses pengajuan kredit rumah Anda berpotensi untuk ditolak. 

4. Kemampuan Finansial yang Menunjang

Kemungkinan kredit tertolak oleh bank masih bisa Anda minimalisir melalui kondisi finansial yang menunjang. Bank akan menilai Anda sebagai calon debitur potensial, apabila memiliki penghasilan minimum sebesar Rp5.000.000,00 per bulannya. 

Melalui skema perhitungan rata-rata cicilan rumah senilai Rp2.000.000,00 per bulannya, maka gaji tersebut cukup untuk Anda tanggung. Persentase untuk di ACC akan semakin tinggi, apabila Anda belum berkeluarga dan belum memiliki tanggungan anak. 

Tertarik Mengajukan Kredit Agunan Rumah di Mustika Land?

Memilih properti rumah sebagai hunian pertama tidak boleh asal-asalan, supaya tidak menyesal nantinya. Perhatikan detail tipe rumahnya, luas tanah dan bangunannya, fasilitas yang tersedia, hingga cicilan per bulan yang harus Anda bayarkan. 

Bagi Anda yang mau mengajukan Kredit Agunan Rumah dengan fasilitas dan kualitas terbaik, maka Mustika Land bisa menjadi solusinya. Anda tidak perlu lagi pusing-pusing mencari hunian berkualitas dengan harga terjangkau. 

Di Mustika Land, Anda bisa mendapatkan rumah impian dengan cicilan mulai dari Rp1.000.000,00 saja setiap bulannya. Jadi, segera booking rumah impian Anda sekarang juga di situs web Mustika Land