MUSTIKALAND.CO.ID - Salah satu kriteria rumah sehat adalah rumah yang mampu mengatur sirkulasi udara dengan baik. Idealnya, udara dalam ruangan harus berganti sepanjang waktu untuk menghindari keadaan lembab, pengap dan panas. 

Tak cukup dengan penggunaan jendela serta ventilasi, dinding roster minimalis banyak digunakan untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman. Tak hanya berfungsi sebagai jalur keluar masuk udara, dinding roster dapat pula menambah nilai estetika dalam sebuah rumah.

Baca Juga: 7 Macam Ventilasi Rumah Unggulan, Pengap Hilang

Fungsi Roster

Roster minimalis merupakan salah satu elemen bangunan yang sedang banyak digandrungi. Sedang menjadi tren di kalangan masyarakat, roster kini memiliki banyak pilihan bentuk dan dapat digunakan baik di luar maupun di dalam ruangan. Berikut beberapa fungsi penting dari dinding roster.

  • Pagar Luar Rumah

Memiliki nilai estetika yang tinggi, roster kini dimanfaatkan pula sebagai pagar rumah. Roster yang difungsikan sebagai pagar biasa nya terbuat dari beton dengan dominasi warna abu-abu yang elegan. 

  • Furniture Rumah

Untuk memberikan kesan unik, roster dapat digunakan sebagai kursi santai dan diletakan di teras rumah ataupun taman indoor. Caranya cukup mudah, susunlah beberapa potongan roster hingga membentuk persegi panjang. Selanjutnya,lapisi dengan menggunakan spons maupun bantalan kursi.

  • Partisi Ruangan

Beberapa desain interior kini mulai menggunakan roster minimalis sebagai partisi ruang di dalam rumah. Penggunaan roster ini mampu mengurangi jumlah jendela dalam ruangan, karena udara dapat berganti dengan mudah melalui celah-celah yang ada. 

Untuk mengurangi kesan kaku, roster beton dapat dikombinasikan dengan denga kayu, besi maupun material bangunan lainnya. Agar terlihat lebih minimalis, lapisi dengan cat berwarna putih, merah bata maupun coklat kayu.

Baca Juga: Manfaat, Ciri, Standar dan Tips Menciptakan Ventilasi Rumah Sehat

Kelebihan Penggunaan Roster

Semakin diminati oleh masyarakat Indonesia, roster minimalis memiliki berbagai macam kelebihan dibandingkan material lainnya. 

  • Sebagai Ventilasi Udara

Tak hanya sebagai dinding pembatas, roster yang berongga memiliki keunggulan yaitu sebagai ventilasi udara. Keadaan rumah dengan roster terbilang lebih sejuk, tidak pengap serta sehat.

  • Memudahkan Sinar Matahari Masuk

Selain udara, sinar matahari juga penting untuk menjaga keadaan suhu di dalam ruangan. Dengan adanya sinar matahari di dalam ruangan, Anda tidak perlu ragu untuk meletakan tanaman hidup di area indoor

  • Membuat Rumah Lebih Estetik

Dengan desainnya yang unik serta warnanya yang menarik, roster mampu membuat rumah terlihat lebih estetik. Apalagi roster dapat juga difungsikan sebagai kursi, partisi, rak sepatu serta pot bunga.

  • Pemasangan dan Perawatan Mudah

Terbuat dari campuran semen, pasir dan kerikil, roster minimalis sangat mudah dalam pemasangan maupun perawatan. Bahkan jika terjadi kerusakan, roster dapat diperbaiki tanpa harus membongkar keseluruhan dinding.

Baca Juga: 11 Desain Keren Partisi Minimalis, Buat Ruangan Jadi Lebih Manis!

Kelemahan Penggunaan Roster

  • Kurangnya Privasi

Karakteristik roster yang berongga terasa sedikit mengurangi privasi  jika digunakan sebagai dinding pagar. Lewat celah roster maka bangunan serta aktivitas di dalam rumah dapat terlihat meskipun terhalang oleh pagar.

  • Rentan Terhadap Debu dan Hewan Kecil

Celah pada roster, terkadang banyak dimanfaatkan sebagai rumah hewan-hewan kecil yang bersarang di antara debu. Sebagai pencegahan, ada baiknya rajin membersihkan setiap celah serta diolesi dengan minyak atau obat anti serangga.

  • Tidak Dapat Dijadikan Dinding Utama

Meski terbuat dari pasir, kerikil dan semen, roster tidak dapat dijadikan sebagai dinding utama. Hal ini dikarenakan bentuknya yang berongga, membuat roster tidak dapat menyangga atap secara sempurna layaknya sebuah dinding biasa.

Dengan berbagai kelebihan serta kelemahannya, roster minimalis, dapat diaplikasikan pada rumah impian Anda. Selain baik untuk menjaga sirkulasi udara, roster mampu menambah nilai estetika dari sebuah rumah.

Mustika Village Sukamulya adalah rumah bergaya Jepang yang sangat cocok dikombinasikan dengan roster bergaya minimalis. Tak hanya cocok dijadikan sebagai dinding pagar, roster ini dapat pula digunakan sebagai partisi antara ruang tamu dengan ruang keluarga.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].