MUSTIKALAND.CO.ID - Sebelum memasuki musim penghujan, salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah dengan memastikan keadaan rumah Anda. Salah satunya adalah dengan memastikan bahwa atap rumah Anda terbebas dari kebocoran.  Pasalnya, keadaan ini cukup merepotkan ketika Anda tidak memperbaikinya sehingga ketika musim penghujan tiba, Anda harus kerepotan agar rumah Anda tidak dimasuki oleh air hujan.

Atap bocor dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kesalahan konstruksi, sinar matahari yang terlalu panas, terkena benda tumpul seperti buah yang jatuh atau karena pijakan hewan seperti kucing atau burung.

Meski merupakan hal yang sering terjadi namun memiliki atap rumah yang bocor bukanlah hal yang menguntungkan. Sebelum mengetahui cara pencegahannya, berikut adalah beberapa penyebab atap rumah menjadi bocor.

Baca Juga: 11 Model Atap Rumah Kekinian, Bisa Jadi Inspirasi!

Penyebab Atap Bocor

Tahukah Anda bahwa penyebab kebocoran atap pun ternyata sangatlah beragam. Atap bocor bukan hanya karena ada bagian yang berlubang. Selain itu, masuknya air ke dalam rumah Anda juga dapat disebabkan karena kemiringan atap yang kurang curam, pemasangan genteng yang kurang baik, permasalahan talang air, celah di bubungan atap, atau disebabkan oleh menumpuknya sampah di atap.

Nah, berikut adalah beberapa penyebab atap bocor yang perlu Anda ketahui. Yuk, kenali penyebabnya secara lebih lanjut.

Konstruksi Yang Tidak Sesuai

Pada umumnya atap sebuah rumah dirancang miring dengan tujuan saat air hujan dapat mengalir dengan baik kebawah. Namun, dikarenakan konstruksi yang tidak sesuai membuat terjadi penumpukan air pada permukaan atap dan lambat laun menetes ke bagian dalam rumah.

Kualitas Atap

Atap yang baik seharusnya dapat bertahan dalam cuaca panas maupun dingin, namun terkadang saat musim kemarau dan cuaca panas terlalu ekstrim terjadi keretakan kecil yang dapat menyebabkan kebocoran.

Faktor Eksternal

Terkena lemparan batu dapat menyebabkan atap menjadi berlobang dan terkadang genteng dapat melorot saat dilintasi oleh hewan seperti tikus,kucing dan burung. Kedua hal inilah yang terkadang menjadi alasan atap menjadi bocor.

Baca Juga: Mengenal Jenis jenis Material Atap dan Cara Merawatnya

Cara Mencegah Atap Rumah dari Kebocoran

Untuk mengatasi atap rumah bocor, ada beberapa solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasinya. Simak cara berikut ya!

Rutin Melakukan Pengecekan 

Melakukan proses pengecekan kondisi atap sebelum musim hujan tiba merupakan salah satu solusi yang tepat. Tak hanya dapat dilakukan dari luar rumah, proses ini dapat juga dilakukan dengan menyisir bagian dalam rumah.

Hindari Menggunakan Atap Kayu

Untuk menghindari resiko kerusakan berupa rangka atap yang keropos, kini banyak pemilik rumah yang menghindari menggunakan rangka atap kayu. Besi dan baja ringan menjadi alternatif utama dikarenakan tahan lama dan mampu mencegah terjadinya atap bocor. 

Material Atap 

Alih – alih menggunakan atap yang terbuat dari tembikar, untuk menghindari kebocoran sebaiknya menggunakan atap yang terbuat dari baja ringan maupun galvalum. Kedua bahan ini terbukti lebih kuat untuk menahan perubahan suhu serta pijakan kaki binatang.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.