MUSTIKALAND.CO.ID - Biasanya, tatkala ingin membuat sebuah dapur, Anda akan dipusingkan dengan urusan pemilihan motif atau desain keramik dinding dapur yang tepat. Pasalnya, keramik dinding dapur menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan sebuah dapur. Oleh karenanya, bagi Anda yang hobi memasak ada baiknya jika Anda mengetahui tentang tips memilih keramik dinding dapur yang tepat. Ada banyak sekali tips yang bisa Anda lakukan. Baik dari pemilihan warna, motif, material, dan sisi lainnya. Apabila Anda berniat untuk membuat keramik dapur, berikut adalah tips yang dapat dilakukan.

Memperhatikan Pemilihan Material Keramik

Memperhatikan Pemilihan Material Keramik


Tips pertama yang dapat Anda lakukan adalah memilih material keramik yang hendak dipakai. Untuk keramik dekat kompor, Anda bisa memilih keramik dengan jenis material tahan panas. Hal ini supaya keramik tidak mudah retak apabila terkena panas api. Sedangkan pada area pengolahan makanan, Anda dapat menggunakan keramik dengan lapisan mengkilap. Tujuannya supaya mudah dibersihkan ketika terkena noda. Berikut ini adalah beberapa jenis material keramik yang biasa digunakan. 

Batu alam 

Marmer 

Jenis keramik yang satu ini sangat mudah ditemukan dan paling banyak digunakan. Kelebihannya adalah pada warnanya yang bervariasi, seperti putih, abu-abu, hitam, serta merah kecoklatan. Kemudian jenis ini juga mempunyai corak yang beraneka ragam, contohnya serat halus sampai dramatis. Sayangnya, material jenis ini tergolong cukup mahal.

Travertine 


Batu alam satu ini juga tidak kalah cantik. Hadir dengan warna netral seperti krem, abu-abu, dan warna yang lebih hangat. Keunikannya ada pada rongga alami yang terdapat pada permukaan lapisan. 

Batu tulis 


Untuk batu alam jenis ini biasanya hadir dengan warna gelap yang berkilau. Jadi cocok untuk dipakai pada keramik dinding atau lantai dapur. 

Batu kapur 


Material jenis ini cenderung mempunyai warna gelap, seperti abu-abu, krem, dan coklat. Untuk kelebihannya sendiri adalah mempunyai daya tahan yang baik. 

Dinding buatan 

Porselen 


Dinding buatan yang satu ini mempunyai kepadatan yang baik karena sudah melalui proses pembakaran dalam suhu tinggi. Hal ini membuatnya sangat tahan lama apabila digunakan. 

Kaca


Kaca menjadi salah satu material yang mempunyai kilau berbeda. Pada umumnya

hadir dengan format mozaik warna-warni yang cantik. Menariknya lagi, kaca

mudah sekali untuk dibersihkan. Namun, Andap perlu berhati-hati karena kaca termasuk material yang rawan pecah.

Memperhatikan Warna dan Ukuran Keramik

Memperhatikan Warna dan Ukuran Keramik


Jangan menyepelekan warna dan ukuran keramik yang digunakan untuk dapur. Alasannya karena kedua hal ini dapat menentukan kesan luas dan sempit ruangan dapur. Keramik yang mempunyai ukuran besar dapat membantu ruangan lebih luas. Sedangkan keramik ukuran kecil bisa membuat kesan dapur lebih sempit. 


Untuk urusan warna, jangan lupa juga untuk menyesuaikannya dengan pencahayaan yang ada di dapur Anda. Apabila sumber cahaya tidak terlalu terang, maka pilih warna keramik yang terang. Begitu juga jika sumber cahayanya cukup terang, pilih keramik dengan warna yang tidak terlalu mencolok. 

Memilih Motif Keramik yang Sesuai dengan Desain Interior

Memilih Motif Keramik yang Sesuai dengan Desain Interior


Dapur akan terlihat lebih menarik kalau keramik yang dipakai sesuai dengan tema ruangan. Misalnya saja dapur mempunyai desain yang ceria, bisa tambahkan keramik dinding dapur motif buah. Bisa juga dengan dapur yang mempunyai gaya minimalis, tambahkan keramik dinding dapur minimalis yang sempat tren pada tahun 2020 lalu. Tips ini sangat berguna untuk menghindari keramik yang tidak cocok dengan tema dari dapur. 


Fungsi dari keramik memang untuk melindungi dinding dari kotoran atau kerusakan. Namun, nilai estetika tidak boleh dilewatkan. Sehingga usahakan corak dinding keramik tetap sesuai dengan tema dapur itu sendiri. Supaya lebih cantik, Anda bisa menambahkan dengan kitchen set, meja, dan kursi makan yang senada. 

Menambahkan Ornamen Tertentu

Menambahkan Ornamen Tertentu


Penambahan ornamen juga sangat penting. Di mana ornamen akan membuat panel dapur Anda menjadi lebih cantik lagi. Usahakan untuk memilih ornamen yang sesuai dengan tema dapur Anda agar desain tidak ada yang saling bertabrakan. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan warna list dengan keramik agar terlihat semakin klop. 

Memilih Permukaan Lantai

Memilih Permukaan Lantai


Selain keramik untuk dinding, keramik untuk lantai dapur juga tidak boleh untuk dilewatkan. Anda juga perlu tahu keramik tipe apa yang akan digunakan untuk dapur Anda. Hal ini dilakukan supaya Anda lebih mudah untuk membersihkan lantai. Selain itu, usahakan juga pemilihan keramik untuk lantai disesuaikan dengan tema dapur. 

Menyesuaikan Harga Keramik Sesuai dengan Kebutuhan

Menyesuaikan Harga Keramik Sesuai dengan Kebutuhan


Tips lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah menyesuaikan jenis keramik dengan budget yang telah disiapkan. Jadi, rancang pengeluaran dengan rincian sebelum memutuskan untuk membeli keramik. Kalau sudah, bandingkan juga harga antar merk keramik agar tidak ada pengeluaran yang terlalu tinggi. 

Mencari yang Bergaransi

Mencari yang Bergaransi


Selain penyesuaian harga, Anda juga sebaiknya mencari keramik yang memiliki garansi. Jangan ragu untuk menanyakan kepada penjual apakah keramik bergaransi. Alasannya karena keramik nantinya akan dikirimkan dalam kemasan dus. Alhasil, akan susah untuk memastikan kondisi baik atau tidak sebelum membelinya. Apabila bergaransi, ini akan memudahkan Anda untuk mengembalikannya kalau ada kerusakan. 

Membeli Sesuai dengan Kebutuhan

Membeli Sesuai dengan Kebutuhan


Pembelian keramik tidak hanya didasarkan pada budget, tapi juga kebutuhan. Jadi, sesuaikan apa jenis keramik yang Anda butuhkan saat ini. Misalnya ingin dinding terlindung dari segala noda, cari keramik yang mudah dibersihkan. Jangan sampai salah pilih agar pengeluaran tidak berlebihan. Jika Anda kurang mengetahui tentang seluk beluk keramik, bisa tanyakan kepada desainer interior supaya lebih jelas. 


Demikianlah tips memilih keramik dinding dapur yang bisa Anda lakukan. Pastikan semua step diatas Anda lakukan agar tidak ada kesalahan saat pembelian maupun pengaplikasian. Untuk Anda yang ingin mempunyai dapur cantik dengan penambahan keramik dinding, Anda bisa memilih perumahan Mustika Park Place yang berlokasi di Jl. Burangkeng Raya, Setu - Bekasi, Kecamatan Setu, Jawa Barat. 


Di perumahan ini, memiliki dapur yang bisa Anda ubah sesuai keinginan Anda. Besar kecilnya dapur ini bisa Anda sesuaikan dengan tipe rumah yang Anda pilih. Jika Anda menginginkan dapur yang cukup luas, Anda bisa memilih tipe yang lebih besar. Dimana Masing-masing tipe mempunyai kelebihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.