MUSTIKALAND.CO.ID - Tahukah Anda, jika kerak dan noda di kamar mandi bisa menjadi sarang kuman? Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tahu cara membersihkan kerak kamar mandi dengan efektif. Selain lebih nyaman, kamar mandi yang bersih juga bisa membuat Anda dan keluarga menjadi lebih sehat.

Cipratan air dan sabun yang tidak dibersihkan dengan baik bisa menimbulkan noda kerak di kamar mandi. Selain membuat tampilan kamar mandi menjadi kurang menarik, kerak ini juga bisa menjadi sarang kuman dan bakteri. Jika hal ini terjadi, kamar mandi dibersihkan dengan tepat agar noda dan kerak tidak semakin banyak.

Kerak pada kamar mandi tidak hanya bisa muncul di keramik lantai saja, namun juga bisa muncul pada keramik dinding. Umumnya kerap pada kamar mandi ini cukup sulit untuk dibersihkan jika hanya dengan disikat saja. Anda membutuhkan cara khusus untuk bisa mengangkat semua kerak tersebut sampai benar-benar bersih.

Lalu bagaimana cara membersihkan kerak kamar mandi yang membandel dengan benar dan mudah? 

Langkah-langkah Membersihkan Kerak Kamar Mandi

Membersihkan kerak kamar mandi merupakan pekerjaan yang akan cukup menguras tenaga dan waktu. Hal ini akan semakin melelahkan jika kerak kamar mandi sudah membandel sehingga akan butuh usaha ekstra untuk membersihkannya. Meskipun demikian, kerak pada kamar mandi bukan berarti tidak bisa dibersihkan. Dengan cara yang tepat, kerak membandel sekalipun bisa dihilangkan sampai bersih.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan kerak kamar mandi, salah satunya dengan sitrun atau cuka. Nah, berikut ini contoh cara membersihkan kerak mandi dengan mudah yang bisa Anda coba.

1. Persiapkan Bahan dan Perlengkapan

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin membersihkan kerak kamar mandi adalah persiapkan bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Bahan dan perlengkapan yang perlu dipersiapkan antara lain seperti air panas, cairan pembersih, sikat lantai, sarung tangan  dan kain lap.

2. Lakukan Langkah Keselamatan

Sebelum memulai cara membersihkan kerak kamar mandi ini, pastikan Anda memperhatikan faktor keselamatan terlebih dahulu. Yang perlu Anda lakukan adalah buka pintu dan jendela kamar mandi agar sirkulasi udara lebih baik. Selain itu, jangan lupa gunakan sarung tangan karet serta kenakan masker untuk menjaga dari paparan zat kimia cairan pembersih lantai.

3. Gunakan Air Panas

Kerak pada kamar mandi akan lebih mudah dibersihkan jika Anda menyiramnya menggunakan air panas terlebih dahulu. Cara ini akan membuat pori-pori keramik terbuka sehingga kerak akan lebih mudah lepas dan dibersihkan. Pastikan lakukan langkah ini dengan berhati-hati agar air panas tidak mengenai Anda.

Baca juga: Elegan! 11 Model Keramik Ini Bakal Bikin Bersemangat Mandi

4. Gunakan Cairan Pembersih

Setelah kerak kamar mulai melunak, selanjutnya semprotkan cairan pembersih lantai. Cara ini akan membuat kerak kamar mandi bisa bersih dengan lebih maksimal sekaligus membuat lantai lebih mengkilap dan cemerlang. Gunakan cairan pembersih lantai yang berbahan porselin karena lebih efektif dalam membersihkan kerak yang membandel.

Selain menggunakan air panas, Anda juga bisa menggunakan cara membersihkan kerak kamar mandi dengan baking soda. Anda bisa mencampurkan baking soda dengan cairan pembersih untuk membuat kerak keramik lebih mudah dibersihkan. 

Untuk  kerak kamar mandi yang sudah membandel, ada beberapa cara membersihkannya yang bisa Anda coba:

Cuka

Siramkan cuka ke seluruh lantai kamar mandi yang berkerak, kemudian diamkan beberapa saat lalu siram menggunakan air panas dan sikat kerak sampai bersih

Soda Kue

Soda kue juga bisa menjadi cara ampuh untuk membersihkan kerak membandel di kamar mandi. Caranya adalah campurkan soda kue dan air kemudian siramkan ke lantai kamar mandi yang berkerak. Selanjutnya diamkan beberapa saat, sikat dan siram menggunakan air hangat.

Abu Gosok dan Garam Kasar

Campuran abu gosok dan garam kasar bisa menjadi kombinasi terbaik untuk menghilangkan kerak membandel di kamar mandi. Anda hanya perlu menaburkan abu gosok dan garam kasar di lantai kamar mandi kemudian siram menggunakan air hangat dan sikat sampai bersih

Coca-cola

Cara membersihkan kerak kamar mandi dengan coca cola juga menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda coba. Tuangkan coca cola di lantai kamar mandi yang berkerak kemudian taburkan baking soda. Diamkan beberapa saat hingga kerak terangkat kemudian sikat dan siram menggunakan air hangat.

Selain kerak kapur, kamar mandi juga berisiko kotor dan terkena noda akibat karat. Maka dari itu, sebelum membersihkan kamar mandi kenali dulu jenis kerak dan noda yang ada. Hal ini agar Anda bisa memilih bahan pembersih yang tepat sehingga kerak kamar mandi bisa dibersihkan dengan maksimal. Anda juga bisa membuat cairan pembersih keramik kamar mandi sendiri di rumah yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: 11 Desain Kamar Mandi Minimalis yang Bikin Mandi Makin Nyaman

Tips Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Tepat

Menjaga kebersihan kamar mandi merupakan hal yang penting Anda perhatikan. Selain agar lebih nyaman, kamar mandi yang bersih tidak akan menjadi sarang kuman dan bakteri. Maka dari itu, pastikan membersihkan kamar mandi secara rutin dan jangan tunggu hingga kerak membandel dulu.

Ada beberapa tips membersihkan kamar mandi sehari-hari termasuk cara membersihkan kerak air yang perlu Anda perhatian, antara lain:

  1. Bersihkan lantai dan dinding kamar mandi secara rutin untuk mencegah noda, kerak, jamur sehingga lumut tumbuh di permukaannya.

  2. Gunakan beberapa jenis bahan untuk membersihkan kerak kamar mandi untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

  3. Gunakan cairan pembersih sesuai dengan aturan pakai yang ada di kemasan.

  4. Untuk lantai kamar mandi berwarna, coba gunakan cairan pembersih di area yang tersembunyi untuk mengetahui reaksinya apakah bisa merusak warna lantai atau tidak.

  5. Hindari mencampur cairan pembersih dengan bahan lain demi alasan keamanan.

Kerak kamar mandi biasanya muncul akibat dari penumpukan kotoran, sisa sabun dan cipratan air di dinding yang tidak dibersihkan dengan baik. Maka dari itu, untuk menghindari munculnya kerak, pastikan lakukan tips membersihkan kamar mandi secara rutin seperti di atas. Dengan cara ini kamar mandi akan selalu bersih, bebas kerak dan pastinya lebih nyaman untuk digunakan.

Selain itu, saat membersihkan kamar mandi, jangan hanya menyikatnya saja. Akan tetapi agar bersih maksimal, jangan lupa gunakan cairan pembersih kerak kamar mandi paling ampuh. Dengan cara ini, Anda tidak hanya membersihkan saja akan tetapi juga mencegah munculnya jamur, lumut dan menghilangkan kuman sekaligus.

Itulah cara membersihkan kerak kamar mandi yang bisa Anda coba. Jangan menunggu kamar mandi berkerak terlebih dahulu baru membersihkannya. Sebaiknya bersihkan kamar mandi secara rutin setiap selesai digunakan. Dengan cara ini, kamar mandi akan selalu bersih, bebas kuman dan pastinya lebih nyaman untuk digunakan kapan saja. 

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].