MUSTIKALAND.CO.ID - Hidup dengan lingkungan yang bersih dan sehat tentu memberi dampak positif pula pada hidup kita. Secara tidak langsung, lingkungan yang sehat akan menyehatkan jiwa dan raga pula. Lingkungan sehat adalah lingkungan yang bersih, dengan udara yang segar, dan sedikit polusi udara. Lingkungan seperti ini tentu diinginkan semua orang tapi sangat sulit diwujudkan. Pasalnya, banyak orang lalai menjaga kesehatan lingkungan.

Lalu, bagaimana mendapatkan lingkungan yang sehat? Untuk mendapatkan lingkungan sehat, perlunya pemahaman terlebih dahulu akan ciri-ciri dan cara menjaganya. Oleh karenanya, berikut telah kami rangkum mengenai pengertian, ciri-ciri, dan cara menjaga lingkungan sehat.

Apa itu Lingkungan Sehat

Apa itu Lingkungan Sehat

Sebelum membahas lingkungan sehat, ada perlunya memahami tentang arti lingkungan itu sendiri. Dalam dunia pendidikan, lingkungan adalah kondisi fisik dimana terdapat seluruh sumber daya alam yang ada dan menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan sendiri memiliki dua komponen ,yakni lingkungan biotik dan abiotik. Biotik merupakan komponen hidup atau bernyawa seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Sementara abiotik adalah komponen lingkungan yang ada tapi tak bernyawa seperti tanah,  air, dan udara. Komponen-komponen inilah yang menyebabkan adanya situasi dimana lingkungan layak untuk ditinggali.

Sementara sehat adalah kondisi dimana terbebas dari penyakit yang meliputi seluruh aspek kehidupan. Keadaan sehat tentu dapat dilihat dari kebersihan di sekitar kehidupan kita. Sehat bukan hanya meliputi bagian biologis, tetapi juga emosional dan spiritual. Setelah mengetahui arti keduanya, dapat disimpulkan bahwa lingkungan sehat adalah lingkungan yang terbebas dari segala gangguan kesehatan pada masyarakat ataupun seluruh unsur biologis yang ada dalam lingkungan tersebut.

Ciri-Ciri Lingkungan Sehat

Ciri-Ciri Lingkungan Sehat

Tak sulit untuk melihat secara sekilas apakah suatu lingkungan dikategorikan sebagai lingkungan sehat atau tidak sehat. Untuk lebih jelasnya, perbedaan lingkungan sehat atau tidak sehat dapat dilihat dari beberapa ciri berikut.

1. Kualitas Udara yang Bersih

Udara yang bersih dapat dinilai dari bau dan kesegarannya. Udara yang bebas dari polusi biasanya memberikan hawa nyaman dan sejuk. Udara tanpa polusi biasanya ada pada daerah yang jauh dari pabrik dan juga dipenuhi pepohonan.

2. Kemudahan  Mendapat Sumber Air

Air menjadi salah satu kebutuhan utama manusia. Tanpa air, manusia tidak dapat melakukan aktivitas harian seperti mencuci, masak, mandi, dan minum. Sumber air bisa didapatkan dengan cara menggali sumur atau mencari sumber mata air. Kualitas air yang baik terlihat dari warnanya yang jernih dan tak beraroma.

3. Susana Sejuk dan Rindang

Rindang dan sejuk menandakan adanya sumber udara bersih yang bagus untuk kesehatan. Suasana rindang dapat ditemukan pada area yang memiliki banyak pepohonan dan juga tanaman. Seperti yang ditawarkan oleh Mustika Park Place Bekasi. Kawasan perumahan ini menawarkan suasana asri dan rindang dari pepohonan yang ditanam di tiap area rumah, jalan, dan juga tersedianya taman serta danau. Selain segar, kawasan ini juga sangat modern dan terjaga keamanannya.

4. Adanya Tempat Pembuangan Limbah

Dimana ada lingkungan, disitu terdapat limbah baik organik maupun non organik. Limbah ini tentu harus dibuang pada tempat sampah agar tidak menyebarkan penyakit. Oleh karenanya, setiap rumah wajib memiliki tempat pembuangan sampah sebagai salah satu unsur lingkungan sehat.

Cara Menjaga Lingkungan Sehat

Cara Menjaga Lingkungan Sehat

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Untuk memenuhi syarat lingkungan sehat, tentu harus dilakukan berbagai upaya menjaga lingkungan tersebut. Nah, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan lingkungan.

1. Pengolahan Sampah

Pada lingkungan yang padat dan kondusif, sampah akan nampak sebagai masalah utama. Oleh karenanya, perlu pengelolaan sampah yang tepat. Misal, dengan menyediakan sampah organik dan non organic. Atau bisa juga melakukan sistem pengambilan sampah secara berkala yang dilakukan oleh petugas di masing-masing lingkungan.

2. Gotong Royong

Gotong royong adalah nilai kemanusiaan yang ada pada masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, gotong royong diperlukan dalam menjaga kesehatan lingkungan. Dalam masyarakat perkampungan, gotong royong sering dilaksanakan untuk pembersihan desa entah seminggu atau sebulan sekali. Selain menciptakan lingkungan yang sehat, gotong royong juga dapat menambah kedekatan antar masyarakat.

3. Penanaman Tanaman Hijau

Menanam tumbuhan ada baiknya dilakukan dari diri sendiri. Lahan yang kosong bisa dimanfaatkan untuk menanam tumbuhan yang menghasilkan banyak oksigen seperti sirih gading, palem bambu, krisan, dan masih banyak lainnya.

4. Membuat Jamban

Beberapa daerah dekat sungai acap kali membuang limbah ke area sungai. Padahal ini dapat menyebabkan pencemaran air sungai yang seharusnya jadi sumber air bersih. Oleh karenanya, perlu membuat saluran pembuangan khusus yang tak langsung mengarah ke sungai.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai lingkungan sehat. Jika kamu ingin mendapatkan lingkungan secara sehat sekaligus praktis, dapatkan segera kavling terbaik di Mustika Park Place di setu Bekasi. 

Mustika Park Place sendiri  merupakan hunian modern asri yang memiliki konsep SAFE ( Smart - Active - Function - Eco ) di lahan seluas +/-28 Ha. yang berlokasi di Jl. Burangkeng Raya, Setu - Bekasi, Kec. Setu, Jawa Barat.


Mustika Park Place menerapkan keseimbangan tata-ruang antara komunitas sosial dan eko-sistemnya dengan ruang terbuka hijau yang menjadi paru-paru perumahan, yang berada di kawasan Setu Bekasi.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].