Membeli rumah bukan hanya sekadar untuk memiliki tempat tinggal, tetapi juga menjadi bagian dari investasi untuk masa depan. Khususnya dari segi kondisi finansial yang lebih stabil. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat Indonesia kerap memilih perumahan KPR saat membeli hunian.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) memang menjadi salah satu opsi pembiayaan properti yang umum bagi masyarakat. Terutama bagi mereka yang ingin memiliki hunian pribadi, tetapi dengan budget yang terbatas. Sebab, memilih rumah dengan skema KPR ini bisa memberikan berbagai keuntungan investasi bagi Anda.

Keuntungan Memilih Perumahan KPR

Berikut ini adalah berbagai keuntungan memilih perumahan KPR yang perlu Anda ketahui:

1. Aset yang Menghasilkan

Keuntungan pertama adalah Anda bisa memiliki aset fisik yang menghasilkan dalam jangka panjang. Sebab, Anda bisa menyewakan rumah tersebut dan memiliki penghasilan rutin setiap bulannya dari penyewa.

Dengan kata lain, kepemilikan properti ini memungkinkan Anda untuk memiliki sumber pendapatan pasif yang relatif stabil. Jadi, tujuan keuangan Anda bisa lebih mudah diraih.

2. Kenaikan Nilai Properti

Setiap tahunnya, nilai properti di Indonesia cenderung mengalami kenaikan, yakni sekitar 10-15% per tahun. Dengan memiliki rumah melalui skema KPR, maka Anda berpotensi untuk mendapat keuntungan dari nilai properti di masa depan.

Jadi, saat Anda memutuskan untuk menjual rumah tersebut, kemungkinan untuk mendapat keuntungan signifikan dari selisih harga jual dengan harga beli bisa lebih tinggi.

3. Keamanan Investasi

Seperti yang diketahui, bahwa properti cenderung menjadi instrumen investasi yang stabil dalam nilai dan tidak rentan terhadap fluktuasi pasar. Berbeda halnya dengan instrumen investasi lain, seperti reksa dana dan saham yang fluktuatif.

Hal ini tentu membuat investasi perumahan KPR bisa menjadi pilihan yang aman dan bisa Anda andalkan dalam jangka panjang.

4. Pemenuhan Kebutuhan Dasar

Rumah memang menjadi hunian sekaligus kebutuhan dasar setiap orang yang harus dipenuhi. Dengan adanya skema KPR ini, Anda tak perlu khawatir tentang biaya sewa atau fluktuasi harga, seperti yang terjadi pada properti sewaan.

5. Peluang Diversifikasi

Memiliki properti sendiri juga menjadi bagian dari portofolio investasi yang akan membantu diversifikasi aset Anda. Sebab, diversifikasi merupakan kunci dalam mengelola risiko finansial secara efektif.

Apabila Anda mempunyai lebih dari satu instrumen investasi, maka nantinya Anda dapat lebih terlindungi dari potensi kerugian besar, apabila salah satu instrumen tersebut tidak berjalan dengan baik.

6. Manfaat Pajak

Perlu Anda ketahui, bahwa beberapa negara memberikan insentif pajak bagi pemilik rumah. Termasuk di dalamnya pemotongan pajak atas bunga pinjaman KPR. Oleh karena itulah, perumahan KPR dapat membantu mengurangi beban pajak yang harus Anda bayar, sekaligus meningkatkan pendapatan bersih dari properti tersebut.

7. Sumber Dana Darurat

Tak banyak yang tahu bahwa rumah yang Anda miliki melalui skema KPR juga bisa menjadi sumber dana darurat saat menghadapi kesulitan keuangan yang tak terduga. Hal ini karena Anda bisa menjual rumah tersebut atau menggunakan ekuitasnya sebagai cadangan keuangan ketika situasi darurat.

8. Membangun Ekuitas

Pembelian rumah melalui perumahan KPR juga memungkinkan Anda membangun ekuitas seiring dengan berjalannya waktu. Jadi, setiap pembayaran cicilan bulanan yang Anda lakukan tersebut, akan meningkatkan ekuitas Anda dalam properti.

Menariknya lagi, bahkan Anda bisa menggunakan ekuitas ini untuk berbagai tujuan lain, seperti pendidikan anak atau dana pensiun.

9. Potensi Penyusutan

Meski tidak ada jaminan nilai properti akan selalu naik, tetapi properti cenderung mengalami penyusutan yang lebih lambat daripada aset lainnya. Hal ini tentu akan memberi Anda perlindungan terhadap risiko inflasi sekaligus meningkatkan nilai riil dari investasi Anda.

10. Warisan untuk Masa Depan

Di Indonesia, rumah masih menjadi warisan yang menjanjikan di masa depan. Adapun investasi dalam perumahan KPR ini juga bisa menjadi bagian dari warisan yang berharga untuk generasi mendatang.

Nantinya, Anda bisa mewariskan properti tersebut kepada anak atau cucu. Tentu saja hal ini sama dengan memberikan keamanan finansial bagi mereka di masa depan.

Yuk, Segera Miliki Hunian Pribadi dengan Perumahan KPR!

Bagi Anda yang tertarik dengan skema pembelian rumah secara KPR ini, bisa membeli unit rumah dari proyek Pengembang Properti Mustika Land.

Mustika Land merupakan Developer perumahan dan apartemen yang sudah lebih dari 30 tahun menyediakan unit hunian pribadi bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, mereka juga menerima skema KPR dengan cicilan mulai dari Rp1.000.000,00 per bulannya. Sangat terjangkau, bukan?

Jadi, tidak heran jika banyak keluarga muda Indonesia yang tertarik membeli hunian pribadi dari Developer perumahan ini. Apalagi lokasinya juga sangat strategis dan dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap.