MUSTIKALAND.CO.ID - Keramik lantai kamar mandi merupakan salah satu komponen penting di hunian Anda. Pemilihan bahan pada keramik lantai kamar mandi tidak bisa sembarangan. Permukaan yang licin dapat membahayakan Anda dan keluarga, terutama lansia dan anak-anak.

Keramik lantai kamar mandi yang tidak licin merupakan prioritas utama Anda dalam memilih keramik untuk kamar mandi dan pastikan jenis dan warna keramik yang sesuai agar kamar mandi Anda terlihat lebih elegan. Sebelum masuk ke pembahasan jenis-jenis keramik yang tidak licin, ada baiknya Anda mengetahui tips  dalam memilih keramik kamar mandi, Yuk kita cari tahu!

Tips  Memilih Keramik Kamar Mandi

Keramik pada kamar mandi harus mendapat perhatian khusus karena dapat memperindah hunian Anda, mulai dari warna, ukuran, bahan, dan bentuk harus sesuai. Seperti apa tipsnya? 

  1. Tentukan Budget

Salah satu hal yang paling penting dan pertama adalah tentukan terlebih dahulu budget Anda. Setelah menentukan anggaran yang Anda rasa cocok, Anda bisa memilih keramik lantai kamar mandi sesuai kebutuhan.

  1. Pilih Warna yang Sesuai

Tips selanjutnya adalah menentukan warna. Pada tahap ini, pilihlah warna keramik lantai kamar mandi yang menurut Anda bagus. Anda juga  bisa menyesuaikan warna rumah atau interior supaya perpindahan warna tidak terlalu jauh.

Ada baiknya Anda memilih warna terang untuk kamar mandi berukuran kecil agar kamar mandi tersebut terlihat lebih luas, sedangkan kamar mandi berukuran besar, bisa menggunakan warna gelap supaya terlihat elegan.

  1. Pilih Ukuran Keramik yang Sesuai

Setelah memilih warna, pilihlah ukuran keramik pada kamar mandi yang sesuai. Kamar mandi berukuran kecil pada umumnya juga memakai keramik berukuran kecil, begitu pula dengan kamar mandi berukuran besar, menggunakan keramik berukuran besar.

  1. Kombinasikan Keramik 

Memakai satu warna dan bentuk memang tidak ada salahnya, tetapi tidak salah juga untuk sesekali mengkombinasikan agar lebih terlihat elegan dan indah. Tanyakan terhadap orang yang lebih ahli jika Anda mau mengkombinasikan warna dan model keramik agar lebih sesuai.

  1. Pilih Keramik yang Kasar

Keramik lantai kamar mandi Anda haruslah yang memiliki permukaan kasar. Kenapa? Ini karena permukaan yang anti licin membuat Anda dan keluarga tidak mudah karena terpeleset.

Baca Juga: 7 Jenis Keramik Dinding Teras Yang Bisa Bikin Hunian Makin Estetik

Jenis-jenis Keramik

Setelah menentukan anggaran dan mengetahui warna, dan ukuran keramik yang akan Anda beli. Sekarang, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis keramik pada lantai kamar mandi, antara lain:

  1. Batu Alam

Jenis keramik lantai kamar mandi yang pertama terbuat dari batu alam. Lantai keramik kamar mandi bermotif batu alam memiliki permukaan yang kasar, sehingga tidak akan licin meskipun sering terpapar air dan sabun.

Namun, jenis keramik ini membutuhkan perawatan ekstra karena lumut yang sering muncul di permukaan batu.

  1. Hexagonal

Jenis keramik selanjutnya adalah keramik yang berbentuk hexagonal. Jenis ini sangat cocok Anda gunakan di kamar mandi yang berukuran kecil dan keramik jenis ini juga anti licin sehingga Anda dan keluarga tidak mudah terpeleset.

  1. Rubber Laminating

Tipe ini sangat cocok jika Anda ingin mencoba keramik yang tidak biasa. Ini dikarenakan keramik Anda akan dilapisi oleh karet sehingga akan lebih mudah dibersihkan dan anti-slip.

  1. Kayu

Jenis kayu bisa menjadi pilihan Anda yang suka terhadap tema pedesaan. Keramik lantai ini juga akan membuat kamar mandi Anda menjadi lebih mudah untuk dibersihkan dibandingkan dengan keramik berwarna terang.

  1. Moroccan

Untuk Anda yang mendambakan kamar mandi yang indah dan elegan, Anda bisa memasang keramik jenis Moroccan untuk lantai kamar mandi.

Tipe keramik ini banyak dijual dengan motif dan warna yang indah serta aman dari bahaya terpeleset karena anti licin.

  1. Caspari

Salah satu keramik lantai kamar mandi anti licin ialah caspari. Keramik ini terinspirasi dari abad pertengahan yang akan membuat kamar mandi Anda lebih elegan. Selain itu, keramik ini sangat mudah dirawat dan telah dibuat anti air dan anti luntur.

  1. Matte

Jenis keramik lantai kamar mandi terakhir adalah keramik bermotif matte. Motif ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai konsep minimalis tetapi tetap elegan.

Permukaan keramik matte yang kesat, sangat cocok Anda gunakan untuk kamar mandi basah.

Dari sekian banyak jenis-jenis keramik lantai kamar mandi anti licin di atas, Anda dapat memilih dan menyesuaikan dengan hunian Anda serta ukuran dari kamar mandi itu sendiri agar lebih indah.

Baca Juga: 11 Desain Kamar Mandi Minimalis yang Bikin Mandi Makin Nyaman

Tips Membersihkan Keramik Lantai Kamar Mandi

Setelah membeli dan Anda rasa cocok dengan kamar mandi Anda, perlu diketahui juga beberapa tips untuk membersihkan keramik tersebut agar kerak di keramik tidak menempel. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

  1. Perhatikan dan Persiapkan Alat

Keramik pada lantai kamar mandi sebenarnya cukup dibersihkan dengan pembersih ringan supaya tidak merusak permukaan keramik. Tetapi, keramik kamar mandi yang berkerak akan membutuhkan perhatian ekstra jika sudah lama tidak dibersihkan. 

Hindari juga penggunaan bahan pembersih bubuk dan sikat yang kaku karena bisa merusak permukaan keramik. Gunakan spons untuk membersihkan keramik ditambah dengan sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk membersihkan nat alias celah sambungan antar keramik.

  1. Cuka dan Baking Soda

Keramik yang sudah berkerak akan membuat lantai Anda licin sehingga membahayakan penghuni rumah. Solusinya adalah cuka dan baking soda yang bisa Anda campurkan untuk membersihkan kerak yang menempel.

Campuran kedua bahan ini dapat menghasilkan pembersih abrasif yang ringan sehingga permukaan keramik tidak akan rusak. Cuka dapat menghilangkan kerak sedangkan baking soda dapat membersihkan endapan pada nat. 

Caranya, oleskan campuran tersebut secara keseluruhan dan biarkan selama 10 menit agar meresap. Cukup gunakan spons dan gosok perlahan untuk bagian permukaan keramik, sedangkan area nat, gunakan sikat gigi lama Anda. Terakhir, bilas dengan air secara menyeluruh dan ulangi proses tersebut jika dirasa masih kurang bersih.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi yang Membandel

  1. Lemon dan Boraks

Kerak yang membandel juga bisa Anda hilangkan dengan campuran lemon dan boraks. Selain kerak yang hilang, campuran ini dapat menghilangkan karat serta membuat warna pada keramik lantai kamar mandi Anda menjadi bagus dan seperti baru.

Cara yang diperlukan juga sama, yakni ratakan campuran bahan lemon dan boraks lalu biarkan meresap dan Anda bisa memulai menggosok sampai bersih.

Banyak pilihan dalam memilih keramik pada lantai kamar mandi serta bagaimana cara merawat dan membersihkannya. Ulasan di atas setidaknya dapat Anda pertimbangkan untuk pilihan keramik Anda. Keramik lantai kamar mandi yang tepat akan menambah nilai estetik pada hunian Anda. Jadi, jangan salah pilih ya! 

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].