Tak lengkap rasanya kalau rumah Anda tidak dihiasi oleh interior satu ini, selain berfungsi untuk penutup atau pengatur masuknya sinar matahari, gorden hadir dengan berbagai macam model yang dapat memperindah ruangan rumah Anda dengan warna serta motif yang beragam.

Gorden bisa Anda sesuaikan dengan konsep ruangan rumah Anda dan sangat cocok untuk dipasang di berbagai macam ruangan, seperti ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dan berbagai macam ruang lainnya.

Nah, jika Anda sedang mencari model-model gorden yang dibutuhkan untuk memperindah ruangan tersebut, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai macam tips sebelum membeli gorden pilihan Anda.


Tips Sebelum Membeli Gorden

Untuk Anda yang belum pernah membeli gorden, ada baiknya Anda mengikuti tips di bawah ini untuk menjadi pertimbangan sebelum membeli gorden. Apa saja tipsnya? Simak di bawah ini.

  1. Model Gorden

Tips pertama sebelum membeli gorden adalah ketahui dulu model gorden yang akan Anda beli. Sudah banyak model gorden yang tersedia di pasaran, Anda tinggal menyesuaikan dengan ruangan yang ingin dipasang gorden.

Model gorden sederhana tapi elegan, bisa Anda pasang di kamar tidur, sedangkan model gorden minimalis, sangat cocok untuk ruang tamu Anda. Selain itu, model gorden yang biasa saja bisa menjadikan rumah Anda menjadi cantik dan mewah jika temanya sesuai.

  1. Warna

Hal yang tak kalah penting sebelum membeli gorden adalah warna. Sesuaikan warna ruangan Anda dengan gorden, warna yang pas dapat membuat ruangan Anda menjadi lebih indah dan luas.

Jangan takut untuk mengkombinasikan berbagai macam warna pada gorden Anda, dan jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan interior rumah agar serasi dan membuat Anda betah di ruangan tersebut.

  1. Bahan

Setelah model dan warna, bahan juga wajib menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli gorden. Tujuan utama gorden adalah menghalangi sinar matahari masuk, jadi pilihlah bahan-bahan, seperti blackout, semi-blackout, dimout, satin halus, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, hal yang Anda bisa lakukan adalah memilih model gorden yang tepat untuk ruangan rumah, Anda dapat melihat berbagai macam model gorden di bawah ini. 


Baca juga: 5 Inspirasi Kamar Tidur Terpopuler, Bikin Makin Betah di Rumah


Model Gorden

Gorden yang Anda beli dapat mempengaruhi kecantikan ruangan rumah Anda, selain itu, ruangan rumah memiliki gordennya masing-masing. Apa saja model gorden yang ada? Berikut macam-macam model gorden untuk ruangan rumah Anda.

  1. Model Gorden di Ruang Tamu

Untuk ruang tamu, Anda dapat memadukan model gorden yang memiliki daya serap sinar matahari yang tinggi dan sekaligus memperindah ruang tamu Anda.

Anda dapat mengkombinasikan berbagai macam warna, seperti emas dan abu-abu, gelap, dan putih, sangat cocok untuk Anda pasang di ruang tamu. Selain itu, Anda juga dapat memilih model gorden yang bermotif unik agar ruang tamu Anda lebih hidup.

Untuk Anda yang memiliki ruang tamu dengan jendela kecil, model gorden berwarna putih polos sangat cocok untuk jendela kecil panjang Anda sehingga memberikan kesan klasik.

  1. Model Gorden di Kamar Tidur

Kamar tidur juga bisa Anda pasang gorden agar sinar matahari tidak langsung menyinari Anda di pagi hari. Anda dapat memasang model gorden yang tebal dan juga gelap untuk kamar tidur atau gorden yang memiliki motif tertentu yang sesuai dengan tema kamar tidur Anda.

  1. Model Gorden di Kamar Mandi

Gorden juga bisa Anda pasang di kamar mandi yang berfungsi sebagai penutup bathub atau shower kamar mandi Anda. Pilihlah warna dan motif yang Anda sukai karena gorden ini dikhususkan untuk Anda dan keluarga.

  1. Model Gorden di Dapur

Ruangan yang tak kalah penting untuk dipasang gorden adalah dapur. Gorden pada dapur bisa Anda pasang untuk menambah kesan indah pada dapur dan pilihan warna, seperti hijau, putih, dan warna catur bisa menjadi alternatif pilihan Anda.

Itulah berbagai macam model gorden yang bisa Anda jadikan inspirasi agar ruangan rumah Anda terlihat lebih indah dan serasi dengan konsep rumah. Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara merawat gorden Anda agar tetap terlihat baru dan awet untuk digunakan.


Cara Merawat Gorden

Setelah membeli dan menggunakan gorden, ada baiknya Anda mengikuti cara-cara berikut agar gorden Anda tetap awet sehingga Anda tidak perlu membeli gorden terus menerus, seperti apa caranya? Berikut ulasannya.

  1. Jangan Sering Dicuci

Kesalahan yang sering dilakukan sebagian orang adalah sering mencuci gorden agar bersih dan bebas dari debu, tetapi cara ini malah akan membuat warna pada gorden pudar dan kain akan mudah rusak.

Anda dapat mencuci gorden dalam kurun waktu 3-6 bulan sekali untuk mempertahankan warna dan bahan kain yang ada pada gorden, selain itu Anda juga bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkannya tanpa mencuci.

  1. Perhatikan Jenis Kain

Pada umumnya, Anda dapat mencuci gorden dengan 2 cara, yakni dengan mesin dan manual. Untuk pencucian dengan mesin, disarankan untuk gorden yang berbahan kain katun, polyester, dan satin. 

Untuk cuci manual, gorden berbahan beludru bisa Anda cuci dengan memperhatikan teknik pencucian, yakni jangan memeras atau memelintir dengan keras agar warna kain tidak luntur. Gorden berbahan chenille, Anda dapat mencucinya dengan cara dry clean atau cuci kering sehingga kain gorden tidak menciut.

  1. Bersihkan Vitrase

Apa itu vitrase? Vitrase adalah kain tipis berwarna putih yang biasanya dipasang untuk melapisi gorden dengan tujuan untuk menambah kecantikan rumah dan pembatas ruangan rumah Anda.

Jika Anda ingin membersihkan gorden, jangan lupa juga untuk membersihkan vitrasenya sekalian karena debu dan kotoran mudah menempel di vitrase. Anda dapat mencuci kering atau mencuci basah untuk vitrase dengan memperhatikan teknik pencucian agar warna dan kain tidak mudah rusak.

  1. Jangan Menjemur di Bawah Sinar Matahari Langsung

Agar cepat kering, banyak orang yang menjemur gorden di bawah sinar matahari langsung, ini bisa menyebabkan warna pada gorden Anda menjadi lebih cepat kusam dan pudar.

Jemur gorden Anda pada area jemur yang memiliki atap sehingga tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Selain itu, jangan melipat gorden agar bentuknya tidak berubah. 


Baca juga: 12 Desain Kamar Tidur Mewah Modern yang Bikin Kediaman Terlihat Kekinian


  1. Menyetrika Gorden

Hal terakhir setelah gorden Anda bersih dan kering adalah menyetrika gorden. Lakukan gerakan perlahan dari bawah ke atas dengan panas rendah agar kain tidak rusak dan gosok gorden hingga ke semua lipatan yang ada.

Itulah berbagai macam tips sebelum membeli, model, dan juga cara merawat gorden agar tetap terlihat baru. Ada banyak model gorden lainnya yang bisa Anda pilih, sesuaikan tema ruangan Anda dengan gorden yang akan Anda beli sehingga dapat memperindah ruangan dan rumah Anda.