Di zaman sekarang, harga tanah dan rumah mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Oleh karena itu, banyak masyarakat terutama generasi milenial membangun rumah mereka menjadi rumah tingkat.

Karena permintaan akan rumah tingkat semakin tinggi, sudah banyak developer yang menyediakan perumahan mereka menjadi rumah dengan lantai 2 atau 3 dengan harga yang bervariasi tergantung dari bahan bangunan, lokasi, serta fasilitas yang disediakan.

Untuk Anda yang sedang berencana memiliki hunian impian bertingkat, ada baiknya Anda mengikuti ulasan di bawah ini tentang kelebihan dan kekurangan, tips, serta berbagai macam model dari rumah tingkat.


Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Rumah Tingkat

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda rasakan jika memiliki rumah tingkat, baik itu tingkat 2 ataupun 3. Mari kita bahas mulai dari kelebihannya terlebih dahulu, apa saja kelebihan-kelebihan yang bisa Anda rasakan? Yuk simak di bawah ini.

  1. Rumah Terasa Lebih Luas

Bukan rahasia umum lagi bahwa luas tanah yang sempit bisa dimaksimalkan dengan membangun sebuah rumah dengan beberapa tingkat. Rumah tingkat akan membuat Anda memiliki rumah yang luas karena desain pada langit-langit rumah umumnya lebih tinggi daripada rumah tapak biasa.

Anda bisa mengkreasikan desain langit-langit sesuai keinginan agar rumah Anda terasa luas. Jika rumah dirasa tetap terasa sempit, bisa jadi itu karena banyaknya perabotan rumah Anda yang memenuhi rumah, Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan mengurangi atau menata perabotan sedemikian rupa agar kesan luas tetap bisa Anda dapatkan.


Baca juga: Intip 5 Desain Rumah Industrial Low Budget yang Tetap Nyaman


  1. Memiliki Banyak Ruang Privasi

Dibanding rumah tapak dengan luas tanah yang sama, rumah tingkat akan memudahkan Anda membagi ruang untuk umum dan ruang untuk Anda atau keluarga sendiri, sehingga privasi Anda tetap terjaga.

Ruang yang tersisa bisa Anda manfaatkan untuk menjadi tempat atau gudang bagi perabotan yang sudah tidak terpakai agar rumah Anda menjadi lebih rapi, bersih dan tertata.

  1. Terdapat Balkon

Salah satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh rumah tapak adalah Anda bisa membuat balkon yang bisa difungsikan menjadi berbagai macam fungsi selama masih ada ruang yang tersedia.

Balkon bisa menjadi salah satu alternatif tempat kumpul keluarga, tempat berjemur, ruang santai, taman kecil serta Anda bisa menikmati pemandangan dari ketinggian. Selain itu, balkon juga bisa menjadikan rumah Anda menjadi lebih cantik dan terkesan luas.

  1. Banyak Pilihan Desain Eksterior dan Interior

Untuk Anda yang senang mix and match desain eksterior dan interior, rumah tingkat bisa memenuhi keinginan tersebut. Opsi pilihan pada ruang yang banyak dapat membuat Anda memadukan desain-desain yang ada sehingga menjadikan rumah Anda menjadi aesthetic.

Setelah ruangan pada dalam rumah sudah bagus, jangan lupa memilih desain untuk luar rumah dengan memainkan hiasan dan warna agar rumah Anda terlihat lebih bagus dari luar.

  1. Investasi Masa Depan

Meskipun rumah Anda adalah rumah tingkat minimalis modern, bukan berarti hunian tersebut tidak bisa menjadi investasi masa depan Anda. Jika Anda berencana untuk memiliki atau menambah anak, rumah tingkat dapat memfasilitasi ruang tambahan untuk anak Anda.

Rumah tingkat juga bisa Anda jadikan investasi lain berupa passive income jika Anda tinggal sendiri dan ingin menyewakan lantai 2 atau 3 untuk orang lain. Menguntungkan bukan?

Setelah membahas kelebihan dari rumah tingkat, Anda juga wajib mengetahui kekurangan dari hunian tersebut. Ada apa saja?


Kekurangan Rumah Tingkat

Rumah tingkat tidak terlepas dari kekurangan yang ada meskipun tidak sebanyak kelebihannya. Kekurangan ini bisa saja Anda alami dan juga tidak, penasaran? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Risiko Lebih Tinggi

Rumah tingkat memiliki risiko kecelakaan yang lebih tinggi dibandingkan rumah tapak, yakni kepada anak-anak, penyandang disabilitas, dan lansia. Ini dikarenakan keberadaan tangga yang bisa saja berbahaya dan juga kesulitan saat ingin naik atau turun.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan keamanan dan memikirkan kembali untuk membangun rumah tingkat biasa atau yang bagus agar keluarga Anda merasakan keamanan yang sama dengan Anda.

  1. Lebih Mahal

Karena membangun rumah tingkat, tentu saja dibutuhkan bahan-bahan bangunan, perabotan, serta ruang yang lebih banyak dari rumah tapak biasa, sehingga biaya menjadi lebih besar. 

Kekurangan lainnya adalah biaya perawatan juga lebih besar sehingga Anda harus menghitung dan memastikan lebih awal agar biaya yang Anda keluarkan nanti tidak membuat tabungan terkuras.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari rumah tingkat, baik lantai 2 ataupun lantai 3 yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membangunnya. Setelah yakin ingin membangun hunian tingkat ini, Anda bisa menentukan model-model rumah tingkat, baik itu sederhana, minimalis modern, hingga mewah.


Model Rumah Tingkat

Jika Anda tetap ingin membangun rumah tapi masih bingung dengan model rumah tingkat, model di bawah ini bisa menjadi inspirasi Anda dalam membangunnya, berikut model rumah tingkat untuk alternatif pilihan Anda.

  1. Model Rumah Tingkat dengan Area Terbuka

Model rumah tingkat pertama adalah rumah tingkat dengan area terbuka. Rumah model ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki rumah dengan jalur sirkulasi udara yang baik agar hunian Anda terasa segar.

  1. Model Rumah Tingkat Sederhana di Desa

Jika Anda memiliki tanah di desa dan ingin membangun rumah tingkat, Anda dapat membangun rumah tingkat sederhana di Desa dengan berbagai macam desain. Balkon yang luas di lantai 2 atau 3 memungkinkan Anda dan keluarga untuk bersantai sambil melihat pemandangan pedesaan.

  1. Model Rumah Tingkat Bergaya Modern

Untuk Anda yang ingin memiliki rumah tingkat bergaya modern, Anda dapat memadukan unsur kayu, kaca, dan warna putih agar rumah Anda terasa modern, mewah, dan kekinian.


Baca juga: Rekomendasi Desain Railing Tangga yang Sederhana Tapi Terlihat Mewah


  1. Model Rumah Tingkat Minimalis

Model rumah tingkat berikutnya adalah rumah dengan gaya minimalis. Anda yang baru saja menikah atau baru memiliki 1 anak bisa mencoba menggunakan model rumah ini karena cocok dengan anggota keluarga yang tidak banyak.

Rumah tingkat minimalis bisa Anda kreasikan agar bergaya modern, mewah, dan sederhana, sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Anda harus pintar-pintar dalam memilih perabotan agar perabotan yang terlihat biasa bisa menjadi luar biasa di dalam atau luar rumah Anda.

Itulah segala sesuatu yang berhubungan dengan rumah tingkat, baik itu kelebihan, kekurangan, tips serta model dari rumah tingkat. Anda dapat mencari model lain di internet atau melihat perumahan di Mustika Land yang telah terjamin kualitas, lokasi yang strategis, dan dekat dengan transportasi umum.