Saat sudah berkeluarga apalagi sudah memiliki buah hati, punya hunian impian memang menjadi salah satu pilihan utama Anda. Anda bisa memilih berbagai macam model rumah, seperti sederhana, mewah, dan unik, tetapi tetap mempertahankan keindahan rumah itu sendiri.

Memilih model rumah yang sederhana bisa Anda terapkan jika memiliki dana yang terbatas atau memang menyukai rumah dengan model minimalis tapi tetap indah. Untuk mewujudkan rumah tersebut, Anda dapat mencari beberapa model rumah sederhana tapi indah di internet.

Oleh karena itu, untuk Anda yang sedang ingin membangun rumah impian, ada baiknya Anda mengetahui model-model rumah sederhana tapi indah di bawah ini yang bisa menjadi salah satu inspirasi Anda untuk membangun rumah.


Model Rumah Sederhana

Terdapat berbagai macam model rumah sederhana tapi indah yang bisa Anda jadikan pilihan sebagai hunian bersama keluarga, apalagi untuk Anda yang baru saja menikah dan ingin memiliki anak. Seperti apa saja model rumah sederhana tersebut? 

  1. Model Rumah Sederhana Satu Lantai

Model rumah sederhana tapi indah yang pertama adalah rumah dengan satu lantai. Rumah dengan tipe 36 bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk membangun hunian impian ini.

Rumah tipe 36 yang memiliki luas bangunan 36 m2 ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki keluarga kecil Karena ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan lahan tanah sisanya dengan berbagai ornamen agar model rumah sederhana tapi indah ini terlihat mewah walaupun hanya memiliki 1 lantai.


Baca juga: 7 Denah Rumah Tinggal Minimalis yang Nyaman Ditinggali


  1. Model Rumah Sederhana Dua Lantai

Jika Anda kurang puas dengan rumah sederhana satu lantai, Anda dapat membangun satu lantai lagi untuk rumah tersebut. Dengan lahan yang terbatas, memanfaatkan tanah tadi menjadi rumah dengan dua lantai bisa menjadi pilihan terbaik Anda dan keluarga.

Model rumah sederhana lantai 2 bisa Anda jadikan pilihan, terutama untuk Anda yang ingin menambah anak agar rumah terasa lebih luas dan berniat ingin membangun kamar untuk masing-masing anak.

Rumah dengan lantai 2 juga memiliki banyak opsi pilihan pada interior bagian dalam yang bisa Anda kreasikan sedemikian rupa. Sebagai tambahan, balkon pada lantai 2 dapat Anda buat sehingga rumah terlihat lebih luas dan menjadi tempat alternatif kumpul keluarga.

  1. Model Rumah Sederhana di Kampung

Untuk Anda yang tinggal bukan di daerah perkotaan alias di kampung, desain rumah sederhana tapi indah juga bisa Anda bangun. Anda dapat membangun sebuah rumah dengan dinding batu alam agar terkesan mewah tetapi tetap tradisional.

Model rumah sederhana tapi indah Anda bisa dibangun dengan berisikan 2-3 kamar tidur, mengingat di kampung biasanya anggota keluarga lebih banyak daripada keluarga yang tinggal di perkotaan.

Itulah berbagai macam model rumah sederhana tapi indah yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda dalam membangun hunian impian. Setelah mengetahui model-model yang ada, ketahui juga beberapa kelebihan dalam memiliki rumah sederhana.


Kelebihan Memiliki Rumah Sederhana

Meskipun rumah dan luas bangunan yang Anda miliki lebih kecil, tetapi ada berbagai macam kelebihan yang Anda bisa banggakan, apa saja kelebihannya? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Harga Yang Terjangkau

Kelebihan pertama adalah harga yang relatif lebih terjangkau dibanding tipe rumah yang lain. Setiap tahun, harga tanah dan rumah pasti meningkat, apalagi di lokasi yang strategis dan hal ini bisa Anda siasati dengan membeli atau membangun rumah sederhana.

Untuk Anda generasi milenial atau pasangan yang baru menikah, sudah pasti ingin memiliki hunian impian sendiri. Oleh karena itu, rumah sederhana bisa menjadi pilihan karena cocok dengan harga dan konsep minimalis yang diterapkan.

Sudah banyak pengembang yang membangun rumah sederhana dengan kualitas dan harga yang bagus, salah satunya adalah Mustika Land, yang telah membangun beberapa perumahan dengan lokasi strategis, dekat dengan berbagai macam pusat hiburan dan perbelanjaan, serta akses transportasi yang mudah dijangkau. 

Anda dapat melihat informasi lebih lanjut tentang perumahan Mustika Land di sini.

  1. Mudah Dibersihkan

Selain faktor harga, salah satu kelebihan dari rumah sederhana adalah mudah dibersihkan. Faktor ini memang menjadi daya tarik utama para calon penghuni untuk memilih rumah sederhana sebagai hunian impian.

Selain mudah dibersihkan, furnitur yang Anda miliki akan mudah dirawat juga. Ini dikarenakan perabot-perabot yang Anda miliki tidak banyak sehingga bisa Anda rawat dengan mudah dan dengan biaya yang rendah.

  1. Suasana Lebih Nyaman

Karena luas rumah dan interior yang tidak banyak, menjadikan ruang gerak menjadi lebih banyak serta rumah terasa lebih lega. Selain itu, Anda dapat menambah kenyamanan dengan memilih warna yang tepat dan cocok untuk hunian sederhana Anda ini.

  1. Cocok Untuk Berbagai Furnitur

Anda yang senang untuk mengkreasikan furnitur di dalam rumah, pasti akan cocok memilih rumah sederhana karena rumah minimalis bisa Anda isi dengan berbagai macam perabot yang Anda suka.

Ruang yang tidak terlalu luas bisa Anda manfaatkan untuk diisi berbagai macam furnitur yang simpel dengan warna yang cocok dengan konsep rumah minimalis tersebut. Anda dapat melihat di internet atau menanyakan saran kepada teman dan keluarga sebelum membeli furnitur-furnitur incaran Anda.

Kelebihan-kelebihan rumah sederhana di atas dapat menjadi pertimbangan Anda untuk membeli rumah sederhana. Setelah itu, Anda juga harus mengetahui tips sebelum membeli hunian ini, ada apa saja? 


Baca juga: 9 Inspirasi Cat Depan Rumah yang Elegan


Tips Sebelum Membeli Rumah Minimalis

Sebagai generasi milenial, mungkin ini adalah kali pertama Anda membeli rumah sehingga Anda tidak tahu bagaimana langkah awal dalam membeli rumah. Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan agar tidak salah dalam membeli rumah pertama Anda. Berikut tips dalam membeli rumah untuk Anda.

  1. Pilih Developer yang Terpercaya

Jika Anda ingin membeli rumah lewat pengembang, hal pertama yang harus Anda cari tahu adalah latar belakang perusahaan developer tersebut. Sudah banyak pengembang yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah Mustika Land. Mustika Land telah berdiri lebih dari 30 tahun sehingga kualitasnya jangan diragukan lagi dalam urusan tempat tinggal impian.

  1. Siapkan Dana

Hal yang wajib berikutnya adalah menyiapkan dan menyesuaikan dana Anda untuk membeli atau membangun rumah impian. Selain itu, sesuaikan juga harga yang dipatok dengan nilai dari rumah yang akan Anda beli atau kualitas dari bahan bangunan untuk rumah yang ingin Anda bangun.

  1. Cari Lokasi yang Strategis

Tips yang tak kalah penting selanjutnya adalah cari lokasi yang Strategis. Tips ini berguna untuk menekan biaya transportasi serta tidak jauh dari pusat-pusat perbelanjaan atau hiburan.

  1. Perhatikan Fasilitas dan Keadaan

Jika Anda memilih membeli rumah di perumahan, perhatikan fasilitas yang diberikan dan keadaan sekitar perumahan. Anda akan merasa aman dan nyaman jika pengembang menjanjikan keamanan yang mumpuni.

Demikianlah ulasan tentang model rumah sederhana tapi indah minimalis yang bisa Anda jadikan patokan. Selain model, ada juga beberapa kelebihan dan tips dalam membeli atau membangun hunian impian Anda.