Memilih perumahan untuk ditinggali bersama pasangan sebagai pasangan baru memang tidak mudah. Anda harus mencari tahu terlebih dahulu faktor-faktor penting, seperti akses transportasi, area terbuka dan juga fasilitas pada umumnya.

Fasilitas sendiri terbagi menjadi dua, yakni fasilitas umum dan fasilitas sosial. Fasilitas-fasilitas umum dan sosial yang baik dalam sebuah perumahan bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk memutuskan untuk membeli rumah di sebuah perumahan.

Tapi, tahukah Anda apa itu fasilitas umum dan fasilitas sosial serta apa saja yang termasuk ke dalamnya? Yuk kita cari tahu pembahasannya di bawah ini.


Apa itu Fasilitas Umum dan Sosial?

Fasilitas umum atau general facility in English merupakan sarana atau prasarana publik yang tersedia dan dibangun oleh pemerintah untuk digunakan dan dimanfaatkan gratis oleh masyarakat umum dalam kehidupan sehari-hari.

Selain fasilitas umum, ada juga fasilitas sosial yang harus Anda ketahui. Lalu, apa perbedaan antara fasilitas umum dan fasilitas sosial? Sebelum membahas perbedaannya, ada baiknya Anda mengetahui pengertian dari fasilitas sosial itu sendiri.

Fasilitas sosial adalah sarana atau prasarana publik yang disediakan tidak hanya oleh pemerintah, tetapi pihak swasta juga bisa membangun fasilitas tersebut untuk kehidupan sosial masyarakat tertentu.

Meskipun dalam pengertian memiliki kemiripan, tapi fasilitas umum atau fasum dan fasilitas sosial atau fasos memiliki perbedaan antara keduanya, yakni 

  • Fasum bisa digunakan masyarakat secara umum dan gratis

  • Fasos bisa digunakan oleh masyarakat tertentu dan tidak semua sarana bisa diakses secara gratis

Itulah perbedaan paling signifikan antara fasilitas umum dan fasilitas sosial. Nah, setelah mengetahui pengertian dari kedua fasilitas, Anda juga harus mengetahui apa saja jenis atau contoh dari fasilitas umum dan fasilitas sosial yang ada, tidak hanya di Jakarta, tetapi di seluruh kawasan Indonesia.


Baca juga: 6 Cara Menikmati Danau di Area Perumahan


Jenis Fasilitas 

Fasilitas umum dan fasilitas sosial bisa Anda bedakan dari jenis sarana yang dibangun. Apa saja yang termasuk ke dalam fasum dan fasos? Yuk kita cari tahu dimulai dari fasilitas umum terlebih dahulu.

Jenis Fasilitas Umum

Seperti yang telah tertulis di awal, fasilitas umum dapat membantu kehidupan masyarakat sehari-hari, berikut contoh fasum yang umum ada di Indonesia.

  1. Jalan

Contoh fasilitas umum pertama adalah jalan yang berfungsi untuk mempermudah arus transportasi darat baik itu roda dua, roda empat, atau lebih. Selain itu, bisa juga dipakai untuk tempat perlintasan orang dan memiliki fungsi untuk menunjang segala kebutuhan manusia dalam hal ekonomi dan sosial.

  1. Jembatan

Salah satu fasilitas umum yang bisa mempermudah kehidupan bermasyarakat sehari-hari adalah jembatan, baik itu jembatan penyebrangan orang atau jembatan untuk kendaraan bermotor.

Di Indonesia sendiri, jembatan-jembatan panjang seperti Suramadu, Merah Putih dan Ampera memiliki peran penting sebagai penghubung antara daerah satu dengan yang lain. Contohnya, Suramadu yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura, Merah Putih yang menghubungkan Ambon Utara dan Selatan, dan Ampera yang menghubungkan Seberang Ulu dan Ilir.

Nah, di atas merupakan contoh fasilitas umum yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Selanjutnya, mari kita bahas jenis fasilitas sosial apa saja yang wajib ada terutama di perumahan kota-kota besar.

Jenis Fasilitas Sosial di Perumahan

Fasilitas sosial juga memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, lalu apa saja yang termasuk ke dalam fasilitas sosial terutama di perumahan? Berikut beberapa contoh dari fasilitas sosial.

  1. Akses Transportasi

Dalam memilih sebuah perumahan, tersedianya akses transportasi yang memadai dan dekat dengan berbagai macam fasilitas lain merupakan hal yang wajib diutamakan. Selain itu, akses transportasi seperti jalan tol dapat mempermudah mobilitas Anda dan keluarga.

Jalan pada perumahan juga wajib disesuaikan dengan para penghuni yang ada, ini dikarenakan sebagian besar penghuni perumahan memiliki kendaraan bermotor roda 2 maupun roda 4. Jadi, jalan yang lebar dapat membantu mobilitas para penghuni yang lebih baik.

  1. Fasilitas Kesehatan

Setelah adanya akses transportasi yang dekat dengan beberapa fasilitas lain, Anda juga wajib mengetahui apakah perumahan yang akan Anda pilih dekat dengan fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit atau puskesmas.

Keberadaan fasilitas kesehatan yang dekat dapat membuat Anda sedikit tenang jika terjadi masalah kesehatan yang mendadak dan membutuhkan bantuan kesehatan sesegera mungkin.

  1. Fasilitas Pendidikan

Salah satu fasilitas sosial yang tak kalah penting contohnya adalah fasilitas pendidikan. Sekolah-sekolah mulai dari TK atau Playgroup, SD-SMA, perguruan tinggi serta lembaga kursus yang dekat dapat membuat anak atau keluarga Anda tidak akan memakan waktu banyak di jalanan.

  1. Fasilitas Perbelanjaan

Fasilitas yang tak kalah penting di sekitar perumahan adalah fasilitas perbelanjaan, seperti mini market, pasar tradisional dan modern, dan mall. Kebutuhan sehari-hari Anda dapat terpenuhi jika Anda hidup dekat dengan fasilitas perbelanjaan tertentu.

Apakah Anda suka berbelanja di mall yang memiliki banyak fasilitas termasuk fasilitas umum? Jika iya, perumahan yang dekat dengan mall atau pasar bisa menjadi pilihan Anda ketika memutuskan untuk membeli sebuah rumah di perumahan.


Baca juga: 4 Fasilitas Olahraga yang Wajib Ada di Kawasan Hunian


  1. Area Terbuka

Untuk Anda dan keluarga, area terbuka juga dapat menjadi salah satu tujuan dalam membeli sebuah rumah di perumahan. Danau resapan, taman hijau dan taman bermain serta jogging track yang memadai bisa menjaga sirkulasi udara yang baik dan menjadikan perumahan Anda menjadi asri.

  1. Pos Keamanan

Perumahan yang baik pasti akan menyediakan pos keamanan 24 jam untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, baik itu kemalingan maupun tindak kriminal. Pos keamanan juga bisa dijadikan tempat untuk melapor dan pemantauan keamanan di kawasan perumahan.

  1. Tempat Rekreasi

Jika Anda bosan dan ingin pergi bersama pasangan dan keluarga, pastilah tempat rekreasi menjadi salah satu pilihan Anda untuk melepas penat. Waterpark, bioskop, taman, dan masih banyak lagi, bisa menjadi tujuan Anda dan keluarga di akhir pekan.

  1. Akses Komersil

Fasilitas sosial terakhir di perumahan yang bisa menjadi pilihan saat Anda membeli rumah adalah akses komersil. Kegiatan konsumsi seperti membeli makanan dan minuman tak akan terlepas dari kehidupan manusia.

Jika Anda ingin mencoba makanan dan minuman di sekitar perumahan, Anda bisa pergi ke kafe atau restoran terdekat dan mencoba makanan dan minuman khas restoran atau kafe tersebut.

Itulah pengertian, perbedaan dan jenis-jenis dari fasilitas umum dan fasilitas sosial terutama di Indonesia. Anda dapat merasakan semua fasilitas yang ada di atas jika memilih sebuah hunian di perumahan Mustika Land, baik itu Mustika Land Karawang, Mustika Land Place, atau Mustika Place Sukamulya. Informasi lebih lanjut tentang fasilitas dan proyek yang ada di perumahan Mustika Land, bisa Anda lihat di sini.