Di zaman serba online ini, penggunaan WiFi merupakan kebutuhan yang umum dimiliki oleh perseorangan atau kelompok. Jaringan WiFi sudah umum tersedia tidak hanya di rumah, tetapi juga di tempat umum, seperti taman, restoran, warung kopi, dan lain sebagainya. Terkadang, sinyal WiFi bisa saja terganggu dan Anda harus mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi sinyal WiFi yang lemot tersebut.

Sinyal WiFi yang lemot bisa mengganggu pekerjaan Anda dan juga mengganggu Anda yang sedang asik berselancar di internet. Ada berbagai macam penyebab yang bisa saja mengganggu sinyal WiFi Anda menjadi lambat dibanding sebelumnya.

Nah, jika Anda penasaran apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi sinyal WiFi yang lemot, mari kita bahas apa saja masalahnya dan Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini tanpa harus menghubungi pihak provider.


Penyebab Sinyal WiFi Lemot

Sebelum Anda komplain ke pihak provider, ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu beberapa faktor yang menyebabkan sinyal WiFi Anda terganggu di bawah ini.

  1. Perangkat Tidak Tersambung ke WiFi

Salah satu penyebab WiFi Anda tidak bisa digunakan adalah Anda belum menyambungkan WiFi ke perangkat Anda. Faktor ini bisa saja terjadi jika Anda berada di luar rumah dalam waktu yang lama dan lupa menyambungkan kembali perangkat Anda ke WiFi rumah.

  1. Meletakkan Router WiFi di Tempat yang Salah

Salah satu fungsi dari router adalah memungkinkan beberapa perangkat Anda untuk tersambung ke internet. Karena fungsinya tersebut, penempatan router yang baik akan membuat jaringan Anda baik pula, sehingga Anda wajib mengetahui tempat yang cocok untuk menaruh router agar sinyal WiFi tidak mengalami gangguan ketika memakainya.

Penempatan router yang baik bisa Anda lakukan dengan menaruh di tempat yang lebih tinggi agar dapat menjangkau dan menyebarkan sinyal dengan lebih baik. Selain itu, pastikan juga tidak banyak penghalang di sekitar router, seperti lemari atau dinding yang tebal, agar sinyal yang Anda terima bisa didapat secara optimal.  


Baca juga: 6 Alat yang Mengusung Kontrol Lampu Jarak Jauh


  1. Banyak Pengguna WiFi Secara Bersamaan

Selain masalah yang ada pada router, pengguna juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa jaringan WiFi yang Anda gunakan melemah. Sinyal WiFi akan terbagi secara merata karena banyaknya pengguna WiFi secara bersamaan sehingga mengganggu kegiatan berselancar di internet Anda.

  1. Masalah Pada Kabel LAN Router

Ada hal yang mungkin Anda tidak sadari saat memeriksa router, yakni terputusnya kabel LAN pada mesin router Anda. Jika kabel LAN di router terputus atau terpasang pada tempat yang salah, maka router akan sulit untuk menerima sinyal dan menyebarkan ke perangkat Anda.

Cara mengatasi masalah WiFi ini adalah dengan menyambungkan kembali kabel yang salah terpasang atau mengganti kabel yang putus, sehingga tidak menyebabkan konslet listrik atau adanya masalah pada jaringan internet di kemudian hari.

  1. Sedang Mengunduh File Berukuran Besar

Faktor berikutnya yang menyebabkan lemahnya sinyal WiFi Anda adalah Anda atau orang lain sedang mengunduh file berukuran besar di dalam satu jaringan yang sama. Aktivitas ini tentu saja akan membuat lemot sinyal WiFi Anda karena WiFi akan memprioritaskan untuk menyelesaikan unduhan tersebut.

Anda dapat menunggu hingga proses download selesai atau dapat menghentikan sementara unduhan tersebut dan melanjutkan aktivitas internet Anda terlebih dahulu sebelum melanjutkannya.

Hal-hal di atas bisa saja menjadi penyebab kenapa WiFi Anda terasa lebih lambat daripada biasanya. Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasi WiFi lemot untuk perangkat Anda, baik itu di hp atau laptop.


Baca juga: 11 Tips Memasang CCTV Tanpa Jasa Teknisi!


Cara Mengatasi WiFi Lemot

Apa saja cara untuk mengatasi koneksi WiFi yang bermasalah sehingga mengganggu aktivitas berinternet Anda? Yuk cari tahu caranya di bawah ini.

  1. Restart Router

Cara mengatasi koneksi WiFi lemot pertama adalah dengan cara menyalakan kembali router Anda. Untuk pengguna provider Indihome pasti sering mendengar saran ini dari teknisi atau customer service penyedia layanan WiFi tersebut.

Anda dapat menekan tombol power sampai router mati atau langsung mencabut kabel adaptor, setelah itu tunggu sekitar 10-20 detik sebelum menyalakan kembali router Anda.

  1. Mengubah Pengaturan Bandwidth

Jika dirasa koneksi WiFi Anda masih lambat, Anda dapat mengubah pengaturan bandwidth ke frekuensi yang lebih besar. Selain itu, Anda juga bisa mencoba menggunakan perangkat tambahan untuk memperbesar frekuensi bandwidth, yakni mikrotik router.

  1. Pastikan Posisi Antena Router dengan Benar

Router memiliki peran penting untuk urusan menyebarkan sinyal WiFi ke sekitar Anda. Oleh karena itu, Anda harus memastikan posisi antena router dengan benar, jika router Anda memiliki satu antena saja, maka posisi tegak lurus adalah posisi terbaik. Tapi, jika memiliki dua antena, maka posisikan satu antena tegak lurus dan satunya lagi dalam posisi menyamping.

  1. Batasi Jumlah Pengguna

Salah satu cara yang bisa Anda terapkan secara langsung adalah membatasi pengguna internet secara bersamaan. Cara ini akan ampuh untuk menstabilkan koneksi internet Anda apalagi jika Anda sering mengunduh file yang cukup besar.


Baca juga: 5G: Pengertian, Perbedaan Serta Kelebihan & Kekurangannya


  1. Menggunakan Jasa Provider Internet Terbaik

Tidak ada salahnya untuk bertanya kepada teman atau orang di sekitar Anda, mana penyedia jasa layanan internet yang terbaik di lingkungan rumah Anda. Lalu, bandingkan provider satu dengan yang lainnya, mulai dari service yang diberikan, harga, dan juga kapasitas kecepatan.

  1. Tingkatkan Paket Internet

Jika dirasa paket yang Anda gunakan sekarang masih belum memenuhi ekspektasi Anda dalam berinternet, Anda bisa mencoba mengupgrade paket tersebut ke yang lebih tinggi lagi.

Tentu saja Anda harus mengeluarkan uang yang lebih banyak, tetapi Anda akan merasakan kenyamanan dalam berinternet karena kecepatan akses internet akan bertambah cepat.

  1. Menggunakan WiFi Switcher

Salah satu cara untuk menguatkan sinyal WiFi adalah dengan mengunduh aplikasi khusus Android, yakni WiFi switcher di Play Store. Aplikasi ini berfungsi untuk membuat sinyal WiFi Anda menjadi lebih cepat dan stabil, Anda dapat mencoba mengunduh secara gratis dan rasakan perbedaannya.


Baca juga: Smart Home: Pengertian, Konsep, Contoh dan Cara Membuatnya


  1. Periksa Perangkat Anda

Cara terakhir dalam mengatasi WiFi lemot bisa saja ada di perangkat Anda sendiri. Saat laptop atau ponsel pintar Anda sedang mengunduh banyak file sekaligus atau sedang membuka banyak tab dalam waktu bersamaan, hal tersebut juga dapat membuat koneksi WiFi Anda melemah.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi jaringan WiFi lemot di perangkat Anda, baik itu hp, laptop dengan berbagai macam seri Windows, seperti 10, 8, atau 7. Jika koneksi WiFi Anda terasa lemot hari ini, Anda dapat mencoba cara-cara di atas agar aktivitas internet Anda tidak terganggu lagi, selamat mencoba.