Untuk Anda yang sedang mencari hunian impian, model rumah di dalam perumahan, seperti cluster pasti sering Anda dengar. Tapi, apakah Anda pernah mendengar perumahan dengan model townhouse?

Nah, perumahan dengan model townhouse dan cluster sering dianggap sama, tetapi kenyataannya, perumahan tersebut memiliki perbedaan yang bisa Anda lihat secara langsung.

Sebelum Anda mengetahui perbedaan antara townhouse dan cluster, mari kita cari tahu dulu apa itu townhouse serta apa saja fasilitas yang tersedia jika Anda berniat untuk membeli perumahan model tersebut.


Apa Itu Townhouse?

Townhouse atau rumah bandar merupakan sebuah komplek hunian yang dibangun di tengah perkotaan. Perumahan ini memiliki unit yang terbatas sehingga terkesan lebih eksklusif serta memiliki luas tanah yang lebih kecil, tetapi dibangun dalam tingkat 2 atau 3.

Konsep townhouse sendiri mulai diperkenalkan pada abad ke-18 dan sudah diperuntukkan untuk orang-orang dengan status menengah ke atas serta status sosial-ekonomi yang tinggi.

Nah, apakah Anda tertarik membeli sebuah unit di townhouse? Jika belum, coba kita cari tahu lebih dalam lagi tentang townhouse, seperti apa saja karakteristik, kelebihan dan kekurangan yang Anda dapat jika tinggal di sini.


Baca juga: Rumah Kontainer Alternatif Hunian di Pinggiran Kota


Karakteristik dan Kelebihan Townhouse

Sebelum kita membahas tentang kekurangan dari townhouse, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu karakteristik dan kelebihan dari townhouse seperti di bawah ini.

  1. Rumah Yang Sama

Karakteristik pertama dari townhouse adalah rumah yang didesain sama dari satu unit dengan unit lainnya, baik bentuk, warna, dan juga tingkat rumah. Hal ini sudah diterapkan oleh pengembang dan menjadi salah satu daya tarik utama townhouse.

  1. Akses Lebih Aman

Akses yang aman dapat membuat penghuni perumahan townhouse menjadi lebih tenang ketika tinggal di rumah ataupun sedang berpergian. Selain karena pengamanan yang ketat selama 24 jam, muster townhouse yang memiliki luas lebih sedikit dibanding perumahan lain, sehingga dapat dengan mudah diawasi.

Perumahan ini juga menerapkan pendataan untuk non-penghuni saat masuk sehingga menjadi lebih aman. Umumnya, pengembang townhouse membangun tembok atau pagar tinggi yang mengelilingi muster sehingga menjadikan perumahan ini lebih privat dan eksklusif.

  1. Unit Terbatas

Selain keamanan, unit yang terbatas juga menjadi salah satu daya tarik utama untuk membeli sebuah rumah di townhouse. Ini akan membuat keeksklusifan dari perumahan model townhouse sendiri menjadi lebih tinggi serta privasi akan terjaga.

Unit yang tersedia di townhouse pada umumnya dimulai dari 10 unit sampai 30 unit saja. Maka dari itu, Anda dapat menanyakan ketersediaan unit dari awal jika Anda berminat untuk tinggal di sini.

  1. Fasilitas Lengkap

Karena townhouse merupakan sebuah perumahan yang elit, sudah pasti memiliki fasilitas yang terbilang lengkap dibandingkan perumahan jenis lain. Berikut beberapa fasilitas yang ada di townhouse:

  • Terletak di tengah kota

  • Transportasi umum mudah dijangkau

  • Tipe rumah yang besar, dengan 2 atau 3 lantai

  • Memiliki ruang bersama, seperti taman, kolam renang, track jogging, ruang hijau

Itulah karakteristik dan kelebihan dari townhouse yang menjadikan perumahan ini mulai dilirik oleh banyak orang. Selanjutnya, mari kita bahas kekurangan yang dimiliki oleh rumah bandar satu ini.

  1. Lokasi Strategis

Lokasi townhouse merupakan lokasi yang paling strategis dari perumahan model lainnya. Rumah bandar ini dibangun di tengah perkotaan, terutama kota-kota besar yang ada di Indonesia, sehingga menjadikan perumahan ini memiliki lokasi paling strategis.


Baca juga: Perbedaan Gedung Apartemen, Kondominium, dan Flat


Kekurangan Townhouse 

Dengan kelebihan dan privasi yang ditawarkan oleh pengembang townhouse, tentu saja masih ada beberapa kekurangan yang dimiliki. Apa saja kekurangan yang ada? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Harga Jauh Lebih Mahal

Hal yang pertama pasti soal harga yang sangat berbeda dibandingkan perumahan pada umumnya. Ini dikarenakan privasi serta ke-eksklusifan dari townhouse itu sendiri, selain itu ada juga beberapa faktor yang menyebabkan harga townhouse lebih mahal, yakni:

  • Harga tanah, townhouse yang berlokasi di tengah kota akan menyebabkan harga tanah yang lebih mahal dari perumahan yang berlokasi di pinggiran kota

  • Material rumah yang menggunakan bahan berkualitas tinggi

  • Tingkat rumah yang lebih dari 2 atau 3

  • Berlokasi di kota-kota besar 

  • Promosi iklan yang lebih gencar

  1. Unit yang Tidak Bisa Dirubah

salah satu kekurangan dari townhouse adalah bentuk, warna, serta desain dari unit yang tidak bisa Anda ubah sesuka hati. Ini dikarenakan pengembang ingin menjaga ciri khas dari townhouse, yakni keseragaman antara semua bangunan rumah.

  1. Biaya Iuran Perawatan Bulanan (IPL) Tinggi

Selain biaya beli rumah yang tinggi, Anda juga harus mengeluarkan biaya bulanan untuk perawatan yang terbilang tidak murah. Hal ini bisa dibilang wajar karena lengkapnya fasilitas bersama, keamanan, serta biaya pembangunan yang tinggi juga.

  1. Tingkat Sosialisasi Rendah

Umumnya, penghuni yang membeli rumah di perumahan townhouse adalah orang yang memiliki status ekonomi-sosial tinggi dan jarang berada di rumah. Ini menyebabkan kecilnya atau bahkan tidak ada sama sekali kegiatan sosial di dalam maupun luar perumahan.

Setelah mengetahui hulu dan hilir dari townhouse, sekarang mari kita cari tahu apa perbedaan dari townhouse dan juga cluster.


Baca juga: Mengenal Smart Living, Konsep Rumah Kekinian di Kawasan Perkotaan


Perbedaan Townhouse dan Cluster

  1. Konsep

Hal yang pertama dalam membedakan sebuah townhouse dan cluster adalah konsep yang diusung pengembang. Pada awalnya, townhouse dikhususkan untuk para ekspatriat yang sedang berada di Indonesia, sedangkan cluster, menargetkan masyarakat kelas menengah.

  1. Desain

Perbedaan kedua adalah desain perumahan townhouse dan cluster. Townhouse memiliki desain rumah yang sama antara satu dengan lainnya dan tidak bisa dirubah sesuai keinginan penghuni.

Berbeda dengan townhouse, pengembang cluster memperbolehkan penghuni untuk merubah desain rumah, seperti menambah tingkat, merubah desain, dan lain sebagainya.

  1. Lokasi

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh townhouse adalah lokasinya yang berada di tengah perkotaan, sedangkan cluster Tips

Mustika Park Place

Related Posts