MUSTIKALAND.CO.ID - Jenis lis plafon ternyata merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi cantik tidaknya interior sebuah rumah. Ketika Anda masuk ke rumah atau bangunan dan melihat bagian atas, Anda akan menemukan benda penghubung antara dinding dengan plafon bangunan, inilah yang disebut dengan lis plafon.


Lis plafon berfungsi untuk memperkokoh dinding dan langit-langit rumah agar tidak mudah roboh. Namun saat ini lis plafon tidak hanya digunakan untuk memperkuat rumah, namun juga dapat mempercantik dekorasi rumah.


Lis plafon yang dibuat cantik dan sesuai dengan tema rumah, akan membuat tampilan rumah semakin enak dipandang. Tentunya dibutuhkan skill khusus untuk memilih plafon rumah yang sesuai, tidak bisa sembarangan. Untuk itulah, Anda perlu mengenali 5 jenis lis plafon yang umumnya digunakan sebagai interior rumah berikut ini, Yuk, simak! 

Apa Itu Lis Plafon?

Sebelum masuk ke pembahasan apa saja jenis lis plafon, ada baiknya Anda mengetahui apa itu lis plafon terlebih dahulu. Seperti yang sedikit dijelaskan diatas, lis plafon merupakan benda penghubung antara dinding dengan langit-langit rumah. Benda ini dapat memperkuat bangunan agar tidak mudah retak. Lis plafon juga dibuat untuk menutupi kabel-kabel yang umumnya menempel di bagian atas rumah supaya tidak terlihat berantakan.


Jadi selain mampu memperkuat bangunan, lis plafon juga dapat mempercantik interior. Tentunya tujuan ini tercapai jika Anda memilih lis plafon yang tepat sesuai dengan interior dan tema rumah. 


Lis plafon umumnya terbuat dari bahan kayu, PVC, atau gypsum yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Lis plafon kayu cocok digunakan untuk rumah bergaya klasik tradisional. Lis plafon dari bahan PVC umumnya dipakai untuk rumah modern minimalis. Sedangkan lis plafon gypsum yang memiliki ukiran unik cocok digunakan untuk rumah mewah. 

Fungsi Lis Plafon

Seperti yang dijelaskan diatas, lis plafon memiliki banyak fungsi. Beberapa fungsi lis plafon dapat dijabarkan melalui rincian berikut ini.

1. Memperkuat Bangunan

Fungsi utama dari lis plafon adalah untuk memperkokoh bangunan. Tanpa lis plafon, rumah dan bangunan akan mudah retak. Lis plafon menghubungkan antara dinding dengan plafon sehingga keberadaannya cukup penting dan disarankan ada di setiap bangunan.

2. Mempercantik Rumah

Selain memperkuat bangunan, lis plafon juga berfungsi untuk dekorasi dan mempercantik rumah. Ketika Anda masuk ke dalam rumah, mata Anda akan dimanjakan dengan aneka lis plafon yang dibuat dari berbagai material. Ukiran serta motif lis plafon akan membuat ruangan tampak hidup dan tidak kosong.

3. Membuat Rumah Lebih Rapi

Berikutnya, lis plafon juga membuat rumah tampak lebih rapi. Anda bisa ‘menyembunyikan’ kabel-kabel dan rangka atap yang berantakan dengan menggunakan lis plafon. Setiap tamu yang datang ke rumah Anda tidak lagi melihat kabel yang berserakan di dinding, namun digantikan pemandangan lis plafon yang cantik.


Baca Juga: 6 Ide Kreatif dan Simpel Membuat Hiasan Dinding Dari Kayu

Material Lis Plafon

Memasukkan lis plafon ke dalam daftar interior rumah Anda tidak selalu membutuhkan budget banyak. Semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kantong Anda. Harga lis plafon berbeda-beda tergantung dari bahan apa yang Anda gunakan. Berikut ini daftar material lis plafon yang paling banyak digunakan.

1. Kayu

Material lis plafon yang pertama adalah kayu. Kayu tergolong murah dan mudah ditemukan di pasaran. Meskipun murah, tentu saja lis plafon kayu tidak murahan. Kayu cukup kuat untuk menahan atap serta plafon jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Kayu juga mampu mencegah dinding bangunan retak.


Lis plafon kayu dapat didesain sesuai dengan kemauan Anda, namun dibandingkan jenis lis plafon lainnya, desain lis plafon kayu termasuk terbatas. Umumnya lis plafon kayu hanya ditutup dengan cat berwarna cokelat saja.

2. Triplek

Jika lis plafon kayu masih terlalu mahal, tidak ada masalah jika Anda menggunakan triplek sebagai bahan lis plafon Anda. Triplek dapat menopang plafon dengan cukup kuat meskipun tidak sekuat bahan lainnya. Kelebihan plafon dari triplek adalah harganya yang sangat terjangkau.


Lis plafon dari triplek disarankan untuk rumah yang berada di area yang cukup aman, bukan di titik gempa, dan tidak berangin. Jika rumah Anda di perkotaan, maka memilih lis plafon dari bahan triplek cukup direkomendasikan.

3. PVC

Material lain yang digunakan untuk lis plafon adalah PVC. Bahan ini cukup mahal bila dibandingkan dengan kayu karena lebih rumit. Keunggulan dari lis plafon PVC adalah bahannya yang kokoh, cantik, dan dapat dikreasikan sedemikian rupa.

4. Gypsum

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan material gypsum untuk lis plafon rumah Anda. Gypsum terbuat dari bubuk gypsum, berbentuk mirip semen dan berwarna putih. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan roving pada gypsum agar lebih kokoh.


Lis plafon gypsum sangat kokoh dan mampu menahan bangunan dengan baik. Variasi desainnya juga beragam. Hal ini sebanding dengan harga gypsum yang juga cukup mahal.


Baca Juga: Kelebihan Dan Kekurangan Atap Onduline Yang Wajib Kamu Ketahui

Jenis Lis Plafon

Tertarik menggunakan lis plafon untuk rumah Anda? Berikut ini kami sajikan rekomendasi jenis lis plafon yang disesuaikan dengan interior rumah Ada.

1. Lis plafon gypsum siku-siku untuk rumah mewah

Lis plafon gypsum sangat cocok untuk rumah mewah bergaya klasik. Jika Anda sedang merancang bangunan dengan tema tersebut, maka gypsum merupakan pilihan tepat. Ukiran gypsum dapat disesuaikan dengan ukuran serta sudut rumah.


Untuk rumah mewah klasik yang berukuran tidak terlalu besar, plafon gypsum sudut siku-siku cukup direkomendasikan. Jenis plafon ini memiliki penopang siku-siku di sudutnya yang membuat rumah tampak lebih lega serta hemat ruangan. Ukiran gypsum sengaja dibuat lebih besar agar tampak jelas dan terkesan mewah.

2. Lis plafon PVC untuk rumah modern minimalis

Bagi Anda pecinta rumah modern minimalis, pilihan plafon PVC sangat tepat. Rumah minimalis enggan menggunakan interior yang terlihat ‘penuh’ dan berlebih. Solusinya, Anda dapat menggunakan lis plafon PVC yang simpel namun tetap elegan.


Pilihlah lis plafon yang memiliki garis tegas serta tidak memiliki lekukan agar kesan modern minimalis lebih terasa. Untuk warna bisa disesuaikan dengan pilihan cat tembok rumah, namun warna monokrom lebih disarankan.

3. Lis plafon kayu untuk rumah vintage

Selanjutnya, jenis lis plafon lain yang dapat Anda pilih adalah lis plafon kayu untuk rumah bergaya vintage. Rumah vintage identik dengan interior serba kayu yang elegan. Oleh karena itu, pilihan lis plafon kayu dengan warna netral akan membuat rumah tampak lebih hangat dan nyaman.


Pilih warna lis yang kontras dengan dinding agar kesan kayu yang klasik semakin terasa. Sedangkan untuk rumah yang tidak terlalu tinggi, maka pilihan warna lis yang senada dengan dinding sangat disarankan.


Itulah jenis lis plafon berdasarkan material, kegunaan, serta gaya rumah yang perlu Anda tahu. Pilihan lis plafon Anda sangat menentukan interior dan gaya rumah impian Anda. Disamping itu, keamanan dan kekokohan rumah juga ditentukan oleh pemilihan material lis plafon yang tepat. Jadi, mana jenis lis plafon yang paling ideal untuk Anda?

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].