MUSTIKALAND.CO.ID - Genteng keramik kerap menjadi pilihan untuk membuat rumah dengan tampilan klasik dan elegan. Bentuknya yang solid dengan finishing mengkilap sedikit banyak mampu mencerminkan kesan eksklusif yang hanya bisa dimiliki oleh beberapa kalangan.


Di Indonesia, penggunaan genteng keramik sendiri sudah mulai diadopsi sejak kedatangan Belanda. Seiring perkembangan jaman, genteng jenis ini semakin banyak dipakai karena memiliki daya tahan baik serta harga yang bersaing.


Nah, bagi Anda yang saat ini sedang membangun rumah dan tertarik dengan genteng keramik, berikut sudah kami rangkum beberapa poin terkait kelebihan dan kekurangannya yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan Genteng Keramik

Meski menggunakan bahan dasar tanah liat seperti halnya genteng biasa, namun proses pembuatan genteng keramik sudah menggunakan teknologi pemanas serta finishing yang sempurna. Berikut berbagai kelebihannya.

1. Memiliki Umur Pakai yang Panjang

Tidak bisa dipungkiri, genteng yang terbuat dari proses pembakaran suhu tinggi ini memiliki daya tahan yang sangat superior. Penggunaan material kombinasi antara tanah liat, cat, dan keramik sebagai lapisan atas mampu meningkatkan ketahanan masa pakai genteng ini hingga puluhan tahun.


Selain itu, warna dari genteng keramik juga tahan lama karena tidak mudah ditumbuhi lumut ketika musim hujan, serta bisa memantulkan sinar matahari ketika kondisi cuaca sedang terik. Benar-benar genteng yang bisa diandalkan, bukan?

2. Perawatan Mudah

Penggunaan material alami membuat genteng keramik tidak membutuhkan perawatan sama sekali. Genteng ini tidak akan mudah berlubang, busuk atau lumutan karena pengaruh cuaca. Jadi, sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan tempat tinggal dengan tipe atap yang bisa diandalkan.

3. Tahan Api

Keunggulan berikutnya dari genteng keramik adalah materialnya yang tahan api. Genteng ini tidak mudah terbakar karena menggunakan bahan baku tanah liat yang dipanaskan dengan suhu tinggi. Dengan adanya kelebihan tersebut, maka otomatis akan meminimalisir potensi kerusakan rumah jika terjadi insiden kebakaran yang disebabkan arus pendek atau kelalaian.

4. Tahan Dalam Segala Kondisi Cuaca 

Daya tahan terhadap serangan cuaca biasanya menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan ketika membangun rumah. Kabar baiknya, genteng keramik relatif bisa diandalkan untuk segala jenis cuaca di Indonesia.


Di musim penghujan misalnya, genteng jenis ini tidak akan menimbulkan suara terlalu bising seperti halnya atap galvalum atau genteng metal. Berkat lapisan cat dan keramik yang licin, aliran air juga menjadi lebih cepat kering dan tidak mudah lembab.


Terlepas dari itu, bobot genteng yang mencapai 3 kilogram per lembar juga membuat struktur atap tidak mudah goyah meskipun diterpa angin kencang. Bangunan atap yang tinggi akan tetap stabil dan tidak mudah terbawa angin.

5. Tidak Menghantarkan Panas

Ada dua kelebihan dari sifat genteng keramik yang tidak menghantarkan panas. Pertama, yakni ketika cuaca sedang terik panas matahari tidak akan mudah membuat suhu ruangan di dalam rumah menjadi panas, sehingga tetap nyaman. Kedua, pada saat kondisi cuaca dingin, genteng keramik akan menjaga suhu di dalam rumah agar tetap hangat.

6. Ramah Lingkungan

Seperti kita ketahui, material genteng jenis ini sepenuhnya menggunakan bahan alami, yakni gabungan antara tanah liat dan pasir silika. Alhasil, hal ini tidak membahayakan bagi penghuni meskipun digunakan dalam waktu yang lama.

7. Tahan Terhadap Benturan

Genteng jenis ini cocok digunakan untuk hunian yang berada di daerah pedesaan. Daya tahannya yang superior akan melindungi rumah Anda dari potensi benturan buah kelapa yang jatuh dari pohon, atau ranting yang patah dari pohon yang bernaung di sekitar rumah.

8. Proses Pemasangan Tidak Perlu Teknik Khusus

Proses pemasangan genteng keramik hampir sama seperti genteng tanah liat pada umumnya. Tidak ada keahlian khusus yang diperlukan untuk bisa memasang genteng tipe ini pada segala jenis bangunan. Jadi, anda tidak harus mencari tenaga ahli untuk proses pemasangan.


Baca Juga: Mengenal Genteng Monier, Atap Kuat Yang Anti Bocor!

Kekurangan Genteng Keramik

1. Memiliki Bobot yang Berat

Salah satu kekurangan genteng keramik adalah bobotnya yang cukup berat. Jika dibandingkan dengan genteng biasa yang terbuat dari tanah liat, bobot satu buah genteng keramik dengan ukuran sekitar 31 cm x 32 cm bisa mencapai 3 kilogram.


Agar beban genteng keramik bisa ditahan dengan optimal, otomatis perlu diimbangi dengan konstruksi struktur atap yang baik pula sebelum proses pemasangan, artinya biayanya pun bakal semakin mahal.

2. Harganya Relatif Mahal

Harga genteng keramik juga relatif lebih mahal dari genteng tanah liat ataupun genteng dari bahan beton. Dalam beberapa merek, selisihnya bisa mencapai dua kali lipat, jadi Anda harus menyiapkan budget ekstra jika ingin menggunakan tipe genteng yang satu ini.

3. Kurang Cocok untuk Desain Rumah Minimalis

Kendati memiliki banyak kelebihan, sayangnya genteng keramik tidak cocok dengan tipe rumah desain minimalis yang sedang populer. Pasalnya, tampilan genteng ini cenderung ke arah tradisional atau vintage dengan aksen melengkung serta corak yang mengkilap khas rumah jaman dulu.

4. Perlu Ketelitian Dalam Pemasangan

Setiap jenis genteng memiliki karakteristik pemasangan tersendiri, untuk tipe genteng keramik biasanya cenderung membutuhkan ketelitian tinggi. Karena beratnya yang di atas rata-rata, maka proses pemasangan harus dilakukan secara presisi agar tidak terjadi kebocoran di kemudian hari.

Jenis Genteng Keramik

Setidaknya ada dua jenis genteng keramik yang saat ini beredar di pasaran. Keduanya masing-masing bisa dibedakan berdasarkan bentuk dan struktur pemasangannya. Pertama yaitu genteng keramik dengan bentuk konvensional, yang ditandai dengan adanya lengkungan di bagian pinggir genteng.


Selanjutnya, ada jenis genteng keramik flat yang memang dibuat tanpa adanya lengkungan sebagai alur sirkulasi udara. Genteng flat biasanya dipilih untuk menciptakan kesan minimalis dan modern, sementara untuk genteng keramik konvensional kesannya lebih vintage atau tradisional.


Baca Juga: Bentuk dan Jenis Genteng Populer untuk Tampilan Rumah yang Unik dan Estetik

Merek Genteng Keramik Terbaik

Sama seperti produk genteng lainnya, genteng keramik juga mempunya pilihan merek yang beragam. Inilah beberapa merek terbaik yang bisa ditemukan di pasaran.

  • Genteng Keramik Jatiwangi

Jatiwangi sejatinya adalah nama sebuah daerah yang ada di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Selama puluhan tahun daerah ini terkenal sebagai sentra penghasil genteng berkualitas di Indonesia, salah satunya adalah produk genteng keramik.


Meski produksi lokal, namun kualitas dan daya tahan genteng keramik Jatiwangi sudah tidak diragukan lagi. Sehingga cocok menjadi salah satu pilihan jika Anda sedang mencari produk genteng lokal untuk melengkapi atap hunian.

  • Genteng Keramik Kanmuri

Merk genteng keramik lainnya yang juga tidak kalah menarik adalah Kanmuri. Anda bisa mendapatkan banyak pilihan warna serta model dari produsen genteng yang satu ini. Harganya pun cukup bersaing jika menilik kualitas yang didapatkan.


Beberapa contoh produk genteng keramik kanmuri di antaranya seperti genteng model Espanica dengan profil bergelombang khas bangunan klasik mediterania, genteng Kanmuri Milenio yang mengusung gaya modern namun tetap artistik, serta genteng Kanmuri Full Flat yang menggabungkan teknologi produksi dari Jepang dan Eropa.

  • Genteng Keramik Wave

Genteng keramik wave terkenal dengan bobotnya yang hanya berkisar 2,1 kilogram per lembar. Produk buatan Brazil tersebut juga banyak digemari karena kualitasnya yang baik serta memiliki daya serap air yang rendah. Bagi Anda yang sedang mencari genteng kualitas terbaik untuk menambah kesan merah, merek ini tentu layak menjadi salah satu pertimbangan utama.

  • Genteng Keramik Morando

Genteng keramik Morando cocok dijadikan pilihan alternatif jika Anda memiliki budget terbatas. Terdapat dua jenis genteng Morando yang bisa digunakan, yakni natural dan glazur. Perbedaan keduanya ada pada segi finishing, dimana untuk jenis natural belum dilakukan pengecatan, sementara jenis glazur sudah di finishing dengan cat agar daya tahannya lebih awet.


Itulah penjelasan lengkap terkait kelebihan dan kekurang genteng keramik yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, genteng keramik merupakan salah satu material yang memiliki kualitas sangat baik sebagai atap hunian. Pilihannya pun cukup beragam sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menyesuaikan dengan karakter bangunan.


Bagi Anda yang saat ini sedang berencana membangun rumah, pilihlah genteng keramik yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Anda juga bisa mempertimbangkan pilihan merek genteng keramik di atas untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].