MUSTIKALAND.CO.ID - Sistem keamanan rumah merupakan salah satu aspek penting yang wajib diperhatikan. Pasalnya, seiring perkembangan zaman, semakin beragam pula modus tindak kejahatan yang bisa menyebabkan kerugian materi serta keselamatan keluarga di lingkungan tempat tinggal.


Bagi Anda yang tinggal di kompleks perumahan tentu tidak perlu khawatir secara berlebihan, karena biasanya terdapat satpam yang menjaga akses masuk dan keluar. Lalu, bagaimana dengan sistem keamanan rumah yang lokasinya tidak berada di dalam kompleks perumahan?


Pemasangan alat keamanan rumah seperti CCTV, teralis, dan alarm, bisa menjadi salah satu solusinya. Meski tidak terlalu efektif, tapi hal ini sedikit banyak bisa membantu menghambat terjadinya potensi tindak kriminal.


Nah, untuk membantu agar rumah Anda semakin aman ketika ditinggal bekerja atau berpergian, pada artikel berikut ini sudah kami rangkum beberapa contoh alat keamanan modern dan tradisional yang bisa Anda gunakan.

Alat Keamanan Rumah Tradisional

Menjaga keamanan rumah sebenarnya bisa dilakukan dengan cara memperhatikan hal-hal sederhana. Misalnya seperti mengunci pintu sebelum bepergian atau tidak menampilkan barang-barang mewah yang bisa menarik perhatian. Berikut merupakan beberapa contoh sistem keamanan sederhana yang bisa Anda terapkan.  

1. Memasang Teralis Besi

Selain memasang kunci di jendela dan pintu, teralis besi juga biasa digunakan sebagai alat keamanan rumah tradisional. Anda bisa memasang teralis di jendela rumah atau pintu sehingga mempersulit pelaku kejahatan untuk masuk ke dalam rumah.


Selain itu, fungsi teralis juga bisa menjaga agar anak-anak tidak terjatuh ketika beraktivitas di sekitar jendela, terlebih saat ini sedang trend penggunaan jendela besar agar terlihat lebih modern.

2. Tirai Untuk Menutup Pandangan dari Luar

Ingat, kejahatan bisa terjadi bukan hanya karena ada kesempatan, tapi juga karena melihat potensi keuntungan yang bisa didapatkan. Agar rumah terhindar dari bahaya tindak kejahatan sebaiknya Anda meminimalisir agar barang-barang berharga tidak terlihat dari luar. Caranya bisa dengan memasang tirai atau gorden sebagai pembatas pandangan.


Selain itu, pastikan juga untuk selalu menutup garasi, bahkan ketika Anda sedang berada di dalam rumah sekalipun. 

3. Kunci Slot Ganda

Untuk menjaga agar keamanan rumah lebih maksimal, Anda bisa memasang kunci slot ganda yang hanya bisa diakses dari dalam. Berbeda dari kunci pada umumnya, alat ini berfungsi untuk memperkuat daun pintu maupun jendela rumah agar tidak mudah dibobol maling.


Penggunaan kunci slot ganda sendiri sudah sangat lazim di negara maju seperti Amerika Serikat maupun Inggris. Proses pemasangannya pun cukup mudah karena hanya butuh baut untuk merekatkan slot ke daun pintu.

4. Memasang Pagar

Selain berfungsi sebagai pembatas antara rumah dan lingkungan, pagar juga bisa menciptakan rasa aman karena mampu mencegah orang asing agar tidak bisa masuk ke bagian dalam. Memagari sekeliling rumah bisa menjadi pilihan tepat ketika Anda tinggal di kompleks perumahan yang dekat dengan jalan raya, kalau perlu tambahkan kawat berduri di bagian atas agar tidak bisa dipanjat.


Baca Juga: 11 Tips Memasang CCTV Tanpa Jasa Teknisi!

Sistem Keamanan Rumah Canggih Berbasis Teknologi

Saat ini sudah banyak teknologi sistem keamanan yang mampu menjaga rumah tetap aman ketika ditinggal kerja atau berpergian. Apa saja produknya? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Nest Secure

Nest Secure merupakan salah satu sistem keamanan rumah berbasis internet of things yang bisa ditemukan dipasaran. Bahkan, produk ini dianggap sebagai salah satu teknologi terbaik di pasaran berkat dukungan fitur yang ditawarkan.


Hampir sama seperti alat keamanan pada umumnya, Nets Secure datang dengan dukungan beberapa paket modul. Sistem dasarnya sendiri terdiri atas base station yang dilengkapi keypad, dua fobs kunci serta dua buah sensor yang bisa dipasang di pintu atau jendela. 

2. Ring Alarm

Alat keamanan rumah berikutnya yang bisa Anda coba adalah Ring Alarm. Beberapa fitur yang terdapat di dalam sistem alarm ini di antaranya meliputi, sensor deteksi gerak, pendeteksi panas atau api, dan beberapa fitur lainnya.


Fungsi utama dari Ring Alarm yakni memberi tahu pemilik rumah dan tetangga sekitar jika terjadi sesuatu di rumah Anda. Tidak hanya ketika terjadi ancaman kejahatan seperti perampokan atau pencurian, tapi juga bisa menjadi indikator ketika ada potensi terjadinya kebakaran.

3. CCTV Online

Memasang CCTV sudah menjadi hal wajar untuk mendukung sistem keamanan. Tidak hanya di pusat perbelanjaan, tapi juga di area tempat tinggal. Anda bisa memasang CCTV di sekitar rumah, mulai dari bagian depan agar terlihat dari luar, hingga CCTV yang tersembunyi di bagian dalam.


Di era digital seperti sekarang ini, CCTV juga sudah bisa diakses dengan smartphone. Bahkan, ada beberapa perusahaan yang sudah mengintegrasikan CCTV dengan alarm sehingga akan mudah terdeteksi jika ada seseorang yang melompat pagar atau membuka paksa pintu depan.


Baca Juga: Tips Memilih CCTV untuk Meningkatkan Sistem Keamanan Rumah

4. Simplisafe

Simplisafe adalah salah satu sistem keamanan rumah berbasis teknologi yang sangat populer di luar negeri. Terdapat beberapa fitur dan konfigurasi yang mampu melengkapi keamanan rumah Anda, misalnya seperti pengaturan kunci utama, sensor gerak, deteksi asap, dan masih banyak lagi.

5. Sidik Jari Biometrik

Sidik jari biometrik saat ini tidak hanya digunakan sebagai pengunci layar smartphone, tapi juga bisa dijadikan alat keamanan rumah. Cara kerja alat ini cukup sederhana, yakni sebagai pengganti kunci pintu dan passcode yang saat ini digunakan.


Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung, saat ini menjadi salah satu perusahaan yang mengembangkan alat pengunci rumah berbasis sidik jari. Sistem ini sendiri merupakan salah satu bagian dari program smart home yang bisa digunakan untuk mengontrol AC, CCTV, atau sistem penerangan secara otomatis.

6. Abode Smart Security Kit

Bicara soal teknologi sistem keamanan rumah tentu tidak bisa dilepaskan dari Abode. Produk hasil buatan perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California tersebut bisa menjadi pilihan terbaik karena bisa terintegrasi dengan layanan Smart Home populer seperti Apple HomeKit dan Alexa voice control.


Dalam setiap pembelian, sistem keamanan ini dilengkapi dengan satu buah sensor pintu/jendela, hub gateway, kunci fob, serta mesin deteksi gerakan. Menilik dari halaman informasi produk, hub gateway produksi Abode tampak sudah dibekali port LAN, slot SIM card, power connector, serta saklar baterai cadangan sebagai backup jika listrik mengalami gangguan.


Itulah beberapa contoh sistem keamanan rumah yang terbukti mampu meminimalisir tindak kejahatan. Anda bisa menggunakan alat keamanan tradisional maupun sistem keamanan berbasis teknologi yang bisa dikontrol menggunakan smartphone.


Keduanya tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing sehingga perlu Anda pertimbangkan menurut budget serta kebutuhan. Terlepas dari itu, dengan adanya berbagai perlindungan tersebut, Anda diharapkan tidak perlu khawatir lagi ketika rumah dalam keadaan kosong.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].